Trik Mancing Nila Dengan Lumut

Trik mancing nila Dengan lumut
Trik mancing nila Dengan lumut

Faktanya, ada beberapa Trik Mancing Nila Dengan Lumut sebagai umpan yang biasa digunakan sebagian orang, teknik yang ditetapkan dengan baik bisa memaksimalkan hasil pancingan.

Seperti yang kita ketahui, ikan Nila menjadi salah satu ikan paling diburu di air tawar. Selain rasanya yang enak, harganya juga mahal. Untuk mendapatkannya, beberapa cara dilakukan, salah satunya dengan memancing.

Nah, ketika memancing, tentu hal yang penting diperhitungkan ialah umpan yang digunakan. Satu diantara sekian jenis (baca) Umpan Ikan Nila yang direkomendasikan adalah lumut. Lalu, bagaimana Cara Meracik lumut yang benar?

Di sisi lain, hal penting yang juga tidak boleh disepelekan ialah Trik Mancing Nila Dengan Lumut yang kita racik tadi. Jadi, selain racikan umpan yang mantap, perlu pula menerapkan tekniknya.

Sebenarnya, tanpa diracik sedemikian rupa, lumut sudah bisa digunakan langsung. Namun, ada beberapa Campuran Umpan Lumut Mancing Nila yang direkomendasikan oleh para Angler untuk kita coba. Berikut ulasannya.

Baca Juga : Trik Mancing Ikan Tawes

Campuran Umpan Lumut Mancing Nila

Sebelum kita memahami bagaimana teknik penggunaan umpan ini untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, ketahui terlebih dahulu bagaimana Cara Meracik Lumut Umpan Nila yang benar sesuai langkah-langkahnya.

Campuran yang direkomendasikan adalah vanili, karena Vanili memberikan aroma yang sangat disukai ikan, serta membentuk lumut menjadi mudah untuk dipasang.

Vanili memang sudah terkenal diakui sebagai perangsang ikan karena aromanya yang wangi, sehingga ikan-ikan yang sedang mogok makan bisa menjadi tertarik dan berselera.

Mengetahui Trik Mancing Nila Dengan Lumut memang perlu, karena umpan jenis sudah dibuktikan oleh banyak Angler di berbagai daerah.

Jika kamu tidak menemukan jenis lumut yang halus dan panjang, pakai saja lumut yang kasar. Namun, campurkan terlebih dahulu dengan garam dapur untuk melunakkannya di dalam baskom.

Kamu tidak perlu khawatir jika garam akan menghilangkan aroma alami dari lumut, tidak, garam tersebut hanya berfungsi melembutkan dan melunakkan lumut yang kasar itu saja.

Oh iya, selain dengan vanili, Campuran Umpan Lumut Mancing Nila juga bisa menggunakan cacing dan pelet. Cukup campurkan semua bahan dan aduk menjadi satu bagian, lalu mulailah memancing.

Baca Juga : Berbagai Racikan Umpan Nila Babon

Jenis Lumut Untuk Mancing Ikan Nila

Jenis Lumut Untuk Mancing Ikan Nila
Caracari.id

Sebelum mengetahui bagaimana Trik Mancing Nila Dengan Lumut yang jitu, perlu diketahui bahwa ada jenis lumut yang disukai ikan nila dan ada pula yang tidak.

Banyak juga yang bertanya mengapa Ikan Nila Suka Lumut ? Alasannya sangat sederhana. Pertama, lumut memiliki banyak protein untuk ikan. Kedua, karena lumut mudah dicerna.

Sayangnya, tidak semua jenis lumut bisa dipakai untuk berburu ikan nila. Jenis lumut yang disukai ikan nila diantaranya lumut yang sudah tua, berwarna hijau tua, segar dan ketebalan yang rapat.

Sedangkan yang kedua ialah lumut yang berhelai atau berambut panjang. Jika menggunakan yang pendek, tentu umpan akan mudah lepas dan waktu terbuang untuk memasang-masang umpan saja.

Untuk informasi selengkapnya, simak baca artikel Jenis Lumut Untuk Mancing Ikan ini.

Trik Mancing Nila Dengan Lumut

Oke, setelah mengetahui apa saja jenis lumut yang disukai ikan nila serta campuran apa yang direkomendasikan, maka saatnya mengehatui teknik dan trik dalam memakai umpan ini.

Pertama, yang perlu diketahui ialah bagaimana cara memasang umpan lumut pada mata kail. Perlu diketahui bahwa, mata kail yang dipakai sangat dianjurkan dalam bentuk rangkaian.

Lumut yang sudah dikumpulkan masukkan ke dalam baskom / wadah yang berisi air, kemudian celupkan rangkaian mata kail secara lurus dengan memegang bagian atas rangkaian.

Lalu, putar perlahan sebanyak beberapa kali. Setelah mata kail terlihat sudah diisi penuh oleh lumut setelah lilitan yang dilakukan, maka langsung angkat, rapikan dan mulailah memancing.

Saat memancing, jangan lupa lakukan pengecekan umpan, minimal 8-10 menit sekali, untuk memastikan umpan masih aman. Jika lepas, silakan pasang ulang dengan melakukan cara yang sama seperti di atas.

Untuk informasi selengkapnya, mari simak Teknik Mancing Ikan Nila ini.

Demikianlah, ulasan singkat kali ini mengenai Trik Mancing Nila Dengan Lumut beserta campuran dan jenis lumut yang direkomendasikan. Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat dan selamat memancing.

Join the discussion

Memancing.info