Umpan Ikan Bawal Stress! Begini Cara Bikinnya Dijamin Jitu

Memancing.info – Bukan hanya manusia saja yang mengalami stres, makhluk hidup lain termasuk ikan juga mengalaminya. Salah satunya adalah ikan bawal. Namun, bawal adalah ikan pancing yang memiliki nilai konsumsi tinggi. Adakah umpan ikan bawal stress yang ampuh agar ikan bisa terpancing? Baca Juga: Umpan Bawal Dengan Buah

Penyebab Ikan Bawal Stres

Lebih baik ketahui dahulu mengapa ikan bawal bisa stres. Meskipun kasus ikan yang stres merupakan salah satu kasus yang umum namun akan tetap lebih baik apabila mengetahui penyebabnya. Biasanya, ikan bawal yang mengalami fase stres dikarenakan pindah tempat habitat.

Ikan bawal biasanya sudah beradaptasi di tempat terakhir mereka tinggal sehingga apabila tempat tinggalnya berubah, ikan akan merasa stres. Biasanya ini terjadi pada ikan ikan yang masih berumur muda. Ada juga ikan bawal yang stres karena disatukan dengan ikan lain dalam satu kolam.

Dalam keadaan begitu, biasanya ikan tidak ingin makan dan akhirnya susah dipancing. Sedangkan beberapa pemancing terkadang ada yang sangat membutuhkan ikan bawal sehingga umpan yang tepat harus digunakan.

Umpan Ikan Bawal Stress dan Cara Membuat

"<yoastmark

Sementara itu, apa saja umpan ikan bawal stress yang bisa dijamin manjur? Sebenarnya, umpan bawal saat stres atau saat normal itu sama saja. Pemancing memang harus mencoba memberikan umpan yang tepat agar ikan bisa mendekat. Berikut ini beberapa contoh umpan ikan bawal yang bisa dicoba:

1. Cacing

Event pertama yang sudah banyak diketahui adalah cacing. Banyak memancing yang menggunakan Umpan ini untuk menarik perhatian ikan incaran agar bisa tersangkut di kail. Itu karena cacing merupakan makanan favorit bagi sebagian besar ikan, termasuk bawal. Baca Juga: Umpan Galatama Bawal

Cobalah untuk mendapatkan cacing kemudian cacing bisa langsung dijadikan umpan mentah saat memancing ikan. Cacing bisa dipotong-potong menjadi beberapa bagian atau digunakan utuh. Ikan bawal yang notabenenya merupakan omnivora bisa saja tertarik pada umpan tersebut.

2. Bekicot/Keong

Telah dikatakan sebelumnya bahwa ikan bawal merupakan ikan yang berjenis omnivora. Makanan yang disukai ikan bawal salah satunya adalah bekicot atau keong. Umpan bekicot atau keong bisa didapatkan pemancing melalui pencarian di sawah atau tanah yang gembur.

Sebelum dijadikan umpan untuk menarik ikan bawal, bekicot atau keong bisa dipecahkan dahulu cangkangnya. Umpan ini bisa digunakan ketika memancing di saat hujan. Kan bawa stress yang bersembunyi di kolam akan tertarik dengan umpan bekicot yang dipasang.

3. Ulat Hongkong

Selain menyukai makanan yang berjenis cacing, ikan bawal juga menyukai makanan berupa ulat Hongkong. Ulat ini biasa ditemukan pada daun-daun besar atau di pepohonan. Aroma ulat yang berbeda bisa menarik ikan bawal untuk mendekat.

Pemancing bisa mencari ulat Hongkong terlebih dahulu kemudian mengolahnya menjadi sebuah umpan yang manjur. Namun, umpan ulat Hongkong juga bisa diberikan kepada ikan bawal secara mentah-mentah.

4. Umpan Udang

Umpan manjur yang terakhir adalah udang. Meskipun udang termasuk umpan yang memiliki harga sedikit mahal dibanding umpan lainnya, namun kemanjuran dari umpan udang ini bisa memberikan kemungkinan tinggi. Sebabnya adalah udang memiliki aroma asing yang begitu menarik bagi ikan bawal.

Pemancing disarankan menggunakan umpan udang untuk memancing ikan bawal di malam hari. Itu karena pada saat malam ikan bawal masih aktif bergerak. Ikan yang stres akan tertarik saat ada aroma udang ketika gelap, dan perlahan mendekati kail. Saat itulah ikan bisa dipancing ke atas. Baca Juga: Umpan Ikan Bawal

Apabila pemancing sudah menggunakan umpan ikan bawal stress di atas dan ikan masih belum terpancing, maka diharapkan untuk menunggu. Biasanya, ikan benar benar akan ada dalam fase stres dalam satu sampai dua hari setelah dipindahkan. Sebaiknya, gunakan umpan tersebut saat umur ikan di kolam sudah lewat dari 3 hari.