Umpan Ikan Betutu

Umpan ikan betutu

Umpan Ikan Betutu – Hai sobat Mancing sekalian, kembali lagi bersama Admin. Di sini, saya akan membagikan informasi mengenai Umpan mancing lagi nih, bagi para Angler atau pembaca semua, semoga info ini bisa bermanfaat ya. Oke lanjut, check this out.

Sebelum berbicara mengenai Umpan Mancing Ikan Betutu ini, kamu sudah tahu belum mengenai ikan ini? Ya, eksistensinya memang belum begitu besar di tanah air. Namun di negara lain, sudah sangat tersohor bahkan dijadikan salah satu menu makanan utama.

Sekilas Tentang Ikan Betutu

Umpan mancing ikan betutu
Facebook.com

Ikan Betutu merupakan jenis ikan air tawar konsumsi yang tersebar cukup luas di Asia Tenggara hingga Indonesia. Ikan ini dikenal dengan tarikannya yang mendadak, sehingga seringkali menguji adrenalin dan skill para pemancing. Harga perkilonya bisa mencapai 150.000 rupiah loh.

Nama Lain Ikan Betutu diantaranya bakut, bakutut, belosoh (nama umum), boso, boboso, bodobodo, ikan bodoh, gabus bodoh, ketutuk hingga ikan malas. Umpan Ikan Betutu paling jitu dan ampuh juga cukup banyak, sehingga kamu bisa memilih baik yang hemat budget maupun yang mahal.

Ciri-Ciri Ikan Betutu diantaranya bertubuh kecil dan sedang, yang besar hanya bagian kepalanya saja. Ukuran maksimal bisa mencapai 65 cm, namun yang paling umum ditemukan adalah yang berukuran 20-40 cm saja. Warnanya merah bata pudar, kecoklatan dan kehitaman.

Disebut sebagai “Ikan Pemalas” karena sifatnya memang lebih suka berdiam diri, berbeda dengan jenis ikan lain yang agresif. Betutu lebih sering berdiam di dasar air, Makanan Ikan Betutu contohnya udang, ikan-ikan kecil, siput hingga Yuyu. Habitat Ikan Betutu di sungai yang terlindung, rawa, waduk, saluran air atau parit.

Umpan Ikan Betutu Paling Ampuh

Jam makan ikan Betutu adalah pagi dan sore. Pagi sekitar jam 6 hingga 10, sedangkan sore sekitar jam 5 hingga 7 malam. Di siang hari, mereka lebih sering berdiam diri di dasar air sembari memantau mangsa. Pada musim air besar, ikan betutu akan bermigrasi dan memulai musim kawin. Berikut, Umpan Ikan Betutu paling Jitu yang bisa di coba :

Udang Kecil

Yang pertama adalah udang kecil. Udang berjenis air tawar ini sangat ampuh dan kuat untuk menarik perhatian ikan betutu. Kamu bisa mengupas kulit udang atau langsung mengaitkannya ke mata pancing. Setelah itu, lemparkan umpan hingga ke dasar, karena habitatnya memang di dasaran air.

Ikan-Ikan Kecil

Umpan Jitu Ikan Betutu berikutnya adalah ikan-ikan kecil atau anakan ikan air tawar. Caranya sama dengan udang, kamu tinggal mengaitkan ke mata kail, lalu melemparkannya ke spot yang sudah ditentukan. Pakailah pemberat dari timah atau logam, agar umpan segera sampai ke dasar.

Umpan Ikan Betutu Babon

Umpan betutu paling ampuh
Shopee.co.id

Meskipun ukuran umum ikan ini hanya berkisar antara 20-40 cm saja, namun banyak juga pemancing yang mengaku menemukan serta mendapatkan yang berukuran besar atau babon. Nah, untuk memancing yang berukuran besar, kamu bisa menggunakan beberapa Umpan Ikan Betutu besar di bawah ini :

Cacing

Yang pertama adalah Cacing. Seperti yang kita tahu, cacing bisa dikategorikan sebagai salah satu umpan mancing ikan air tawar yang paling bagus. Baunya yang amis menyengat sangat disukai oleh ikan. Kaitkan cacing langsung ke mata kail, sisakan bagian ekor sedikit agar bisa bergerak-gerak, lalu mulailah beraksi.

Cere

Umpan Betutu Babon selanjutnya adalah Cere, spesies ikan kecil penghuni tepian perairan tawar, bisa dengan mudah ditemukan di air tawar, payau, sungai, rawa, danau, waduk hingga parit. Caranya masih sama, kaitkan bagian punggung ikan Cere pada mata pancing, usahakan memakai umpan yang hidup.

Baca Juga : Umpan Ikan Mahseer

Umpan Ikan Betutu Sungai

Sungai menjadi habitat utama ikan Betutu ini. Sebagai salah satu spesies ikan predator, Betutu menjadi jenis yang paling pemalas dari lainnya. Namun meskipun begitu, jika dia melihat mangsa, maka akan segera menyergap dan melumpuhkannya. Berikut, Umpan Ikan Begitu di Sungai :

Ulat

Yang pertama adalah ulat. Jenis ulat yang bisa dipakai pun terserah, asalkan memang direkomendasikan untuk memancing, misalnya ulat belimbing, ulat padi, ulat daun, ulat hongkong, dan lainnya. Kamu tinggal mengaitkannya ke mata pancing, dan sisakan sedikit bagian ekornya agar bisa bergerak dan menarik perhatian.

Jangkrik

Umpan Ikan Betutu berikutnya adalah Jangkrik, sejenis hewan berisik yang pastinya sudah tidak asing lagi di telinga kita. Kamu bisa mendapatkannya di sekitaran rumah. Pertama, buang dulu sayapnya, kemudian langsung kaitkan dengan mata pancing. Bisa secara keseluruhan badan, maupun dari bagian punggung saja.

Tips Mancing Ikan Betutu

Setelah mengetahui Umpan ikan Betutu di atas, sekarang mari kita simak apa saja tips dan teknik mancing ikan Betutu agar mendapatkan hasil yang banyak :

  • Ikan Betutu suka bersembunyi di tempat-tempat yang terlindungi, seperti bebatuan, pasir, hingga di tanaman-tanaman air seperti enceng gondok.
  • Ikan betutu paling suka dengan kondisi air yang tenang dan jernih, dengan kedalaman sekitar 1 meter.
  • Waktu yang tepat untuk memancing ikan betutu adalah ketika musim kawin tiba, yakni saat air naik besar.
  • Usahakan menggunakan pemberat, karena umpan yang digunakan haru sampai ke dasar air, minimal 3 cm dari dasar.
  • Begitu pula dengan pelampung, karena ketika ikan betutu menarik umpan, biasanya menghadirkan efek kejut, sehingga peran pelampung cukup besar.
  • Ikan Betutu suka bergerombol. Jadi, ketika sudah mendapatkan satu ekor, jangan cepat berpindah tempat, kemungkinan besar masih ada ikan betutu di bawah sana.

Baca Juga : Umpan Mancing Belut

Demikianlah, ulasan singkat kali ini mengenai Umpan Ikan Betutu dan teknik memancingnya. Semoga bisa bermanfaat dan menjadi referensi utama buat teman-teman semua. Selamat memancing.