Umpan Ikan Gabus

8 min read

Umpan ikan gabus

Umpan Ikan Gabus – Jika kamu adalah salah satu pemancing yang hobi menelusuri sungai atau rawa, maka ikan gabus bukanlah ikan yang asing, bahkan tentunya sangat familiar.

Untuk itu, kamu harus tahu apa saja racikan Umpan ikan gabus liar Paling galak yang harus kamu pakai, serta bagaimana cara meraciknya agar mendapat hasil maksimal.

Namun sebelumnya, kita juga harus mengetahui apa saja sebenarnya yang menjadi Penyebab ikan gabus tidak mau menyambar umpan ketika dipancing, baik di sungai, parit, rawa hingga danau.

Cara buat umpan ikan gabus bisa dibilang susah-susah gampang. Ada pula yang berpendapat bahwa, diperlukan teknik dan trik yang musti diketahui supaya bisa mendapatkan ikan gabus yang banyak, baik di sungai rawa maupun danau.

Namun di luar itu semua, hal pertama yang harus diketahui tentulah bagaimana Cara memasang umpan ikan Gabus ini, karena tidak bisa dipungkiri bahwa, umpan gabus jitu yang dipakai menjadi faktor kunci dan paling inti.

Karena meskipun spot memancing terlihat bagus dan diprediksi terdapat banyak ikan, namun bila umpannya kurang maknyus, tentu akan sedikit kesulitan juga. Apalagi bagi pemula yang masih minim trik dan ilmu.

Namun jangan khawatir, karena di artikel ini Memancing.info telah menyajikan berbagai racikan umpan ikan gabus yang ampuh sejak zaman nenek moyang dahulu. Kamu bisa langsung mencoba untuk membuatnya, dan segera beraksi. Let’s do it.

Umpan Ikan Gabus Liar Paling Galak

Ikan gabus merupakan ikan air tawar yang terdapat hampir di seluruh Indonesia. Ikan ini tergolong predator / karnivora / pemakan daging. begitu pula dengan namanya hampir di setiap daerah memiliki nama yang berbeda.

Selain belum tergolong langka dan rasanya yang enak, ternyata manfaat ikan gabus juga cukup baik bagiternyata manfaat ikan gabus juga cukup baik bagi kesehatan, yakni mengandung protein yang penting bernama Albumin.

Nah, protein yang satu ini sangat ampuh untuk menyembuhkan dan mengeringkan luka luka di badan. Bagaimana tertarik baiklah Mari kita persiapkan Umpan ikan gabus, dari beberapa rekomendasi di bawah ini :

1. Cacing Tanah

Rekomendasi pertama adalah cacing tanah, umpan yang satu ini sudah pasti diketahui oleh semua orang yang pernah memancing, karena secara mendasar, cacing tanah menjadi umpan untuk hampir segala ikan air tawar.

Begitu pula Ketika kamu hendaknya mancing ikan gabus, baik di parit-parit, sungai maupun rawa. Salah satu keunggulan cacing yang sangat menarik perhatian ikan ialah bau amis siang dikeluarkannya.

Selain itu, bagian ekor yang bergerak-gerak pada ujung mata kail saat berada di dalam air, juga sangat ampuh untuk menarik perhatian si ikan. Kamu bisa menemukan cacing tanah di sekitar rumah maupun di area spot pemancingan.

untuk umpan ikan gabus yang satu ini tidak diperlukan racikan ataupun teknik dalam membuatnya kamu hanya perlu menancapkan badan cacing ke seluruh bagian mata kail.

Sekedar tips, sisakan sedikit bagian ujung ekor di ujung mata kail, sehingga ketika berada dalam air, ujung ekor tersebut akan bergerak-gerak dan mulai menarik perhatian setiap ikan yang melihatnya, terutama ikan gabus.

2. Katak / Kodok

Gambar anak katak kecil
Gambar Anak Katak

Jenis umpan untuk memancing ikan gabus yang kedua ialah katak atau kodok. Hampir sama dengan cacing tanah, umpan yang satu ini tidak memerlukan racikan dengan teknik yang rumit.

Kamu hanya perlu mencari kata kecil atau anaknya, kemudian kaitkan bagian punggung katak ke mata pancingmu. Usahakan kata tersebut masih dalam keadaan hidup dan bisa bergerak di dalam air.

Karena hal ini akan sangat menarik perhatian ikan, untuk segera memangsanya. Namun, kamu juga harus berhati-hati, karena ketika katak merasa terancam, dia bisa saja menyemburkan air kencingnya dan hal tersebut berbahaya bagi si pemancing.

Di sisi lain, hal yang harus kamu waspadai juga ialah selalu fokus dan memperhatikan umpan atau tali pancingmu, karena bisa saja yang menari umpan nantinya bukanlah ikan melainkan ular.

Karena ular juga merupakan predator katak, apalagi jika kamu mancing di rawa atau sungai, potensi hal ini terjadi semakin besar. Untuk itu, selalu waspada dan perhatikan lokasi sekitarmu dengan baik.

3. Belalang

Ketika saya memancing di sekitaran rawa-rawa atau sawah, Saya sering melihat ikan gabus meloncat keluar. Dan ketika saya perhatikan lebih seksama, ternyata ikan tersebut sedang memangsa belalang yang berada di sekitaran permukaan sungai.

Dari hal ini saya mengetahui bahwa, belalang menjadi salah satu makanan favorit ikan gabus, ditambah pula karena kesamaan habitat mereka. Sehingga, tidak heran bila belalang menjadi umpan ikan gabus yang direkomendasikan.

Kamu bisa mendapatkan belalang di berbagai tempat, terutama di semak-semak, rerumputan, rawa dan sawah. Untuk pemasangannya, cukup kaitkan bagian tubuh atau ekor belalang ke mata kail.

Sekedar tips, usahakan agar menyesuaikan ukuran belalang. Jangan terlalu besar, karena ikan bisa kesulitan untuk memangsa. Namun Jangan pula terlalu kecil, sebab akan kurang menarik perhatian karena tidak terlalu terlihat.

Umpan ikian Gabus yang Susah Makan

1. Jangkrik

Racikan umpan ikan gabus
Gambar Jangkrik

Pilihan umpan ikan gabus berikutnya ialah jangkrik, binatang yang terkesan berisik dan hidup di dalam tanah. Tidak jauh berbeda dengan belalang, kamu hanya cukup mengkaitkan bagian tubuh jangkrik ke mata pancing.

Sekedar tips, sebelum memulai memancing, pencet terlebih dahulu bagian tubuh jangkrik agar mengeluarkan cairan. Nah, cairan ini akan menambah daya tarik karena mengeluarkan bau amis yang sangat disukai ikan gabus.

Selain itu, bersihkan juga terlebih dahulu kedua belah sayapnya, karena bisa saja hal tersebut mengurangi daya tarik umpan terhadap ikan. Kamu bisa dengan mudah menemukan jangkrik di sekitaran rumah, atau tempat tinggalmu.

2. Ulat Daun Pisang

Rekomendasi umpan favorit ikan gabus berikutnya ialah ulat daun pisang. Sudah menjadi rahasia umum bahwa, ulat yang satu ini sangat manjur dan disarankan bagi para pemancing, yang sedang memburu ikan gabus.

Ulat ini tergolong hama bagi petani pisang, karena keberadaannya bisa merusak tanaman mereka. Selain sebagai umpan memancing ulat ini juga dimanfaatkan untuk bahan makanan burung kicau.

Memasang umpan ulat daun pisang ini tidaklah sulit, kamu hanya perlu mengaitkan bagian ekor hingga kepala bulat ke mata pancingmu. Ulat ini juga disinyalir mampy bertahan cukup lama di dalam air, maka usahakan ulat katak hidup ketika kamu sedang memancing.

Caranya, cukup kaitkan ulat pada mata kail separuh badan saja atau sampai perut, sisakan bagian ekornya supaya bisa bergerak di dalam air, dengan tujuan untuk menimbulkan daya tarik pada pemangsa. Poin lebihnya, udah di ini juga mengeluarkan bau yang amis.

3. Laron

Rekomendasi umpan air tawar
Gambar Laron

Laron merupakan serangga hama pemakan kayu dan perabotan rumah, sehingga dikategorikan sebagai perusak bagi manusia yang sangat merugikan ekonomi. Kerumunan yang bergerombol dan bersarang.

Jika kamu ingin menggunakan Laron ini sebagai umpan ikan gabus, tentu tidak akan bisa ditemukan setiap saat. karena secara umum, serangga ini hanya akan keluar ketika musim hujan.

Tetapi, ketika kamu mancing ikan Gabus ketika musim hujan, maka Laron menjadi pilihan yang sangat tepat untuk dijadikan umpan. Caranya, kaitkan beberapa ekor Laron ke mata kail sekaligus, agar lebih maksimal.

Umpan Ikan Gabus Paling Jitu

1. Ikan Kecil / Wader

Seperti yang telah saya jelaskan di atas, bahwa ikan gabus ialah golongan predator atau pemangsa. Yang dimangsa di sini bukan saja organisme lain, namun juga sesama ikan. Kamu bisa menggunakan ikan Wader.

Ikan Wader asalah spesies ikan-ikan kecil yang mudah ditemukan hampir di seluruh aliran sungai. amu bisa memanfaatkan ikan ini sebagai alternatif umpan yang cocok dan potensial. Seperti katam diatas, usahakan ikan dalam keadaan hidup.

Caranya, cukup kaitkan mata pancing pada bagian punggung ikan. Sehingga, ketika dicemplungkan ke air, dia masih bisa berenang. Hal ini agar menarik perhatian ikan gabus untuk segera menyantapnya.

2. Cicak

Mungkin banyak yang belum tahu bahwa cicak adalah salah satu umpan terbaik ikan gabus. Hewan yang sepanjang hari bergelantungan di dinding rumah atau pohon ini, ternyata bisa dimanfaatkan untuk berburu ikan di sungai, terutama gabus.

Kamu bisa menggunakannya langsung dengan mengkaitkannya ke mata pancing. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, juga boleh membakarnya terlebih dahulu, sehingga bau yang dihasilkan sangat ampuh untuk memunculkan selera ikan gabus.

3. Orong-Orong

Umpan memancing gabus
Gambar Orong-Orong

Sangat mirip dengan jangkrik, namun Orong-Orong berukuran sedikit panjang. Hewan yang berwarna putih kecoklatan hingga hitam ini banyak ditemukan di pesawahan, parit, maupun lokasi-lokasi yang sedikit kering.

Cara pemakaiannya juga sama dengan jangkrik, yakni dengan mengkaitkan mata pancing ke bagian tubuh Orong-Orong. Bau yang dikeluarkan konon sangat jitu untuk merayu selera ikan gabus, dan ikan-ikan air tawar lainnya.

4. Coro

Umpan ikan gabus terbaik berikutnya adalah Coro. Habitat hewan ini mudah ditemukan di sekitaran kandang ayam, bebek, angsa, kambing dan lain-lain. Intinya, berlokasi di daerah yang berbau dan mengandung banyak serbuk tanah.

Cara pemasangannya masih sama seperti di atas, kamu bisa mengaitkan satu atau lebih ekor Coro hidup ataupun mati. Menurut beberapa pendapat, bau yang dihasilkan Coro sangat ampuh untuk menarik perhatian ikan.

5. Anak Tawon

Anak Tawon ini berjenis ulat berwarna putih, hampir mirip dengan ulat daun pisang. Anak tahun juga disebut-sebut sangat ampuh dan manjur untuk memancing ikan di air tawar. Namun saya sendiri belum pernah menggunakannya karena sangat sulit mencarinya.

Selain sebagai umpan mancing, Larva / Anak Tawon ini juga dijadikan sebagai bahan makanan. Entah bagaimana rasanya, yang pastinya saya juga belum pernah mencoba.

Umpan Alami Ikan Gabus

1. Gendon

Gendon juga akrab disebut babonnya Rayap. konon umpan yang satu ini juga tergolong ampuh namun sangat sulit untuk ditemukan. Bulan ini termasuk hama bagi pohon salak. Bila kamu menemukannya, segera jadikan umpan.

2. Kroto

Umpan ikan gabus
Gambar Kroto

Kroto merupakan sebutan bagi Larva atau anak semut. Kata kroto sendiri diambil dari bahasa Jawa yang kemudian sangat populer dikalangan para pemancing. Hampir semua orang yang hobi memancing tidak akan asing lagi dengan nama yang satu ini.

Untuk meraciknya, keringkan kroto terlebih dahulu Kemudian campurkan dengan beberapa komponen lainnya seperti pelet, daging ayam, bubur, telur dan lainnya, kemudian kaitkan pada mata pancing.

3. Udang

Berdasarkan penelusuran pribadi saya dari beberapa video di YouTube, ternyata juga sebagian orang yang menggunakan udang asli sebagai umpan untuk memancing ikan gabus. Terdengar unik sih, jika kamu tertarik, kamu busa segera mencobanya.

4. Anak Bebek

Umpan ikan gabus berikutnya adalah anak bebek. Lah, kok bisa? Ya, tentu bisa. Namun dengan catatan, gabus yang hendak diburu berukuran besar, karena umpannya juga cukup besar. Hehe.

Caranya, siapkan seekor anak bebek kecil, kemudian cari permukaan air yang terdapat anak-anak ikan gabus yang sedang berenang secara berbarengan, sudah barang pasti bahwa induknya ada di bawah.

Nah bila kamu sudah menemukan ya maka segera melempar tali pancingmu menuju tengah-tengah permukaan tersebut. Ketika induk ikan gabus reaksi ada dua kemungkinan yang menjadi penyebab.

Yang pertama, karena dia tertarik dan berselera. Penyebab kedua ialah, karena dia merasa anak bebek tersebut telah mengganggu anak-anaknya. Sehingga, dia segera meluncur untuk membasmi yang dianggap ancaman tersebut.

5. Anak Ikan Mas

Berikutnya ialah anak ikan mas, polanya sama dengan wader / ikan kecil. Namun sepertinya, kamu juga pasti berpikir dua kali jika ingin menggunakan anak ikan mas ini, sebagai umpan gabus. Silakan pilih mana yang kamu sukai. 😁

Baca juga : Umpan Ikan Nila

Umpan Ikan Gabus Casting

Gambar Umpan tiruan
Gambar Umpan Tiruan

Umpan mancing ikan Gabus yang terakhir adalah Casting / umpan buatan. kumpulan ini terbuat dari bahan karet atau plastik yang di desain sedemikian rupa sehingga terbentuk seperti ikan katak jangkrik dan sebagainya.

Namun dalam implementasinya, kamu perlu sedikit aksi. Maksudnya, ketika tali pancing sudah dilempar ke air, maka segera tarik perlahan sehingga menimbulkan kesan bahwa umpan tersebut benar-benar hidup, dan akan segera menarik perhatian ikan.

Berikut, beberapa rekomendasi jenis-jenis umpan ikan Gabus mainan yang direkomendasikan untuk kamu semua :

1. Popper

Popper merupakan umpan buatan yang menyerupai ikan dengan berbagai variasi warna. Umpan ini cukup ampuh dipakai untuk berburu ikan gabus besar.

Karena induk gabus akan menganggap Popper ini sebagai ancaman, terlebih terhadap anak-anaknya. Sehingga dia akan menyerang umpan tersebut.

Kamu bisa menggunakan popper berukuran 5-7 cm, dan pakailah ketika memancing di lokasi perairan terbuka yang banyak kayu-kayu tumbang disekitarnya.

2. Pencil

Pencil merupakan umpan palsu yang juga banyak dipakai ketika mancing di air tawar. Pergerakannya seperti ikan yang sedang terluka, sehingga terlihat berenang secara zig-zag.

Menurut sebagian orang, umpan ini lebih cocok dipakai di lokasi perairan yang banyak batang pohon, dan dangkal. Pakailah yang berukuran 5-7 cm agar lebih efektif.

3. Torpedo

Jenis Umpan Ikan Gabus tiruan selanjutnya yakni torpedo. Umpan ini sangat unik, memiliki kipas di bagian ekornya yang akan berputar ketika ditarik di permukaan air.

Nah, ketika berputar, keberadaannya akan mengganggu ikan-ikan disekitarnya. Jadi, jangan heran bila yang kamu dapatkan bukan hanya ikan gabus saja nantinya.

4. Katak Karet

Katak Karet adalah umpan casting yang menyerupai katak dan terbuat dari karet atau sintesis. Untuk bahan karet, biasanya terdapat rongga angin yang membuatnya bisa mengapung.

Umpan casting untuk ikan gabus yang satu ini cocok digunakan di keadaan air yang banyak pepohonan didalamnya, atau rawa-rawa, karena menggunakan pengaman hook.

5. Minnow

Yang terakhir adalah Minnow, umpan palsu ini lebih cocok dipakai di lokasi terbuka dan bersih, hanya terdapat sedikit pepohonan atau tumbuhan air yang mengganggu.

Racikan Umpan Ikan Gabus Terbaik

Setelah melihat sederet umpan ikan gabus paling jitu di atas, sebenarnya kamu sudah bisa mendapatkan hasil yang diharapkan. Namun ada inovasi umpan yang dirasa lebih manjur lagi.

Yaitu adalah beberapa racikan umpan ikan gabus yang telah melewati serangkaian percobaan, sehingga menciptakan hasil yang lumayan. Penasaran? simak jenis san step by step nya dibawah ini.

Racikan 1

Bahan :

  • Air putih / susu putih
  • Daging ayam / ikan
  • Tepung udang
  • Pelet
  • Telor ayam / bebek
  • Essen lebih bagus
  • Mangkuk

Cara Meracik :

Setelah beberapa bahan di atas telah dipersiapkan berikut langkah-langkah dan cara meraciknya :

  • Campurkan air putih atau susu tadi dengan pelet, tepung dan telur ke dalam mangkok.
  • Aduk hingga merata, kemudian masukkan daging ayam yang sudah dilembutkan tadi, kemudian aduk lagi.
  • Lalu, masukkan sekitar 5 tetes essen agar menjadi kental. Terakhir, kaitkan ke mata pancingmu san segeralah action!.

Racikan 2

Bahan :

  • Tepung udang
  • Tepung ikan
  • Daging (ikan, kodok, dll)
  • Pelet jenis pf 100
  • Telur ayam kampung rebus
  • Bawang putih
  • Madu
  • Air
  • Mangkok

Cara Meracik :

  • Campurkan seluruh bahan di atas ke dalam mangkok.
  • Larutkan dengan air, kemudian aduk hingga merata.
  • Setelah rata, ambil Aquatic Essen sekitar 5-6 tetes (sesuaikan dengan kapasitas racikan).
  • Setelah dirasa lengket, desain menjadi bulat dan kamu bisa langsung Memancing.

Baca juga : Umpan Ikan Bawal

PENUTUP Umpan Ikan Gabus

Nah, demikianlah ulasan pertama kali ini mengenai beberapa rekomendasi Umpan Ikan Gabus paling jitu dan ampuh, yang bisa kamu gunakan ketika berburu ikan air tawar jenis gabus ini.

Semoga artikel di atas bisa bermanfaat, dan berguna serta menjadi referensi utama bagi kamu, dalam mencari koleksi umpan terbaik dalam memangsa ikan yang kaya akan protein ini. Terima kasih.

Tanggal Penerbitan : 14 Mei 2020
Terakhir Diperbaharui : 17 Juli 2020

Umpan Ikan Jambal

Wiki Pebrianto
2 min read

Umpan Ikan Sembilang

Wiki Pebrianto
2 min read

Umpan Ikan Nilem

Wiki Pebrianto
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *