Cari
Umpan ikan hampala

Umpan Ikan Hampala

Umpan Ikan Hampala – Hampala adalah jenis ikan air tawar yang tersebar luas di Asia Tenggara daratan hingga ke bagian barat, dan masih berkerabat dengan ikan mas.

Nama daerah dari ikan ini diantaranya hampal, hambal, hampalong, ampalong, wader, suco, palung, adungan, dungan, dongan, kabarau, kebarau, barau, sebarau dan sebaju.

Pada kesempatan ini, saya telah merangkum beberapa Jenis Umpan Ikan Hampa Di Air jernih, sungai, danau dan casting. Namun sebelumnya, simak dulu ciri-cirinya di bawah ini.

Ikan ini berbentuk memanjang, memiliki sisik-sisik yang tergolong besar. Memiliki sungut di sudut mulut bagian rahang atas, serta memiliki sirip di bagian bawah, atas dan ekor.

Selain menggunakan Umpan dari bahan alami dan racikan, para Angler juga sering memakai Umpan Casting Ikan Hampala dan kasihnya cukup memuaskan.

Umpan Ikan Hampala Di Air Jernih

Umpan ikan hampala di air jernih
Melekperikanan.com

Habitat Ikan Hampala ini bisa kamu temukan di perairan tawar yang jernih, sedikit deras dengan kadar oksigen yang tinggi. Mereka dikenal hidup secara bergerombol pada arus sedang.

Sementara itu, mereka suka tinggal di sekitaran dedaunan air dan kayu-kayu yang tumbang ke badan sungai. Berikut, beberapa rekomendasi Umpan Ikan Hampala Air Tenang dan jernih :

Ikan Ikan Kecil

Yang pertama kamu bisa menggunakan anakan ikan, misalnya ikan Wader. Usahakan umpan dalam keadaan hidup dan bisa bergerak di dalam air. Hal ini untuk menarik perhatian ikan Hampala.

Anak Katak

Sama halnya dengan ikan ikan kecil, anakan katak ini juga cukup ampuh untuk memancing di air jernih. Anak kata yang digunakan bukan kecebong ya, tapi anak katak atau katak yang berukuran masih kecil.

Belalang Sawah

Umpan Ikan Hampala di air jernih berikutnya yakni belalang sawah, warnanya hijau kecoklatan dan ukurannya kecil hingga sedang. Kamu bisa menangkapnya langsung menggunakan jaring agar mudah.

Jangkrik

Selanjutnya adalah jangkrik, hewan pemakan angin dan sangat berisik. Cara pemakaiannya gampang, cukup kaitkan bagian punggungnya dan mulailah beraksi.

Cacing Tanah

Umpan Mancing Ikan Hampala selanjutnya ialah cacing tanah. Caranya, kaitkan bagian kepala hingga ujung sampai mata pancing penuh. Sisakan sedikit bagian ekornya agar bisa bergerak-gerak di dalam air.

Umpan Ikan Hampala Di Danau

Danau menjadi habitat banyak sekali ikan, termasuk Hampala. Memancing di danau memiliki sensasi tersendiri, selain memancing juga bisa menikmati pemandangan alam.

Berikut, beberapa Umpan Jitu Hampala Danau terbaik :

Udang Kecil

Yang pertama adalah udang-udang yang berukuran kecil. Sekadar tips, pakailah udang yang masih dalam keadaan hidup ketika digunakan, ini bisa menjadi daya tarik yang lebih.

Cacing Sampah

Sebenarnya, semua jenis cacing bisa dipakai untuk Umpan Hampala ini, namun cacing sampah yang paling direkomendasikan untuk berburu di danau. Cara pemasangannya sama dengan cacing biasa.

Ulat Daun

Berikutnya adalah ulat daun, ulat ini dikenal memiliki aroma yang cukup disukai ikan air tawar, termasuk Hampala. Mencarinya juga tidak begitu sulit, tanpa mengeluarkan budget sedikitpun.

Umpan Ikan Hampala Di Sungai

Umpan mancing ikan palung
Hewanairinfo.blogspot.com

Menurut pengalaman beberapa orang, waktu mancing ikan Hampala paling tepat ialah pagi dan sore hari. Jangan mancing ketika matahari sedang tinggi atau siang hari.

Berikut, Umpan Ikan Hampala Sungai yang direkomendasikan :

Kulit Ayam

Bau atau aroma yang dihasilkan dari kulit ayam ini sangat jitu untuk menarik ikan-ikan di sungai, terutama Hampala. Orang-orang biasanya menggunakan umpan ini di air keruh.

Kecoa

Berikutnya adalah kecoa, hewan yang ditakuti banyak orang karena membuat geli. Meski begitu, bagi kamu yang tidak merasa geli dengan kecoa, bisa memakainya sebagai umpan ikan.

Orong-Orong

Orong-Orong adalah hewan kecil yang suka hidup dan bersarang di tanah-tanah kering. Selain dinamai Orong-Orong, hewan ini juga disebut sebagai anjing Tanah. Memakai umpan ini cukup direkomendasikan.

Umpan Ikan Hampala lainnya adalah sebagai berikut :

  • Semua jenis cacing
  • Semua jenis ulat
  • Anakan ikan mujair
  • Anakan ikan tawes
  • Serangga

Umpan Casting Hampala Paling Ampuh

Selain rasanya yang lezat, ikan ini ternyata juga memiliki harga yang mahal. Oleh sebab itu, tak heran mengapa banyak sekali orang yang berburu ikan ini.

Selain menggunakan umpan alami dari alam, orang-orang juga memakai teknik casting ikan Hampala ini, di mana, beberapa Umpan Tiruan Ikan Hampala untuk dipakai adalah sebagai berikut :

  • Minow Shinking (Floating, Suspend, dan Sinking)
  • Minnow Pencil (Slow Retrieve, Past Retrieve dan Stop and Go Retrieve)
  • Spoon Casting
  • Udang Tiruan
  • Fly Fishing
  • Spinner
  • Pencil Bait
  • Stick Bait
  • Flies
  • Crank Bait
  • Popper

Baca Juga : Umpan Ikan Tapah

Tips Mancing Ikan Hampala

Tips Mancing Ikan Hampala
Panennews.com

Setelah mengetahui apa saja Umpan Mancing Hampala Tiruan dan alami, hal penting yang musti diketahui adalah apa saja Tips dan Teknik Mancing Ikan Hampala, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Waktu terbaik untuk mancing ikan hampala adalah pagi, sekitar jam 5 pagi hingga terbit matahari, kemudian sore hingga menjelang malam.
  • Lebih baik lagi ketika musim panas.
  • Tidak disarankan untuk mancing Hampala pada siang atau tengah hari.
  • Jika menggunakan teknik casting, gunakan umpan minnow berlidah pendek untuk menghindari tersangkut.
  • Spot Mancing Ikan Hampala diantaranya adalah tepian sungai, arus deras, tempuran dan Di Dekat Batu Besar atau Pohon Tumbang.
  • Gunakan teknik gulungan yang tepat untuk memaksimalkan Lure Action.
  • Mencari lokasi terbaik untuk disesuaikan dengan jenis lure.
  • Menemukan tempat lemparan terbaik untuk menghindari umpan tersangkut.

Baca Juga : Umpan Ikan Seluang

Demikianlah, ulasan singkat kali ini mengenai Umpan Ikan Hampala tiruan dan alami yang boleh kamu coba. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan selamat Memancing.

Join the discussion

Memancing.info