Umpan Ikan Jambal

Umpan ikan jambal

Umpan Ikan Jambal – Kegiatan memancing memang menjadi salah satu rutinitas yang menyenangkan, terutama di sungai-sungai yang menjadi habitat ikan air tawar, salah satunya ialah Ikan Jambal / dikenal juga dengan nama “Patin Lokal”.

Jika kamu tertarik untuk memburu ikan ini, hal pertama yang harus kamu ketahui ialah apa saja Racikan Umpan Mancing Ikan Jambal Jitu dan ampuh, serta mengetahui spot yang potensial juga ciri-cirinya. Untuk itu, Saya telah merangkumnya di bawah ini.

Sejauh ini, Habitat Ikan Jambal banyak dijumpai di sungai-sungai besar yang ada di Jawa, Sumatera dan Kalimantan. Tampilannya sangat mirip dengan ikan Patin, sehingga disebut juga dengan nama Patin Lokal. Sedangkan di Palembang, disebut sebagai Ikan Bedado.

Sedangkan Ciri-ciri Ikan Jambal ini, ukurannya bisa mencapai 60 cm, rekor terbesar yang pernah didapat yakni berukuran 80 cm. Nah, apakah kamu tertarik memancingnya? Simak beberapa Rekomendasi Umpan Ikan Jambal di kali dan spot lainnya di bawah ini.

Umpan Ikan Jambal Di Kolam

Makanan ikan jambal

Kolam menjadi salah satu habitat untuk banyak sekali hewan air, termasuk ikan Jambal. Bila kamu hendak memburunya di kolam, misalkan sedang lomba, berikut rekomendasi umpan yang bisa kamu coba :

Roti Tawar

Umpan pertama ialah roti tawar. Pertama, kamu harus menguleni beberapa lembar roti tawar, namun sebelumnya campur dulu dengan kuning telur bebek dan sedikit air, lalu aduk hingga merata.

Selain roti tawar, kamu juga bisa memakai roti keju. Dan, bisa pula dengan menambahkan sedikit terasi, agar baunya semakin khas. Jangan terlalu banyak air, agar adonan mudah dibentuk dan tidak lembek.

Ikan Kecil

Umpan Ikan Jambal ampuh selanjutnya ialah ikan-ikan kecil seperti Wader. Kamu bisa mengaitkannya langsung ke mata pancing, usahakan umpan dalam keadaan hidup agar bisa berenang-renang dan menarik perhatian ikan.

Selain umpan hidup, ikan kecil yang sudah dipersiapkan juga bisa dipotong-potong terlebih dahulu, sesuaikan dengan ukuran mata pancing. Kamu bisa memilih salah satu dari dua opsi di atas.

Pisang

Tidak banyak yang tahu, bahwa pisang menjadi salah satu umpan favorit ikan Jambal. Bukan hanya di danau saja, tapi juga bisa dijadikan umpan liar di alam bebas. Selain itu, kamu juga tidak perlu mencampurkan dengan bahan lain.

Pelet

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan pelet, dicampur dengan roti dan santan cair. Setelah itu, aduk semuanya hingga merata, kemudian diamkan beberapa saat hingga mengering. Lalu, buatlah adonan menjadi berbentuk bulat-bulat dan mulailah memancing.

Umpan Ikan Jambal Di Kali

Umpan mancing ikan jambal

Sejak zaman nenek moyang kita dahulu, mereka sudah menggunakan umpan-umpan alami dalam berburu ikan, beberapa umpan di bawah ini masih potensial dan relevan untuk kamu pakai ketika hendak berburu ikan Jambal di sungai / kali :

Cacing Tanah

Cara pemasangannya cukup gampang, kamu hanya perlu mengaitkan seekor cacing tanah ke mata pancing, namun biarkan bagian ekornya tersisa, agar bisa bergerak-gerak ketika di dalam air, dan mampu merayu pemangsa untuk menyambar.

Jangkrik

Tidak ubah seperti cacing, hewan bersuara bising dan hidup di dalam tanah ini bisa kamu pakai langsung untuk memancing. Kamu bisa mendapatkannya di sekitaran rumah, atau membelinya di toko pakan ikan maupun burung dan hewan peliharaan lainnya.

Udang

Umpan Memancing ikan Jambal selanjutnya yakni Udang. Usahakan untuk mencari udang yang masih hidup atau segar. Karena bila sudah membusuk atau berwarna kemerah-merahan, biasanya akan sulit untuk strike.

Kelapa Sawit

Berikutnya adalah kepala sawit. Bila daerah tempat tinggal kamu banyak terdapat pohon kelapa sawit, maka umpan ini bisa kamu gunakan. Caranya, cukup ambil brondolannya, iris kecil-kecil sebesar mata umpan, setelah itu langsung pasangkan.

Baca Juga : Umpan Ikan Sembilang

Umpan Ikan Jambal Paling Ampuh

Selain beberapa umpan alami dan paling jitu di atas, kamu juga bisa menciptakan umpan hasil racikan sendiri. Banyak juga yang sudah mencoba dan mengakui hasilnya.

Racikan tersebut adalah pencampuran antara santan kara dan minyak ikan. Setelah disediakan, langsung ulenkan. Bila adonan masih keras, kamu bisa menambahkan sedikit air panas. Bila sudah dikeringkan, cetak umpan sesuai selera.

Teknik Mancing Jambal Yang Benar

Setelah mengetahui beberapa rekomendasi umpan di atas, berikut adalah trik dan tips mancing ikan Jambal yang direkomendasikan oleh para pemancing :

  • Ikan Jambal hidup secara bergerombol dan aktif di malam hari. Hal ini akan mempermudah kamu untuk memburunya.
  • Spot ikan Jambal yang potensial adalah di lokasi air sungai tenang, dan memiliki banyak lekukan yang dalam.
  • Ketika telah mendapatkan spot yang bagus, lemparkan umpan ke belakang gerombolan ikan, lalu tarik perlahan. Setelah melihat pergerakan umpan, ikan akan melakukan aksinya.
  • Kamu bisa memakai teknik mancing dasaran, atau apung sekitar 10-30 cm dari dasar air.

Baca juga : Umpan Ikan Sidat

Demikianlah, ulasan singkat kali ini mengenai beberapa pilihan racikan Umpan Ikan Jambal Liar, susah makan, paling jitu dan ampuh. Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat dan menjadi referensi utama buat kita semua. Terima kasih.

Tanggal Penerbitan : 8 Juni 2020
Terakhir Diperbaharui : 23 September 2020