Umpan Ikan Jelawat

Umpan ikan jelawat
Umpan ikan jelawat

Umpan Ikan Jelawat – Salah satu jenis ikan air tawar yang harganya mahal serta memiliki daya tarikan yang kuat adalah ikan Jelawat.

Ikan ini tersebar luas di Kalimantan dan Sumatera hingga negeri-negeri tetangga. Dikarenakan kerap memberi tantangan, ikan ini jadi populer di kalangan pemancing.

Ikan Jelawat belum begitu familiar, karena merupakan spesies endemik semenanjung Malaya, Kalimantan dan Sumatera saja.

Sejatinya, habitat ikan ini adalah di sungai yang tenang dan dalam, seperti di lubuk dan dasar sungai. Yuk, simak selengkapnya mengenai Umpan Ikan Jelawat Terbaik di bawah ini.

Namun sebelum lanjut, pastikan dulu bahwa kamu sudah mempersiapkan peralatan-peralatan memancing di sungai, sehingga hanya tinggal mengetahui Umpan yang potensial saja.

Umpan Ikan Jelawat Paling Jitu

Secara umum, Ciri-Ciri ikan Jelawat tidak banyak berbeda dengan jenis ikan air tawar lainnya, berwarna perak kekuningan dengan rasa yang sangat enak. Berikut, beberapa rekomendasi umpan terbaiknya :

Ulat Daun

Umpan pertama kamu bisa memakai ulat daun, banyak jenis ulat dedaunan atau pohon yang bisa kamu gunakan. Caranya mudah, cukup kaitkan ke mata pancing dan mulailah beraksi.

Cacing

Cacing menjadi salah satu umpan ikan air tawar terfavorit. Selain mencarinya yang gampang, pemasangannya juga mudah, cukup kaitkan ke mata pancing hingga penuh, sisakan bagian ekor agar bergerak-gerak di dalam air.

Serangga

Umpan Ikan Jelawat Paling Manjur berikutnya adalah berbagai jenis serangga, salah satunya ialah jangkrik, hewan yang berisik dan banyak terdapat di sekitaran rumah kita.

Umpan Ikan Jelawat Sungai

Umpan mancing ikan jelawat
Zaldi-naziri.blogspot.com

Ikan Jelawat kabarnya lebih suka bersembunyi dan berdiam diri sembari mencari makan di dasar-dasar air. Sangat jarang ikan ini terlihat ke permukaan.

Berikut, rekomendasi Makanan Ikan Jelawat di Sungai yang jitu dan ampuh :

Kelapa Sawit Masam

Sama halnya dengan cacing, kelapa sawit juga cukup direkomendasikan. Carilah buah sawit yang agak masam, potong kecil-kecil seukuran mata pancing, lalu kaitkan dan mulailah memancing.

Buah Ara

Dikenal juga dengan nama Buah Tin, cara pemasangannya sama dengan sawit di atas, potong kecil-kecil lalu lekatkan ke mata pancing hingga penuh.

Umpan Ikan Jelawat Kolam dan Danau

Selain di sungai, ikan ini juga banyak tersebar di danau dan kolam air tawar. Namun untuk membuktikan keberadaannya memang sangat sulit, karena memang jarang tampil ke permukaan.

Berikut, beberapa Umpan Ikan Jelawat di Danau dan kolam :

Usus Ayam

Banyak juga para pemancing yang merekomendasikan umpan usus ayam ini, kamu bisa mencobanya, namun tentunya membutuhkan biaya tambahan untuk bahan persediaannya.

Ubi Masam

Masih sama dengan buah sawit dan buah Ara, pemakaian ubi sebagai umpan cukup dipotong-potong berukuran kecil, kemudian langsung saja kaitkan ke mata pancing kamu dan mulai beraksi.

Tips Mancing Ikan Jelawat

Setelah mengetahui apa saja Umpan yang direkomendasikan di atas, perlu juga kiranya bagi kamu untuk mengetahui apa saja Tips dan trik ketika berburu ikan ini.

Salah satu yang terpenting adalah, ketika memancing ikan ini, jangan lupa memakai pemberat agar umpan langsung sampai ke bawah, sebagai habitat ikan Jelawat ini.

Selain itu, usahakan pula untuk memakai rumbai-rumbai pada mata pancing, sehingga ikan akan menjadi lebih tertarik dengan umpan yang kita gunakan.

Baca Juga : Umpan Ikan Tembakang

Demikian, ulasan singkat kali ini mengenai Umpan Ikan Jelawat Paling Jitu dan ampuh yang bisa kamu coba. Silakan bereksperimen dan semoga beruntung. Terima kasih.

Join the discussion

Memancing.info