Umpan Ikan Keting

2 min read

Umpan ikan keting

Umpan Ikan Keting / Lundu – ikan keting merupakan satu dari sekian banyak jenis ikan air tawar yang hidup di perairan Indonesia, serta Asia Tenggara. Ikan ini tidak bersisik yang sangat mirip dengan ikan Sembilang dan baung.

Berbagai daerah penyebarannya ikan ini memiliki nama yang sangat banyak, diantaranya keting, kating, ndaringan, sengat, senggiringan, ririgi, kelibere dan lain-lain. Berikut, informasi mengenai Umpan Mancing Ikan Keting sungai paling jitu dan ampuh, oleh Memancing.info.

Ciri-ciri ikan Keting diantaranya berbadan kecil hingga sedang, tidak bersisik, berwarna putih kemerah-merahan, berkumis, punya 3 duri yakni di samping kiri-kanan kepala dan bagian atas. Makanan ikan Keting cukup banyak, karena tergolong Omnivora.

Sedangkan untuk Habitat ikan Keting ini, kamu bisa dengan mudah menemukannya di sungai keruh maupun jernih, deras hingga tenang, rawa, sawah dan juga sering berhabitat di lobang-lobang bekas galian ataupun alami terbentuk oleh alam.

Umpan Ikan Keting Alami

Umpan ikan keting air keruh

Menggunakan umpan-umpan alami masih terbukti sangat ampuh ketika memancing di air tawar, salah satunya ketika berburu ikan keting. Nah, berikut beberapa umpan yang bisa kamu pakai :

Cacing Tanah

Yang pertama adalah cacing. Caranya masih seperti biasa, kamu tinggal mengaitkan seluruh bagian tubuh cacing ke mata pancing, jangan lupa sisakan sedikit bagian ekornya agar bisa bergerak-gerak di dalam air, karena hal ini mampu menarik perhatian ikan.

Selengkapnya : Jenis Cacing Umpan Mancing

Udang Air Tawar

Umpan Ikan Keting jitu selanjutnya adalah Udang Air tawar. Kamu bisa mendapatkannya di sungai, sawah ataupun membelinya secara langsung. Kaitkan umpan ke mata pancing hingga penuh, dan mulailah beraksi.

Larva

Larva yang kita pilih yakni Larva Nyamuk. Mencarinya juga sangat gampang, larva ini umumnya berkembang biak di genangan-genangan air tenang dan basah, misalnya selokan, kamar mandi luar rumah, lokasi tempat sampah dan sebagainya.

Katak Kecil

Selanjutnya yakni Katak Kecil. Cara pemasangannya juga seperti cacing di atas, pemancing hanya perlu mengaitkan langsung kecebong / anak katak berukuran kecil, kemudian mulailah beraksi.

Ikan Kecil

Berikutnya yakni ikan-ikan kecil, misalnya Wader. Memang kurang potensial dibanding beberapa di atas, karena ukuran ikan Keting juga tergolong kecil. Namun, umpan ini bisa kamu jadikan alternatif utama manakala yang lainnya sedang tidak ada.

Cacing Pisang

Sesuai dengan namanya, cacing pisang berhabitat di pohon-pohon pisang yang sudah lapuk. Ciri fisiknya berwarna merah terang, agak gemuk dan memiliki belang sepanjang tubuh.

Umpan Ikan Keting Sungai Air Keruh

Makanan ikan keting

Cara memancing ikan keting memang tergolong mudah, ketika air sedang keruh atau naik setelah hujan, maka akan lebih mudah untuk memancing ikan ini, karena biasanya mereka akan berkeliaran baik siang, maupun malam.

Ketika air keruh, maka penglihatan ikan akan sedikit terganggu. Untuk itu, pakailah umpan yang memiliki bau yang sangat amis dan pekat. Berikut, beberapa resep umpan keting air keruh yang bisa kamu coba :

Usus Ayam

Yang pertama adalah usus ayam. Caranya, potong usus ayam sekitar 20 cm, setelah itu masukkan dalam sebuah toples dan ditutup rapat, diamkan selama 3 hari. Sehingga, dia akan membusuk dan menghasilkan bau amis. Nah, setelah itu umpan bisa langsung kamu gunakan.

Tempe Busuk

Caranya masih sama dengan usus ayam di atas. Kamu bisa membeli tempe terlebih dahulu lalu lakukan langkah-langkah seperti di atas. Selain harganya yang murah, umpan ini juga sudah sangat terbukti manjur dalam berburu ikan Keting.

Cacing Laut

Sedikit berbeda dengan cacing tanah, cacing laut umumnya berwarna merah, dengan sekujur tubuh yang diselimuti bulu-bulu halus. Cacing jenis ini juga disebut dengan nama Pumpun, dan istilah-istilah berbeda di beberapa daerah tertentu.

Racikan Umpan Ikan Keting Buatan

Tips mancing ikan Keting

Saat ini, dunia pancing sedang begitu trend, terlebih karena kita tengah berada di keadaan Pandemi seperti sekarang ini. Nah, bila kamu tidak sempat keluar rumah untuk mencari / membeli umpan, racikan umpan homemade di bawah ini bisa kamu coba. Bahan-bahannya adalah sebagai berikut :

  • Mie Instan
  • Minyak Bawang Mie Instan
  • Tempe

Cara membuatnya, haluskan terlebih dahulu semua bahan, kemudian dicampur dan diaduk hingga membentuk adonan. Setelah itu, cetak motif umpan sesuai selera. Sisa adonan tadi bisa kamu simpan dalam kulkas untuk digunakan lain waktu.

Tips Mancing Ikan Keting

Sebenarnya, tidak ada teknik khusus yang harus dipahami ketika ingin berburu ikan keting. Soal umpan, kamu bisa memakai jenis umpan apa saja. Ini dikarenakan ikan keting sangat terkenal dengan kerakusannya.

Sehingga, apa saja yang ada di sekitarnya akan dimakan. Ikan ini tergolong Omnivora, sama seperti kebanyakan ikan air tawar lainnya. Kendala dalam memancing ikan keting ini ialah umpan yang kita pakai akan berpotensi dimakan oleh ikan lain.

Ikan Keting terkadang juga dianggap sebagai ikan pengganggu, terlebih ketika memancing ikan yang lain, tidak jarang pula yang didapat malah ikan ini, karena masih disebabkan oleh kerakusannya dalam memakan apapun yang terlihat.

Namun Meskipun begitu, rasanya sangat lezat dan bahkan dijadikan bahan kuliner yang mahal di berbagai daerah, meskipun memiliki duri yang tajam dan ukuran yang kecil.

Baca juga : Umpan Ikan Betok


Nah, demikianlah ulasan singkat kali ini mengenai rekomendasi Umpan Ikan Keting Sungai, liar dan susah makan. Semoga artikel di atas bisa bermanfaat dan menjadi referensi utama bagi pembaca semua. Terima kasih.

Umpan Ikan Tombro

Wiki Pebrianto
6 min read

Umpan Ikan Kakap

Wiki Pebrianto
4 min read

Umpan Ikan Sepat

Wiki Pebrianto
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *