Umpan Ikan Laut Pinggiran

Umpan Ikan Laut Pinggiran

Jenis Umpan ikan laut pinggiran tentu akan berbeda dengan jenis umpan tempat memancing lainnya seperti kolam, waduk dan lain sebagainya.

Setiap lokasi membudidayakan spesies ikan yang berbeda. Untuk itu Anda harus memilih Umpan yang tepat untuk bisa mendapatkannya. Jenis ikan laut memiliki makanan kesukaan sendiri sehingga Anda harus menyesuaikannya.

Umpan Memancing di pinggir laut bisa dibilang lebih susah dan membutuhkan keterampilan khusus, karena lokasi memancingnya lebih besar. Anda harus mengetahui lokasi mana yang menjadi sarang ikan agar bisa lebih mudah mendapatkan ikan.

Laut memiliki ukuran yang luas dan tidak semua bagian laut menjadi tempat tinggal ikan. Berikut Beberapa Jenis Umpan mancing di pinggir pantai paling jitu yang bisa kamu pakai.

Berbagai Umpan Ikan Laut Pinggiran

Sebagai pemancing Anda tentu harus mengetahui bahwa ikan sangat menyukai umpan segar. Hal tersebut merupakan pengetahuan dasar yang harus diketahui sebelum mulai memancing.

Dengan begitu kamu bisa lebih mudah untuk memilih beberapa rekomendasi umpan ikan laut pinggiran di bawah ini.

Ikan Banyar

Untuk memproses ikan banyar menjadi umpan dibutuhkan waktu yang cukup lama. Anda harus memisahkan bagian daging dengan durinya terlebih dahulu kemudian ambil bagian tengahnya saja.

Keringkan bagian tersebut selama 3 hari. Hal tersebut dilakukan agar aroma amis pada ikan semakin keluar. Potong memanjang untuk dijadikan sebagai umpan.

Gunakan satu helai potongan daging ikan banjar pada kail saja sudah cukup untuk memancing nafsu makan ikan dipinggir laut.

Udang mati

Umpan ikan laut pinggiran udang tentu sering digunakan untuk memancing karena mudah diolah. Cara membuat umpan dari udang mati sangat praktis. Anda hanya perlu memilih udang yang segar yang berwarna kemerahan.

Kemudian buang bagian kepada dan juga kepalanya. Pisahkan tubuh udang untuk dijadikan sebagai umpan.

Masukkan tubuh udang ke dalam kail pancing dan bentuk menjadi lurus dan menutupi seluruh bagian kail pancing.

Penting untuk membuat daging udang melekat erat pada kail agar ketika disantap ikan maka insangnya akan langsung menyangkut dan bisa dipancing dengan lebih mudah.

Bibit Bandeng

Ketik dipasang pada kail, bentuk bibit bandeng akan terlihat mirip dengan umpan udang hidup. Anda harus menancapkan kail pada bagian pelipis bola mata, pastikan jangan mengenai permukaan mata.

Jika bola mata tertancap kail, maka daya tahan umpan akan menurun dan tidak efektif. Anda bisa memancing dengan umpan ini di pinggiran laut sedalam 1 meter.

Kelelet

Kelelet merupakan jenis umpan ikan laut pinggiran yang mirip dengan cacing. Bentuknya yang panjang dan licin sangat cocok digunakan untuk menjadi umpan.

Bagian tubuhnya akan terasa berlendir dan juga lengket. Meskipun begitu, binatang ini tidak berbahaya dan bisa dijadikan sebagai alternatif umpan.

Keringkan kelelet sebelum digunakan. Kemudian potong menjadi bagian kecil seperti permen. Potong bagian kepalanya terlebih dahulu untuk mengeluarkan lendir.

Setelah lendir bersih, mulailah untuk memotong bagian tubuh lainnya. Tancapkan bagian yang sudah dipotong pada kail pancing yang akan digunakan.

Udang hidup

Hewan segar merupakan jenis umpan yang paling jitu untuk dijadikan sebagai umpan ikan laut pinggiran. Bau amis yang dihasilkan dari hewan segar akan membangkitkan nafsu makan ikan secara instan.

Pilihlah ukuran udang yang kecil, jangan terlalu besar atau terlalu kecil agar pas di mulut ikan. Kaitkan bagian belakang udang pada kail atau selipkan kail pada sisi ujung.

Ini merupakan cara yang penting agar udang tetap terlihat hidup dan bergerak di dalam air. Dengan umpan ini Anda bisa melakukan lemparan jauh untuk memancing. Kedalaman air yang cocok untuk jenis umpan ini adalah sekitar 1 meter.

Baca juga : Umpan Mancing Di Dermaga Laut

Umpan Ikan Laut Pinggiran Buatan (Lure)

Umpan ikan laut tepi pantai

Selain umpan alami di atas, kamu juga bisa menggunakan beberapa pilihan dari lure / umpan buatan di bawah ini. Untuk tingkat potensi tidak jauh berbeda, berikut beberapa umpan mancing ikan laut pinggiran beserta sedikit penjelasannya :

Minnow

Minnow sendiri terdapat beberapa pilihan berdasarkan bahan dasarnya, mulai dari metal, kayu hingga plastik. Umpan jenis ini sangat disukai oleh ikan-ikan predator di pinggiran laut bahkan juga air tawar.

Caranya, lemparkan umpan agak ke tengah lalu tarik secara perlahan. Penggunaan umpan ini akan lebih maksimal bila spot yang kamu buru sedang berada banyak ikan-ikan kecil yang berenang disekitarnya.

Vibration

Vibration sendiri berarti “Getaran”, umpan lure yang satu ini disebut juga dengan nama swimbaits. Penggunaannya di pinggiran laut sangat cocok ketika cuaca sedang tidak menentu atau tidak stabil.

Getaran yang ditimbulkan umpan ini akan sangat ampuh untuk menimbulkan daya tarik pada ikan, apalagi reel sambil digulung perlahan. Biasanya para ikan akan langsung menyambar umpan kamu.

Metal Jig

Umpan ikan Laut Pinggiran buatan selanjutnya bernama Metal Jig, bahan utamanya adalah logam atau timah. Untuk menambah daya tarik, biasanya para Angler akan menambah aksesoris seperti bulu binatang ataupun karet.

Karena bahan dasarnya dari benda padat, maka lemparan yang dihasilkan bisa lebih jauh dan dalam ke dasar air. Untuk menimbulkan daya tarik, gulung reel perlahan ke atas akan ikan bisa melihatnya dengan cepat.

Top Water

Yang terakhir ini bernama top Water. Untuk penggunaan umpan ini yakni di permukaan air, nantinya akan terlihat seperti ikan mati yang mengapung. Akan lebih cocok dipakai ketika di daerah tersebut banyak ikan-ikan kecil yang berenang.

Untuk menambah daya tarik, akan lebih potensial ketika penggunaannya dibuat seakan-akan umpan tersebut hidup. Dengan begitu, ikan predator akan segera melihat dan tertatik untuk menyambar.

Baca juga : Jenis Lumut Untuk Umpan Mancing

Demikian, beberapa Jenis Umpan ikan Laut Pinggiran dari bahan alami hingga buatan (lure). Semoga informasi di atas bisa bermanfaat dan menambah wawasan serta bisa menjadi referensi utama. Terima kasih.