Umpan Ikan Laut

Umpan ikan laut
Umpan ikan laut

Umpan Ikan Laut – Laut menjadi rumah terbesar dan terluas bagi ribuan jenis ikan konsumsi di seluruh dunia. Keberadaan laut sangat penting bagi umat manusia, serta menjadi ladang mata pencaharian.

Banyak sekali cara yang bisa dilakukan individu atau sekelompok orang dalam berburu ikan di laut, mulai dari menggunakan alat penangkap ikan hingga memancing seperti biasa.

Memancing di laut juga memiliki segenap perbedaan mencolok dibanding memancing di sungai, mulai dari segi peralatan, risiko, hasil tangkapan dan tentunya Umpan Ikan Laut yang digunakan.

Perbedaan mencolok juga bisa dilihat dari jenis dan ukuran ikan yang berpotensi untuk didapat. Sehingga, memerlukan peralatan yang mempuni agar alat pancing tidak mudah putus.

Namun, yang namanya ikan tetaplah ikan. Umpan Ikan Laut tidak jauh berbeda dengan umpan yang kamu pakai ketika memancing di perairan tawar pada umumnya.

Namun, di laut terdapat berbagai predator yang siap untuk menyantap umpan yang kamu suguhkan secara ganas. Berikut, beberapa rekomendasi umpan berdasarkan spot mancing di laut.

Umpan Mancing Laut Malam Hari

Umpan Mancing Laut Malam Hari
Imanprabawa.com

Ada faktor penting yang wajib diketahui jika hendak memancing di laut pada waktu malam hari, yakni memperhatikan keadaan bulan ketika itu, apakah cahayanya terang atau redup.

Ketika bulan sedang terang, kamu disarankan untuk tidak memancing, karena cahaya yang memancar ke laut akan memberi efek terang pada senar, sehingga ikan akan lari karena takut.

Untuk itu, disarankan memancing di laut ketika bukan sedang redup atau tertutup awan, misalnya di awal bulan. Nah, beberapa Umpan Ikan Laut Malam Hari adalah sebagai berikut :

Udang Putih

Umpan yang pertama adalah udang putih, berwarna putih dan berukuran lebih sedikit besar. Umpan ini sangat disukai oleh ikan-ikan laut seperti kakap, baronang, titang, belut laut, sogili laut, kerapu, ikan putih dan pari.

Usahakan udang yang dipakai masih segar dan belum membusuk. Jika kamu menggunakan joran tegek, kupas terlebih dahulu cangkang udangnya.

Cumi – Cumi

Umpan Ikan Laut di malam hari selanjutnya adalah cumi-cumi. Umpan satu ini lebih direkomendasikan untuk digunakan ketika memancing di tengah laut, atau radius lebih 10 km ke tengah.

Pakailah daging cumi-cumi yang masih segar dan utuh. Untuk pengaitan ke umpan, kaitkan umpan di sisi ujung / buntut agar dapat bergerak dinamis.

Bungkus cumi dengan rapat dengan plastik pada suhu rendah agar tidak terkena air atau es secara langsung di tempat penyimpanan.

Undur-Undur Laut

Umpan Mancing di Laut pada malam hari yang selanjutnya ialah undur-undur. Keunikan umpan ini adalah, dia berfisik terang dan sedikit bersinar, sehingga mudah terlihat oleh ikan dengan cepat.

Hewan ini mudah ditemukan di sekitaran pantai dan biasa bersembunyi di dalam pasir. Jika malas mencari, kamu juga bisa membelinya di toko umpan pemancingan terdekat.

Belut

Umpan Ikan Laut berikutnya adalah belut, juga cocok dipakai ketika menargetkan ikan-ikan predator di tengah laut. Potong daging belut sebesar sesuai keinginan kemudian kaitkan ke mata pancing.

Ikan Lajang

Saya kurang tahu apa nama asli dari ikan ini, yang saya tahu cuma ikan lajang namanya. Ikan ini cocok dipakai ketika kamu menargetkan ikan kakap, terutama kakap merah. Potong daging ikan sesuai keinginan dan mulailah beraksi.

Ikan Bojor

Umpan Mancing Di Laut malam hari berikutnya yakni Ikan Bojor, cocok dipakai ketika menargetkan buruan ikan Pari. Selain itu, ikan ini terkenal dengan kuliner Kuah Asem yang maknyus.

Ikan-Ikan Lainnya

Selain beberapa umpan di atas, umpan lainnya dari bahan ikan diantaranya adalah ikan Kembung, Tongkol, Belanak, Bloso-Bloso laut dan Mujair Empang.

Umpan Tiruan

Selain umpan hidup, kamu juga bisa menggunakan umpan tiruan (casting), diantaranya adalah Metal Jig, Lure Vibration, Lure Top Water dan Lure Minnow.

Umpan Ikan Laut Pinggiran

Umpan ikan laut pinggiran
Bukalapak.com

Tidak semua orang memiliki mental yang cukup untuk berburu ikan ke tengah laut, ada yang mabuk laut, atau phobia akan kedalaman dan kegelapan laut.

Namun tidak usah khawatir, kamu masih bisa memancing di pinggiran laut yang di mana jenis ikan-ikannya juga banyak dan lezat. Berikut, beberapa Umpan Ikan Laut di pinggiran yang bisa kamu coba.

Jika menggunakan umpan hidup, kamu bisa memakai ikan Banyar, udang mati, bibit ikan bandeng, udang hidup hingga kelelet. Kamu bebas mau memilih mana yang disukai.

Sedangkan untuk Umpan Buatan untuk Mancing laut, kamu bisa menggunakan lure jenis Minnow, Vibration, Metal Jig hingga jenis top Water.

Umpan Mancing Dasaran Di Laut

Ikan predator laut memang lebih banyak berada di dasar laut. Setiap pemancing pasti menentukan berapa kedalaman yang ditetapkan untuk memancing.

Mulai dari yang dangkal, 30 meter, 50 meter, 120 meter dan sebagainya. Ikan yang biasa ditarget diantaranya ikan Kerapu, Kakap, Kampur dan ikan lainnya.

Untuk Umpan Ikan Laut teknik dasaran, kamu bisa memakai jenis umpan hidup seperti cumi-cumi, daging ikan kembung, tongkol hingga udang.

Untuk teknik mancing, kamu bisa memakai teknik casting, jigging, popping dan surfishing. Mancing dasaran di tengah laut memang memiliki sensasi tersendiri.

Umpan Mancing Di Dermaga Laut

Umpan Mancing Di Dermaga Laut
Lucuketawangakak.blogspot.com

Dermaga adalah tempat berlangsungnya kegiatan bongkar muat barang dan naik turunnya orang atau penumpang dari dan ke atas kapal. Selain itu, juga dijadikan tempat bersantai.

Bagi seorang Angler, dermaga menjadi spot mancing yang seru. Selain bisa menikmati keindahan laut, juga bisa menjadi tempat menyalurkan hobi.

Nah, sebelum berangkat ke dermaga, kamu perlu mengetahui beberapa Umpan Ikan Laut di dermaga yang direkomendasikan para Angler dari berbagai kalangan.

Untuk umpan hidup, kamu bisa memakai udang, kelelet, ikan benyer hingga nener. Selain beberapa jenis umpan hidup ini, juga bisa memakai umpan buatan.

Diantaranya adalah Jig, Spoon, Minnow, Flies, Spinner, Kucir, Popper dan Froggy. Kedalaman sekitar dermaga laut bisa kamu pilih di spot yang disukai.

Baca Juga : Umpan Jitu Untuk Semua Ikan

Umpan Mancing Laut Karang

Kita memang tak harus memancing hingga ke tengah laut sana. Di lokasi laut karang kadang juga terdapat ukuran ikan yang jumbo dan berharga mahal.

Namun pastinya, memancing di sekitaran laut berkarang memang agak susah dan akan menemui berbagai kendala, salah satunya rentan tersangkut di karang-karang.

Ikan favorit bagi para Angler ketika memancing di laut karang adalah kerapu. Selain banyaknya kalangan yang mengonsumsi ikan ini, harganya juga cukup mahal.

Umpan Ikan Laut karang yang biasa dipakai adalah cumi-cumi segar, udang hingga ikan belanak yang kecil sampai yang dewasa.

Selain itu, juga bisa menggunakan umpan lure (buatan) sejenis lure Minnow yang tipe Floating. Umpan ini mudah mengapung sehingga sulit tersangkut di karang, apalagi airnya yang agak dangkal.

Baca Juga : Membuat Senar Pancing Menjadi Kuat

Cara Membuat Umpan Tiruan Untuk Mancing Di Laut

Cara Membuat lure Untuk Mancing
Youtube.com

Sejatinya, ada dua jenis umpan yang diakui secara umum, yakni umpan hidup dan tiruan. Dengan umpan hidup, kamu hanya bisa menggunakan sekali.

Sedangkan umpan tiruan, kamu bisa memakainya berkali-kali. Untuk itu, jika kamu berminat membuatnya, ikuti langkah-langkah dan tutorial di bawah ini.

Pertama, siapkan bahan-bahan sebagai berikut :

  • Kayu
  • Lem Epoxy
  • Kawat anti karat
  • Timah pemberat
  • Cutter
  • Amplas
  • Cat

Cara membuat Umpan Ikan Laut tiruan adalah sebagai berikut :

  • Pertama, buatlah pola pada kayu menggunakan cutter sesuai model yang diinginkan, misalnya model ikan.
  • Setelah pola terbentuk, amplas kayu tersebut hingga halus. Ini akan mempermudah dalam pengecatan.
  • Setelah selesai diamplas, belah bagian tengah pola dari atas hingga bawah, sebagai tempat memasukkan kawat lubang.
  • Setelah itu, sayat bagian badan untuk memasukkan timah pemberat.
  • Nah, setelah kawat dan timah pemberat dimasukkan, satukan kembali belahan tadi menggunakan lem epoxy. Lalu amplas bagian bekas lem hingga lembut.
  • Setelah semua langkah di atas selesai, lakukan pengecatan dengan warna yang diinginkan. Usahakan kombinasi cat bisa menghasilkan bentuk ikan yang benar-benar sungguhan, keringkan, dan mulailah beraksi.

Baca Juga : Cara Memasang Umpan

Demikianlah, ulasan singkat kali ini mengenai beberapa jenis Umpan Ikan Laut di berbagai spot. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan selamat memancing.

Join the discussion

Memancing.info