Umpan Ikan Mahseer

Umpan ikan Mahseer

Umpan Ikan Mahseer – Salah satu jenis ikan air tawar paling dicari untuk dikonsumsi adalah ikan Mahseer (latin: Tor putitora). Di Indonesia, ikan ini sangat populer dan memiliki banyak sekali nama, diantaranya kancra (Sunda), tåmbrå (Jawa), sapan (Kalimantan), ihan batak atau curong (bahasa Toba), dan “semah atau jurung”.

Bagi kamu yang berminat berburu ikan ini, salah satu hal yang harus kamu ketahui terlebih dahulu adalah apa saja Umpan Mancing Ikan Mahseer ini. Nah, untuk itu, di sini telah saya ulas berbagai pilihan racikan yang patut untuk kamu coba. Silakan simak sampai selesai dan semoga bermanfaat.

Ciri-Ciri Ikan Mahseer

Sebelum mengetahui apa saja Racikan Umpan Ikan Mahseer ini, ketahui terlebih dahulu apa saja ciri-cirinya. Ikan Mahseer umumnya hidup di perairan deras, memiliki ukuran maksimal sepanjang 1 meter, namun hasil tangkapan yang umum tak lebih dari 50 cm saja.

Bentuk Ikan Mahseer secara keseluruhan sangat mirip dengan Tawes, hanya saja Mahseer memiliki ukuran sisik yang lebih besar juga mulut yang besar. Bagian perut hingga ke ekornya agak melengkung ke atas, bagi saya ini menjadi ciri utama yang membedakan dia dengan ikan Tawes.

Umpan Ikan Mahseer Paling Bagus

Umpan ikan Mahseer paling jitu
Michaelrisdianto.blogspot.com

Mahseer merupakan ikan yang banyak diminati, rasa dagingnya yang gurih pasti memikat selera orang banyak. Bahkan, di beberapa daerah dijadikan menu santapan utama di rumah makan, restoran hingga rumah sendiri. Berikut, Umpan Ikan Mahseer Paling Jitu :

Umbi-Umbian

Banyak sekali para pemancing air tawar yang mengatakan bahwa Umbi-umbian cukup ampuh dalam memancing ikan Mahseer. Umbi-umbian terlebih dahulu di rebus dulu. Namun, saya sendiri belum pernah memakai umpan ini karena baru tahu juga. Jika kamu penasaran, bisa mencoba memakai umpan ini.

Jagung

Umpan Mahseer berikutnya adalah berbahan dasar jagung. Caranya, campurkan jagung yang sudah ditumbuk dengan sedikit pelet dan telor bebek, diamkan hingga merekat dan silakan beraksi. Untuk racikan umpan ini, saya sendiri juga belum pernah memakainya.

Selain melalui racikan di atas, kamu juga bisa menggunakan jagung saja, tapi direbus terlebih dahulu lalu ambil dagingnya, kemudian langsung kaitkan ke mata pancing.

Kelapa Sawit

Berikutnya dari buah kelapa sawit yang masak. Caranya ada dua. Pertama, kamu bisa mengukusnya terlebih dahulu, dan bisa juga mengirisnya kecil-kecil dan langsung mengaitkan ke mata pancing. Selain Mahseer, ikan air tawar lain juga tertarik dengan umpan ini.

Umpan Ikan Semah Yang Ampuh

Nama lain dari Ikan Mahseer adalah Semak. Ikan ini sebenarnya tergolong omnivora atau pemakan segalanya. Sehingga, sangat gampang untuk menemukan Umpan Ikan Mahseer dari bahan sederhana, hingga racikan yang mahal. Berikut, beberapa Umpan Ikan Jurung / Semah Yang Ampuh :

Belalang

Yang pertama adalah belalang. Hewan ini sangat mudah ditemukan baik di sekitaran rumah, pemukiman, Padang rumput, semak belukar hingga di sekitar area mancing itu sendiri. Caranya, cukup kaitkan langsung ke mata pancing hingga terisi penuh, kemudian mulailah memancing.

Ulat

Sebenarnya, banyak sekali jenis ulat yang bisa digunakan untuk berburu ikan, dan tak lain salah satunya sebagai Umpan Jitu Ikan Mahseer. Namun untuk jenis ikan ini, yang sangat direkomendasikan adalah jenis ulat dari pembusukan batang aren.

Berbagai Jenis Serangga

Berikutnya adalah berbagai jenis serangga-serangga kecil, contohnya adalah :

  • Jangkrik
  • Laron
  • Semut rang-rang
  • Orong-Orong
  • Capung
  • Laba-laba
  • Kupu-kupu
  • Dll

Cukup gampang untuk menemukan hewan-hewan di atas. Namun kendalanya, hampir semua jenis ikan air tawar menyukai umpan-umpan di atas. Untuk itu, perlu kiranya mencari spot ikan Mahseer terlebih dahulu, yang terdapat kumpulan atau lokasi gerombolannya.

Umpan Ikan Mahseer Alami

Racikan umpan alami ikan mahseer
Facebook.com

Banyak yang berpendapat bahwa, spot terbaik untuk memancing ikan Mahseer adalah di lokasi di mana menjadi pertemuan air tenang dan deras, atau tepat di tengah pusaran air yang ada di lubuk sungai. Nah, kamu bisa memakai beberapa Umpan Alami Ikan Mahseer di bawah ini :

Cacing Tanah

Tidak ada yang meragukan lagi bahwa Cacing Tanah menjadi salah satu umpan paling jitu ketika memancing di air tawar, bahkan hampir semua jenis ikan di sana menyukainya. Caranya, langsung kaitkan cacing ke mata pancing, sisakan sedikit bagian ekornya agar bisa menarik perhatian ikan karena pergerakannya.

Lumut

Selain cacing, Umpan Ikan Mahseer terbaik adalah Lumut. Ada banyak Jenis Lumut Umpan Mancing yang bisa kamu pakai, mulai dari lumut jaring, lumut batu, merah, tambah dan lainnya. Lilitkan lumut ke mata pancing hingga di rasa tidak akan terlepas, lalu mulailah memancing.

Kersen

Kersen merupakan jenis buah-buahan berbentuk bulat, berwarna merah cerah kekuningan dan cukup mahal harganya. Dalam bahasa Jawa, buah ini dikenal dengan nama Talok. Untuk pemasangannya saya belum tahu, apakah langsung dikaitkan atau diracik dahulu. Kamu bisa mencari infonya di YouTube atau grup-grup media sosial.

Umpan Tiruan Ikan Mahseer

Selain menggunakan umpan berupa makhluk hidup di atas, kamu juga bisa memakai umpan tiruan atau casting untuk mancing ikan Mahseer. Jenis lure yang bisa kamu pakai diantaranya popper, swimmer, WTD, minnow dan spinner.

Selain daftar lure di atas, Umpan Ikan Mahseer dari bahan casting yang terbaik dan dipercaya paling ampuh ialah yang berbentuk bulu ayam. Kamu bisa membentuknya dari cetakan plastik atau membelinya di toko perlengkapan memancing.

Mancing Mahseer Menggunakan Umpan Kepiting

Yang terakhir yakni menggunakan umpan kepiting air tawar. Caranya sangat gampang, cukup kaitkan langsung tubuh bagian belakang kepiting ke mata pancing, gunakan teknik dasaran menggunakan pemberat. Umpan ini sangat cocok untuk menaklukkan ikan Mahseer yang berukuran besar atau babon.

Baca Juga : Umpan Ikan Betutu

Teknik Mancing Ikan Mahseer

Cara mancing ikan mahseer
Youtube.com

Setelah mengetahui Sederat umpan di atas, sekarang mari simak apa saja tips, trik dan Cara Mancing ikan Mahseer yang harus diperhatikan, agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal :

  • Carilah spot yang menghubungkan antara perairan deras dan tenang, atau berada tepat di pusaran air yang ada di tengah lubuk
  • Gunakan joran yang panjangnya 1.5-3 m, dengan menggunakan spinning.
  • Pakailah ukuran mata kail 4,0-8,0 cm, yang biasa dipakai untuk memancing ikan Mahseer.
  • Jika memancing di perairan deras, pakailah timah pemberat yang cukup kuat agar tidak terhanyut oleh arus air.
  • Pakai juga crane swipel, agar senar tidak mudah kusut dan keriting.
  • Gunakan tali tambahan untuk mengaitkan umpan yang bersifat ringan atau mudah hanyut. Misalnya benang untuk mengikat umpan berupa jagung dan kulit kelapa sawit.
  • Jika belum mendapatkan ikan, periksa umpan setidaknya setiap 15 menit sekali. Jika telah lepas dari kail, maka berikan umpan yang baru.
  • Ikan mahseer menyukai air yang memiliki arus mengalir deras, atau bisa juga di antara bebatuan. Maka, tempatkan umpan Anda tepat di spot-spot tersebut.
  • Untuk menarik perhatian ikan mahseer, sesekali taburkan umpan ke permukaan air agar ikan mahseer tertarik dan muncul ke permukaan.
  • Gunakan umpan yang memiliki warna cerah, misalnya jagung, ulat pohon aren, dan belalang.
  • Jika ingin hasil yang maksimal, gunakan perangsang aroma tambahan pada umpan

Demikian, ulasan singkat kali ini mengenai Racikan Umpan Ikan Mahseer Paling jitu, ampuh dan terbukti bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat dan menjadi referensi utama. Selamat Memancing.