Umpan Ikan Mujair

Umpan ikan mujair

Umpan Ikan Mujair – Sudah menjadi rahasia umum, bahwa mujaer adalah salah satu ikan tawar yang di primadonakan oleh pemancing mania. Meskipun tidak memiliki penampilan fisik istimewa, namun dagingnya mempunyai rasa sangat lezat.

Jadi, tidak mengherankan kalau mujaer banyak diburu. Untuk menangkap ikan ini di habitat aslinya, kamu membutuhkan Umpan Mancing ikan mujaer yang jitu, agar hasil yang didapat juga makin maksimal.

Di era ini, kamu bisa dengan mudah menemukan makanan ikan mujair, pakan alami atau buatan di toko ikan. Namun sudah pasti mengharuskan kamu mengeluarkan uang lumayan.

Apalagi kalau akan digunakan sebagai umpan ikan mujair di sungai, atau rawa. Namun, ada beberapa cara untuk membuat pakan ampuh supaya bisa panen ikan ini, dari Memancing.info. Tentunya modal yang dibutuhkan juga lebih sedikit.

Umpan Ikan Mujair Cotton Bud

Kedengarannya sangat aneh, bukan? Tapi faktanya, sudah banyak pemancing yang merasa puas ketika menggunakan cotton bud atau korek kuping sebagai umpan.

Selain murah, tentunya cara ini juga sangat praktis untuk diaplikasikan. Di bawah ini adalah bahan yang dibutuhkan :

  • Cotton bud
  • Beras kecil
  • Rakitan kail (10 kali)

Cara merakitnya juga mudah, tinggal potong batang cotton bud menjadi bagian-bagian yang kecil (75 mm). Setelah itu, masukkan ke kail, dan penuhi seluruh kail.

Sebagai catatan tambahan, sebaiknya taburkan beras kecil terlebih dahulu untuk memancing mujaer. Kemudian, barulah masukkan kail ke dalam air.

Umpan Ikan Mujair Tambak

Umpan ikan mujair

Bagi kamu yang berencana memancing mujaer di tambak. Resep di bawah ini bisa menjadi alternatif solusinya. Bahan-bahan yang dibutuhkan, antara lain :

  • 500 gram pelet ikan
  • 1 butir kuning telur (ayam)
  • 4 sendok teh gula pasir
  • 2 sendok teh garam
  • Kroto
  • Air secukupnya

Untuk membuat umpan ikan mujaer tambak, hal pertama yang harus dilakukan adalah memasukkan palet dalam wadah.

Kemudian tuang sedikit demi sedikit air, dan remas sampai pelet jadi kenyal. Selanjutnya, masukkan kuning telur, kroto, garam, dan gula, lalu aduk sampai rata. Kalau adonan sudah kalis, tinggal bentuk jadi bulatan kecil sebesar kail pancing.

Racikan Umpan Ikan Mujair Di Empang

Jika berencana memancing di empang pada siang ataupun malam hari, maka pakan homemade gratisan ini bisa menjadi solusinya. Bahan yang harus disiapkan adalah :

  • Vanili bubuk secukupnya
  • Lumut

Supaya menjadi pakan yang ampuh, maka lumut dan vanili harus dimasukkan ke dalam satu wadah. Kemudian campur merata hingga menjadi adonan.

Setelah itu, bentuk menjadi bulatan berukuran kecil, dan pakan siap untuk dipakai memancing.

Umpan Ikan Mujair Liar

Berniat memancing mujaer liar di kolam berair keruh tapi takut tidak berhasil? Jangan khawatir, karena ada beberapa cara membuat umpan yang ampuh.

Pastinya kemungkinan besar akan berhasil membuat mujaer keluar dari persembunyiannya. Di bawah ini adalah bahan yang diperlukan :

  • Garam
  • Lumut

Langkah pertama membuatnya adalah dengan memasukkan lumut di wadah yang telah disediakan. Setelahnya, tuangkan garam secara perlahan, lalu campurkan sampai rata.

Jika teksturnya sudah cukup mengeras, bentuk menjadi umpan dalam bentuk sesuai yang kamu inginkan.

Umpan Ikan Mujair Babon

Racikan umpan ikan mujair

Mujaer babon memang dikenal sulit dipancing, untuk mendapatkannya diperlukan umpan ampuh. Dengan begitu, maka hasil pancingan bisa menjadi lebih maksimal.

Di bawah ini adalah resep bahan untuk membuat umpan ikan mujaer babon :

  • 250 gram tepung maizena
  • 250 gram tepung ketan
  • Vanili bubuk
  • Lumut secukupnya

Cara membuatnya bisa dikatakan sangat mudah, cukup campurkan semua bahan yang telah disebutkan, lalu masukkan di sebuah wadah.

Aduk sampai merata, kemudian kukus adonan selama 10 menit di atas api sedang. Setelahnya, dinginkan adonan, lalu bentuk jadi bulatan kecil seperti size mata pancing.

Umpan Ikan Mujair Yang Susah Makan

Pasti kamu tidak menyangka kalau mie instan ini juga disukai oleh mujaer yang sudah makan, bukan? Tapi faktanya, sudah banyak yang membuktikan bagaimana keampuhan dari umpan pancing satu ini.

Untuk membuatnya, maka dibutuhkan bahan-bahan seperti berikut :

  • 1 bungkus mie instan
  • 1 butir kuning telur (ayam/ bebek)
  • Air panas secukupnya

Pertama-tama, tumbuk mie instan sampai halus, kemudian masukkan telur hingga rata. Tuang air panas perlahan sedikit demi sedikit, dan aduk bahan sampai menjadi adonan yang bertekstur kenyal. Terakhir, adonan tersebut dibentuk sebesar ukuran mata pancing.

Umpan Ikan Mujair Danau

Sebagaimana ikan lainnya, mujaer di danau juga sangat menyukai umpan cacing, apalagi jenis cacing merah. Tapi, supaya umpan ini berhasil, maka ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, diantaranya adalah :

  • Usahakan supaya cacing dikaitkan di mata pancing mulai dari ekor. Hal ini dilakukan supaya bagian kepala yang bergerak mampu menarik perhatian mujaer.
  • Apabila kepala cacing sudah habis tak bersisa, maka bisa menambahkan seekor cacing yang baru lagi.

Umpan Ikan Mujair Air Payau

Umpan ikan mujair paling jitu

Umpan ikan mujaer yang selanjutnya adalah ulat buah belimbing, untuk habitat air payau. Jadi, kalau kebetulan kamu mempunyai tanaman belimbing, maka bisa memanfaatkan momen ini.

Buah yang busuk biasanya dihuni oleh kawanan ulat dalam jumlah cukup banyak. Untuk mempermudah mencari ulat, bisa langsung memotong belimbing menjadi beberapa bagian.

Umpan Ikan Mujair Sederhana

Musim hujan memang menyebalkan untuk sebagian orang. Tapi tidak bagi para pemancing mania ikan mujaer. Pasalnya, laron bisa menjadi umpan ampuh untuk bisa menangkap ikan satu ini.

Di bawah ini akan dijelaskan detail cara menggunakan laron untuk memancing mujaer yang sederhana sekali :

  • Tangkap laron memakai piring lebar yang telah dilumuri minyak sebelumnya
  • Ambil dan simpan laron yang menempel dalam wadah tertutup sepeti toples
  • Apabila hendak memancing, maka kamu tinggal mengaitkannya di kail
  • Usahakan supaya seluruh mata pancing tertutup dengan tubuh laron

Umpan Ikan Mujair Alami

Lumut dapat dengan mudah ditemukan di berbagai tempat lembab, khususnya area persawahan. Tumbuhan yang terkenal dengan tekstur licinnya ini ternyata sangat digemari oleh mujaer.

Jadi, recomended sekali apabila digunakan sebagai umpan memancing. Di bawah ini adalah cara menggunakan lumut sebagai umpan alami :

  • Cari lumut segar berwarna hijau gelap (supaya tampak menarik, dapat dicampur essen, atau vanili)
  • Simpan lumut di wadah yang sudah diisi air
  • Apabila teksturnya terlalu lembek, maka bisa menambahkan garam
  • Pasang lumut di mata kail saat memancing

Umpan Ikan Mujair Murah Meriah

Umpan mancing ikan mujair

Kamu sudah tahu ulat beras, bukan? Ulat ini biasanya muncul pada beras yang telah disimpan terlalu lama, atau busuk. Dalam beras yang menggumpal ulat akan berkumpul disana.

Untuk menggunakan ulat ini sebagai umpan ikan mujaer, caranya sangat gampang. Kamu tinggal mengaitkannya di mata pancing.

Umpan Mancing Mujair Yang Jitu

Sepertinya ulat memang makanan favorit ikan mujaer. Bukan hanya ulat belimbing, namun ulat dari buah lain juga disukai oleh ikan satu ini.

Jadi, kalau kebetulan di rumah kamu ada buah yang busuk, maka jangan langsung dibuang. Potong buah menjadi beberapa bagian, dan lihat apa isinya. Karena umumnya ulat berada di dalam daging buah yang membusuk.

Umpan Mujair Pakai Kroto

Membuat racikan umpan dari campuran bahan kroto atau anak semut juga bisa menjadi solusi memancing mujaer terbaik. Di bawah ini adalah bahan yang harus kamu siapkan :

  • 500 gram pelet ikan
  • Kroto
  • 1 butir kuning telur (ayam)
  • Vanili
  • 4 sendok teh gula
  • 2 sendok teh garam
  • Air

Semua bahan tersebut dimasukkan dalam satu wadah. Kemudian diuleni hingga menjadi adonan yang kalis. Setelahnya, bentuk sesuai dengan selera kamu, yang penting mirip umpan ikan.

Untuk menggunakannya, kamu tinggal mengaitkan di mata pancing. Kalau baunya kurang menyengat, bisa menambahkan essen secukupnya.

Umpan Udang Air Tawar

Umpan nila susah makan

Karena mujaer hidup di air tawar, maka udang yang digunakan juga harus dari air tawar. Supaya aroma udang terasa lebih kuat, maka bisa direndam terlebih dahulu dengan pelet udang ataupun essen.

Kalau perlu, kamu juga harus mengupas kulitnya. Dengan begitu, maka ikan mujaer bisa dengan mudah mengenali bau dari umpan yang dilemparkan.

Resep Umpan Mujair Pakai Belalang

Belalang liar juga termasuk salah satu umpan alami untuk ikan mujaer. Bagi sebagian orang, menangkap belalang mungkin bukan sebuah perkara yang mudah.

Namun, jika memiliki budget lebih, kamu bisa membeli di orang yang menjualnya. Saat ini ada banyak sekali yang menjajakan belalang, baik dalam keadaan hidup, maupun sudah siap konsumsi.

Umpan Jitu Mujair Pakai Roti

Roti adalah salah satu umpan ikan mujaer yang banyak direkomendasikan oleh para suhu mancing mania. Cara membuatnya cukup gampang, kamu tinggal menghaluskan roti, kemudian tambahkan air.

Setelahnya, aduk sampai jadi adonan yang kenyal. Supaya aroma roti semakin kuat, maka bisa memasukkan essen dalam umpan ini.

Racikan Umpan Mujair Dengan Usus Ayam

Rahasia umpan mujair terbaik

Bukan hanya disukai oleh manusia, usus ayam juga disukai oleh kawanan ikan mujaer. Namun sebelum dapat digunakan sebagai pakan, usus harus difermentasi dalam wadah tertutup sekitar 3-5 hari terlebih dahulu.

Tentunya, proses ini membutuhkan waktu lumayan lama. Selain itu, aroma usus yang busuk juga menjadi sangat menyengat.

Namun hal tersebutlah yang membuat umpan ini memiliki nilai plus-plus. Apalagi, mujaer dikenal sebagai ikan yang suka dengan bau menyengat. Tapi kalau kamu tidak tahan terhadap baunya, bisa mencari alternatif solusi umpan lain.

Umpan Ikan Mujair Pakai Pelet & Susu

Meracik umpan dari pelet dan susu tidak begitu sulit. Namun, pertama-tama kamu harus menyediakan bahan dasar di bawah ini :

  • Pelet ikan secukupnya
  • Essen secukupnya
  • 250 gram milk powder

Untuk membuatnya, masukkan pelet ke wadah sembari tuangkan air panas perlahan. Aduk adonan sampai pulen, kemudian tambahkan essen, dan susu.

Campur seluruh bahan sampai rata, lalu bentuk jadi bulatan kecil seukuran mata pancing. Sekarang, umpan sudah bisa digunakan memancing.

Umpan Mujair Homemade

Ingin membuat umpan ikan mujaer rumahan tapi masih belum tahu caranya? Kamu bisa meracik umpan dari campuran beberapa bahan di bawah ini :

  • Lumut segar
  • Vanili
  • Tepung maizena
  • Tepung ketan

Semua bahan di atas dicampur di sebuah wadah, kemudian diuleni sampai jadi adonan. Setelahnya, kukus dalam panci selama kurang lebih 5 menit.

Kalau sudah dingin, adonan dibentuk jadi bulatan seperti umpan pada umumnya. Untuk penggunaannya, maka kamu tinggal memasangnya di kail. Mudah sekali, bukan?

Umpan Ikan Mujair Dengan Kelapa Sawit

Gambar ikan nila

Karena menggunakan bahan baku biji dari buah kelapa sawit. Sepertinya umpan ini dikhususkan untuk kamu yang tinggal di pulau Kalimantan, dan Sumatera saja.

Karena kelapa sawit hanya tumbuh disana. Untuk membuat umpan bandulan, bahan-bahan yang dibutuhkan adalah :

  • Biji kelapa sawit
  • Parutan kelapa
  • Pelet
  • Dedak pulut
  • Air rebusan daun pandan
  • Essen
  • Air secukupnya

Untuk meraciknya, maka biji sawit harus disangrai dan dihaluskan terlebih dahulu. Kemudian semua bahan kecuali essen dicampur, dan aduk sampai rata.

Setelah itu, biarkan selama 24 jam. Essen baru dipakai saat umpan akan digunakan. Dengan bahan yang cukup kompleks, umpan ini efektif digunakan di perairan yang keruh.

Umpan Ikan Mujair Pakai Jangkrik

Selanjutnya ada jangkrik, binatang yang selalu mengeluarkan suara nyaring saat hari menjelang malam ini juga umpan ikan air tawar terbaik.

Hanya saja, untuk mendapatkannya dibutuhkan perjuangan ekstra. Terlebih karena jangkrik hidup di bawah tanah. Kamu harus menggali tanah yang terdapat lubang jangkrik untuk menemukan hewan ini.

Cara memancing menggunakan umpan ikan mujaer jangkrik sangatlah mudah. Tinggal kaitkan tubuh jangkrik di mata pancing, dan umpan sudah siap dilemparkan ke air.

Jika ingin aroma yang lebih kuat, maka tinggal melumuri tubuh jangkrik dengan essen yang berbau amis. Dijamin umpan kamu laris manis dilahap oleh mujaer.

Baca Juga : Umpan Ikan Patin

Umpan Mujair Dengan Ulat Bambu

Ulat bambu sudah banyak dijual di berbagai toko. Hewan melata ini hidup di dalam batang bambu, dan memang terkenal sebagai umpan pancing yang galak.

Tidak ada ikan air tawar yang tidak suka ulat bambu, begitu pula dengan mujaer. Selain membeli, kamu juga bisa mencari ulat ini di rumpun pepohonan bambu. Meskipun susah, tapi yang penting gratis.

Umpan Mujair Pakai Capung

Ikan nila paling besar

Capung juga tidak kalah ampuhnya saat dijadikan umpan untuk memancing mujaer. Untuk mendapatkannya, kamu harus mencarinya secara langsung.

Karena umpan alami ini tidak dijual di toko manapun. Kalau ukurannya lebih besar dibandingkan kail, maka bisa memotong capung jadi beberapa bagian kecik. Setelah itu, kaitkan di mata pancing.

Umpan Memancing Mujair Alami Dengan Kupu-Kupu

Mungkin tidak banyak yang akan menjadikan hewan indah ini sebagai umpan memancing. Namun untuk menambah pengetahuan saja, mujaer sangat suka makan kupu-kupu. Tentunya bukan bagian sayap, hanya tubuhnya saja.

Tips Mancing Ikan Mujair

Untuk mendapatkan hasil pancingan yang memuaskan, ada beberapa teknik yang bisa kamu aplikasikan, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Mengetahui Kebiasaan Makan Mujaer
  • Mujaer adalah tipe omnivora (pemakan segala), jadi pastikan mempersiapkan umpan yang tepat. Selain itu, ikan ini juga termasuk diurnal (aktif pada siang hari), karenanya perhatikan waktu memancing.
  • Memilih Lokasi yang Tepat
  • Perlu diketahui, bahwa mujaer tidak dapat hidup dan berkembangbiak dimana saja. Habitat asli ikan ini adalah di air tawar, meskipun tidak mustahil menemukan mujaer di air payau. Oleh sebab itu, jika ingin memancing di habitat aslinya, sebaiknya pergi ke sungai, rawa-rawa, atau tambak.
  • Pemilihan Waktu yang Tepat
  • Waktu memancing mujaer yang paling disarankan adalah pada siang hari. Sebab pada jam tersebut mujaer aktif beraktivitas mencari makanan.
  • Melempar Pancing dengan Tepat
  • Ikan mujaer hidup secara berkelompok, dan menyukai kawasan perairan dalam. Jadi, pastikan melempar mata kail ke bagian tengah sungai, rawa, atau kolam. Khususnya di area yang banyak ditumbuhi tumbuhan.

Baca juga : Umpan Ikan Tawes

Karena termasuk dalam golongan omnivora, maka ada begitu banyak pilihan umpan ikan mujaer yang dapat dijadikan pertimbangan. Setiap umpan yang digunakan memiliki kelebihannya sendiri.

Jadi, pastikan juga tempat dimana kamu akan memancing. Misalnya saja jika ingin memancing di rawa, disarankan memakai umpan alami, dan bukan pelet.

Selain itu, kamu juga dianjurkan untuk melakukan uji coba terlebih dahulu, karena bisa saja umpan yang disarankan sesuai lokasinya di atas, tidak sepenuhnya manjur.

Nah, demikianlah ulasan singkat kali ini mengenai Racikan Umpan Ikan Mujair Paling Jitu, terbaik dan paling direkomendasikan oleh dan untuk semua pemancing. Semoga bisa bermanfaat dan terima kasih.

Tanggal Penerbitan : 31 Mei 2020
Terakhir Diperbaharui : 5 September 2020