Umpan Ikan Nila

8 min read

Umpan ikan nila

Saya rasa, hampir semua orang yang suka mancing di air tawar, pasti pasti mengenal ikan nila. Namun, tidak semuanya udah tahu Apa saja resep umpan ikan nila liar susah makan, paling ampuh dan jitu. Bahkan, sejak zaman nenek moyang.

Jika kamu memang benar-benar belum tahu, namun sangat menyukai ikan ini, jangan khawatir. Karena saya akan mengulasnya secara lengkap dalam artikel ini, dengan tema Umpan mancing ikan nila babon, di kolam, sungai dan lainnya.

Tips memancing ikan nila sebenarnya hampir sama dengan yang diterapkan pada ikan lain di air tawar. Hanya saja, ada jenis ikan nila liar yang konon sangat susah untuk dipancing, apalagi jika kamu beraksi pada malam hari.

Sehingga, kamu membutuhkan pelet ataupun umpan jitu ikan nila untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Ditambah pula, kemampuan dan pengalaman dalam berbagai hal seperti mencari spot yang bagus, jenis kail, joran, dan sebagainya.

Umpan Ikan Nila Liar Susah Makan

Umpan ikan nila

Sebenarnya, ikan Nila termasuk Omnivora, yakni hewan yang memakan segalanya di dalam air. Namun faktanya, tidak jarang pula para pemancing dibuat kesal karena tak kunjung mendapat hasil, seakan-akan ikan Nila sedang mogok makan.

Nah, untuk mengantisipasi hal ini, ada beberapa Cara mancing Nila Liar yang sudah makan, yang harus kamu perhatikan dan lakukan, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Jika airnya jernih, buat menjadi sedikit keruh. Pasalnya, habitat ikan nila memang suka dengan air yang keruh.
  • Sangat direkomendasikan untuk memakai umpan cacing dan ulat daun pisang.
  • Sebagai alternatif, pakailah umpan lumut. Lumut dikenal menjadi makanan favorit ikan nila.
  • Gunakan joran yang mudah untuk melempar mata kail ke tempat sasaran.Tipsnya, gunakan bandul yang kecil.
  • Teknik mancing ikan nila harus diterapkan, yakni lempar umpan melewati tempat yang diprediksi menjadi kerumunan ikan nila. Usahakan umpan sampai ke dasar air, kemudian tarik perlahan.

Nah, tips-tips di atas bisa kamu coba terapkan jika menemukan spot ikan nila yang benar-benar sudah untuk dipancing. Selanjutnya, mari simak beberapa racikan umpan ikan nila yang mogok makan di bawah ini :

Lumut

Umpan jitu pertama yang bisa kamu gunakan adalah lumut. Sejak zaman dahulu hingga sekarang, lumut dipercaya sebagai umpan yang sangat ampuh untuk memancing ikan-ikan nila yang liar dan susah makan.

Namun harus diperhatikan pula bahwa, tidak semua jenis lumut bisa digunakan. Beberapa jenis yang direkomendasikan di antaranya adalah lumut kopyok, lumut jala, lumut batu, lumut bosok (mati) dan lumut merah.

Cara meraciknya juga sangat simpel, kamu hanya perlu mencampur lumut yang sudah disediakan dengan sedikit garam dan Sari pandan, kemudian diamkan sekitar 30 menit dan umpan siap untuk digunakan.

Mie Instan

Terdengar sedikit mengherankan atau kurang meyakinkan. Selain digunakan sebagai makanan, mie instan juga dipercaya menjadi salah umpan yang sangat Manjur, untuk menggoda ikan nila agar segera makan. Umpan ini menjadi alternatif utama ketika lumut tidak ada.

Cara meraciknya, redam terlebih dahulu mie instan ke dalam air panas hingga menjadi lembut, tujuannya adalah supaya mudah dililitkan ke mata pancing. Kemudian, campurkan dengan kuning telur untuk menghasilkan bau yang amis. Setelah itu, umpan siap untuk digunakan.

Biskuit

Masih terdengar mengherankan, biskuit yang merupakan roti dengan rasa sangat lezat serta memiliki gizi yang tinggi, ternyata juga sangat ampuh untuk dijadikan umpan ikan nila. Campuran nya adalah mie instan, kuning telur dan minyak goreng.

Cara meraciknya, hancurkan terlebih dahulu mie instan dan biskuit berjenis crackers hingga halus sehalus mungkin. Kemudian, campurkan kedua bahan tersebut sehingga membentuk adonan. Lalu, masukkan kuning telur tadi ke dalam adonan.

Setelah semua bersatu, baru masukkan sedikit minyak goreng. Kemudian, desain menjadi motif bulat-bulat atau berbentuk bola-bola kecil, diamkan beberapa saat dan umpan sudah bisa digunakan.

Pelet

Umpan ikan nila paling jitu berikutnya adalah pelet. Semua pemancing pasti sudah tahu dengan umpan yang satu ini, namun di sebagian daerah tidak semua habitat ikan nila tertarik dengan pelet, apalagi yang masih liar.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, campuran pelet dengan air panas dan sedikit vanili. air panas berfungsi untuk melembabkan pelet agar lebih mudah dilengketkan ke mata pancing. Sedangkan vanili berguna untuk memancing ikan nila karena bau khas yang dihasilkannya.

Cacing

Berikut ini adalah cacing. Sudah menjadi barang pasti bahwa cacing merupakan umpan umum untuk semua jenis ikan di air tawar. Namun, bagi ikan nila yang sedang mogok makan, pilihlah cacing tertentu untuk bisa mangsanya.

Carilah cacing yang berhabitat di pohon-pohon pisang yang busuk dan persawahan. Kaitkan cacing dengan mata pancing secara keseluruhan, namun sisakan sedikit ekornya di bagian ujung agar bisa bergerak, dan menarik perhatian ikan nila.

Umpan Ikan Nila Malam Hari

Racikan umpan nila

Saat ini, memancing di malam hari baik di laut, danau, kolam maupun sungai, telah menjadi trend tersendiri, terutama di kalangan pemancing pemula. Hal ini tentu memiliki penyebab yang membuat mereka betah memancing di kala gelap.

Ada beberapa hal yang menjadi keunggulan tersendiri, ketika memancing saat malam hari, salah satunya ialah selera makan ikan akan naik ketika minim cahaya matahari. Dan juga cahaya lampu kapal menjadi di tempat berkumpulnya ikan.

Hal lain yang harus diketahui adalah, umpan mancing nila di malam hari memiliki kekhususan tersendiri, yang harus diketahui agar hasilnya lebih maksimal. Apa saja itu? berikut, beberapa diantaranya :

Ulat Beras

Yang pertama adalah ulat beras. Umpan satu ini menjadi rekomendasi terbaik di kala mancing nila pada malam hari. Sesuai dengan namanya, ulat ini akan dijumpai di tempat-tempat penyimpanan beras yang sudah lama tidak terbuka. Sehingga, akan sangat sulit untuk menemukannya.

Selain itu, fisik ulat ini sangat kecil hampir seukuran dengan 1 butir beras. Warnanya pun juga agak putih kekuningan. Namun bila kamu mendapatkannya, Insya Allah hasil tangkapan mu akan Lebih memuaskan pula.

Udang

Berikutnya yakni udang, carilah udang yang berasal dari air tawar juga, artinya tidak semua jenis udang bisa digunakan. Karena umumnya berukuran kecil, maka gunakanlah mata kail yang kecil pula.

Sebenarnya, bisa langsung dikaitkan ke mata pancing, namun untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, potong-potong terlebih dahulu badan udang lalu tusukkan setiap potongannya, hingga mata kail penuh dari pangkal ke ujung.

Cacing Kristal

Rekomendasi umpan jitu ikan nila untuk malam hari selanjutnya adalah Cacing Kristal. Cacing ini berwarna coklat kemerahan, biasanya juga banyak terjual di toko perlengkapan memancing, yang dibungkus dalam plastik dan dicampur bersama serbuk sagu serta tanah.

Cacing jenis ini bisa tumbuh dari 10 hingga 15 cm, dan menjadi salah satu makanan favorit bagi ikan ikan di air tawar. Pasanglah dengan perlahan dan sisakan bagian ekornya, sebagai daya tarik bagi ikan nila ketika berada di dalam air.

Lumut Sawah

Lumut yang satu ini sangat mudah ditemukan, habitat paling umum ialah di persawahan atau rawa-rawa, warnanya hijau, lembut dan kenyal. Sebagai itu Mancing kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan nomor sawah ini.

Sebagian orang juga berpendapat, untuk hasil yang lebih maksimal, kombinasikan lumut sawah dengan campuran rasa vanila, atau bisa juga rasa kelapa pandan.

Ulat Belimbing

Berikutnya adalah ulat belimbing, ini termasuk hama bagi petani buah-buahan khususnya belimbing. Ketika buah belimbing telah membusuk, itu disebabkan oleh ulat ini, dan kamu bisa menemukannya di dalamnya.

Warnanya putih, dan umumnya memiliki ukuran sepanjang jari kelingking dewasa. kamu bisa menggunakan alat ini ketika mau mancing nila di malam hari. Kabarnya, cukup ampuh dan telah banyak juga yang membuktikannya.

Pelet BP-9

Umpan yang satu ini adalah jenis pelet siap pakai, namun jangan lupa tambahkan sedikit air sebelum melengketkannya ke mata pancing, agar lebih kenyal. Pelet BP-9 Ini juga bisa juga dijadikan pakan bom yang ditaburi di sekitar spot memancing.

Kroto

Kroto sering juga disebut anakan semut atau telur semut. Untuk mendapatkan Umpan ini, sebenarnya bisa langsung mencari sarang semut, namun tentu saja akan sangat sulit apalagi bentuknya belum berwujud. Ditambah pula, kita harus berhadapan dengan semut-semut berbahaya.

Untuk itu, Jika kamu memiliki sedikit modal, lebih bagus membelinya langsung ke toko yang menyediakan perlengkapan pancing. Upayakan untuk menggunakan produk yang masih segar, dengan kriteria baunya yang kecut.

Umpan Ikan Nila Danau

Umpan mancing ikan nila

Danau menjadi tempat tumbuh dan berkembangnya puluhan spesies ikan air tawar salah, satunya ikan Nila. Selain tempat rekreasi sana juga bisa dimanfaatkan untuk menyalurkan hobi memancing. Berikut, beberapa rekomendasi umpan mancing nila di danau :

Racikan Umpan Ikan Nila 1

Bahan :

  • Tepung Roti (1/4 kg)
  • Kembung matang kukusan (2 ekor)
  • Telur bebek (5 butir)
  • Udang Rebon kering (1 kg)
  • Vanili (5 sachet)
  • Tepung tapioka (1 kg)

Cara meracik :

  • Haluskan udang rebon terlebih dahulu, kalau bisa menggunakan blender.
  • Kukus Ikan gembung kira-kira 10 sampai 15 menit.
  • campuran tepung roti dan tepung tapioka yang telah disediakan, kemudian aduk hingga rata.
  • Setelah rata, masukkan telur bebek dan vanili secara bersamaan, kemudian aduk kembali hingga rata.
  • Lalu, udang rebon yang telah halus dan Ikan gembung yang susah dikukus dicampurkan semuanya menjadi satu.
  • Aduh semuanya menjadi rata, diamkan, dan umpan jitu Nila danau siap dipakai

Racikan Umpan Ikan Nila 2

Bahan :

  • 2 sendok teh madu
  • 1/2 gelas pelet PF-1000
  • 1 butir kuning telur
  • 1/2 gelas pelet 781-2 SP
  • Air secukupnya.

Cara meracik :

untuk racikan yang satu ini terbilang cukup mudah kamu hanya perlu mencampurkan semua bahan kemudian mengaduknya hingga lumat namun usahakan jangan terlalu encer supaya tidak mudah jatuh dari mata kail.

Setelah halus, diamkan beberapa saat, lalu buat motif adonan tersebut menjadi bulat-bulat atau seperti bola, setelah merasa sedikit kering maka umpan tersebut telah bisa digunakan.

Racikan Umpan Ikan Nila 3

Bahan :

  • Roti rasa keju 2 bungkus
  • 2 sendok teh madu
  • 1/2 gelas pelet PF-1000
  • 1 butir kuning telur
  • 1/2 gelas pelet 781-2 SP
  • Air secukupnya.

Cara meracik :

Tidak jauh berbeda dengan resep nomor 2, cara meraciknya ialah dengan mencampurkan semua bahan lalu diaduk hingga merata. Setelah itu, diamkan beberapa saat dan umpan pun telah siap untuk dipakai.

Umpan Ikan Nila Kolam

Racikan jitu umpan nila

Saat ini, kolam pemancingan menjadi salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan di berbagai daerah, baik desa maupun kota. Meskipun pangsa pasarnya khusus, namun peminatnya sangatlah banyak dan antusias.

Sehingga tidak heran di sudut kota hingga ke pelosok desa pasti tersedia kolam pemancingan dengan berbagai perbedaan baik jenis ikan an an harga tiket ukuran kolam. Ikan yang dimasukkan adalah ikan yang dibeli dan dirawat dengan baik.

Pertanyaannya, Apakah umpan ikan nila di kolam dengan yang liar adalah sama? Pertanyaan ini sering muncul ke permukaan karena faktanya memang tidak sedikit pula yang beranggapan bahwa, hal tersebut berbeda.

Nah, bagi kamu yang termasuk ke dalam golongan tersebut, di bawah ini saya rekomendasikan beberapa umpan mancing nila kolam yang telah terbukti ampuh, jitu dan manjur. Berikut, beberapa diantaranya :

Resep Umpan Nila Kolam 1

Bahan :

  • Pelet tipe P1000
  • Air hangat secukupnya.
  • Ember / bejana

Cara membuat umpan :

Persiapkan kedua bahan tersebut, silakan kamu campurkan sesuai takaran yang diinginkan lalu, aduk hingga merata. Setelah itu diamkan beberapa saat kemudian buat adonan tersebut menjadi seperti bola sebesar biji jagung, atau kelereng. Umpan pun siap untuk dipakai.

Resep Umpan Nila Kolam 2

Bahan :

  • Pelet tipe Pf1000
  • Kuning telur ayam kampung
  • Madu secukupnya
  • Ember / bejana

Cara membuat umpan :

Cara meracik umpan yang satu ini sangatlah mudah, kamu hanya perlu mencampurkan pelet, madu dan telur kuning secara bersamaan, lalu aduk hingga merata di dalam ember atau bejana. Desain adinan tersebut menjadi bulat sebesar biji kacang, terakhir siap digunakan.

Resep Umpan Nila Kolam Harian

yang ketiga kamu bisa menggunakan lumut atau pelet biasa lumut adalah salah satu umpan ikan air tawar yang sangat familiar dan umum di kalangan pemancing baik di sungai rawa danau maupun kolam.

Lumut yang paling bagus adalah lumut sawah, karena teksturnya lembut, menggumpal dan sangat disukai ikan. Sedangkan yang kedua adalah pelet, kamu bisa mendapatkannya di berbagai toko persediaan mancing atau sejenisnya.

Umpan Ikan Nila Babon

Cara mancing nila di danau

Secara sederhana, babon berarti besar atau induk. Jadi, Nila babon disebut juga sebagai kumpulan ikan nila yang ukurannya besar. Ikan ukuran seperti ini biasa ditemukan atau mudah didapatkan di kolam, ataupun secara liar di sungai dan danau.

Jika kamu tertarik ingin memancingnya, maka berapa resep racikan umpan di bawah ini akan membantu kamu. Berikut, diantaranya :

Cutton Bud

Yang pertama adalah menggunakan Cutton Bud berwarna putih. Meski terdengar aneh, namun telah banyak orang yang membuktikan bahwa menggunakan Umpan ini sangat ampuh, untuk mancing nila yang berukuran besar.

Rumput

Percaya atau tidak, rumput ternyata menjadi salah satu umpan mancing ikan nila babon. Rumput ini bisa dengan mudah kamu dapatkan, karena banyak tumbuh di sekitaran sungai yakni rumput kolonjo dan pelembem.

Kedua rumput tersebut bisa digunakan untuk umpan. Ya, memang sedikit menyarankan dan memang belum banyak juga yang tahu. Namun, nyatanya Nila babon sangat tertarik dengan runtut ini sudah lumayan banyak yang membuktikannya.

Baca Juga : Umpan Ikan Bawal

Racikan Umpan Nila Paling Jitu

Racikan 1

Bahan :

  • 1 butir kuning telur.
  • Roti rasa keju.
  • 2 sendok teh madu murni.
  • Setengah gelas pelet 781-2 SP.
  • Setengah gelas pelet PF-1000.
  • Air.

Cara meracik :

Campurkan semua bahan di atas ke dalam sebuah wadah, kemudian digiling hingga benar-benar hancur, namun jangan sampai terlalu encer. Lalu, buat adonan menjadi bulat bulat seperti bola dan terakhir umpan siap digunakan.

Racikan 2

Bahan :

  • Setengah gelas pelet 78-2 SP.
  • Setengah gelas pelet PF-1000.
  • 2 sendok teh madu murni.
  • 1 butir kuning telur ayam.
  • Air secukupnya.

Cara meracik :

Masih sama seperti cara di atas, silakan kamu campurkan semua bahan diatas sesuai kadarnya, lalu aduk hingga merata. Tapi, jangan terlalu encer, setelah didiamkan sebentar, buat menjadi bulat seperti kelereng lalu umpan telah bisa kamu pakai.

Umpan Nila Manjur Lainnya

Jenis jenis ikan air tawar

Daun Kangkung

selain bahan-bahan alami diatas kangkung menjadi salah satu sayur yang bisa dimanfaatkan untuk memancing ikan nila caranya sangat simpel kamu hanya perlu menyajikan umpan dengan mata kail.

Untuk menambah daya tarik, campuran beberapa tetes essen, karena bau yang dihasilkannya sangat bisa memancing ikan nila, sehingga tidak segan-segan untuk memangsa umpan. Kurang yakin? Silakan dicoba.

Usus Ayam

Berikutnya adalah usus ayam. Konon, umpan satu ini sangat manjur digunakan saat memancing ikan nila di habitat aslinya, yang di air tawar. Caranya cukup gampang, kamu hanya perlu menyediakan usus ayam dan air secukupnya.

Pertama, silahkan bersihkan usus ayam terlebih dahulu, kemudian rebus hingga matang, diamkan sekitar 2 hari hingga membusuk. Nah, setelah itu, umpan telah bisa kamu gunakan.

Tips Mancing Ikan Nila

Selain menggunakan umpan yang jitu, seorang pemancing juga harus mengerti tips dan trik yang akan membantu dia dalam menghasilkan tangkapan yang memuaskan. Beberapa tips yang bisa kamu terapkan adalah sebagai berikut :

  1. buatlah kondisi air menjadi sedikit keruh, karena katanya, ikan nila sangat suka dengan habitat yang keruh.
  2. sebagai piranti, gunakan joran yang tergolong mudah untuk di lempar.
  3. Tidak perlu menggunakan bandul yang besar, karena hal tersebut bisa membuat ikan terkejut dan lari ketika tali pancing menyentuh air.
  4. Setelah umpan dilempar, jangan menariknya dengan cepat, tariklah secara perlahan sehingga ikan nila bisa melihat, dan menjadi tergoda karena goyangan tempat tersebut.
  5. Jika kamu telah menemukan kumpulan atau kawanan target ikan, lemparlah umpanmu melewati gerombolan tersebut, kemudian ditarik secara perlahan.
  6. Jika ingin memancing ikan nila liar maka pergilah ketika sore hingga menjelang matahari terbenam.

Baca juga : Umpan Ikan Sepat

Demikianlah, ulasan lengkap kali ini mengenai rekomendasi pilihan terbaik Umpan Ikan Nila mogok makan, paling jitu, termanjur beserta racikan umpan dan tips mancing ikan nila. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi utama. Terima kasih.

Tanggal Penerbitan : 15 Mei 2020
Terakhir Diperbaharui : 20 Juli 2020

Umpan Ikan Jambal

Wiki Pebrianto
2 min read

Umpan Ikan Sembilang

Wiki Pebrianto
2 min read

Umpan Ikan Nilem

Wiki Pebrianto
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *