Umpan Ikan Pari

Umpan Ikan Pari – Ikan pari merupakan spesies hewan laut yang banyak disukai oleh orang-orang karena memang mempunyai kandungan gizi bagus.

Sayangnya, berburu ikan pari ini tidaklah mudah karena membutuhkan yang tepat. Umpan mancing pari yang tepat bisa membuat Kamu mudah mendapatkannya.

Pari sendiri adalah jenis ikan yang hidup di laut sehingga Kamu perlu Umpan yang tepat untuk bisa memancing ikan satu ini.

Ya, mengingat laut adalah tempat yang sangat luas, berbeda dengan sungai, sehingga pemilihan umpan bisa dibilang cukup berpengaruh untuk mendapatkan ikan pari.

Umpan Ikan Pari

Pari adalah jenis ikan yang sulit sekali untuk dipancing karena karakternya begitu gesit dan cenderung menyulitkan pemancing.

Pemilihan umpan yang tepat sangat dibutuhkan agar bisa mendapatkan ikan laut satu ini.

Nah, mengingat ikan pari adalah jenis yang cukup sulit untuk dipancing, Kamu bisa gunakan beberapa jenis umpan ikan pari di bawah ini, ya!

Beberapa umpan yang disebutkan di sini adalah makanan yang sangat disukai oleh ikan pari.

Dengan menggunakan teknik dan cara mancing ikan pari yang tepat dan makanan yang disukai direkomendasikan, maka Kamu tidak perlu khawatir akan kesulitan mendapatkan hewan laut satu ini :

Udang

Ikan pari begitu menyukai udang dan hampir semua spesies ikan yang hidup di laut memang menyukai udang.

Nah, jenis udang yang bisa Kamu pilih untuk dijadikan umpan sendiri ada dua yakni udang putih atau bisa juga udang paname.

Nah, untuk udang putih sendiri bagus untuk digunakan jika Kamu memancing ikan pari saat  malam hari karena akan ada sinar yang keluar dari matanya sehingga membuat ikan pari tertarik untuk mendekatinya.

Jenis udang putih sendiri juga lincah ketika di dalam air jadi cocok sekali dijadikan umpan untuk memancing ikan pari yang sangat aktif.

Meski udang putih harganya terbilang cukup mahal, yakni sekitar Rp.1000 – Rp.2000 per ekornya, namun umpan ini sangat efektif.

Selain udang putih, Kamu juga bisa lho menggunakan udang paname. Nah, untuk harga dari udang paname sendiri jauh lebih murah apabila dibandingkan dengan udang peci.

Biasanya udang  paname dijual dalam ukuran satuan atau bisa juga perkilo.

Sotong

Sotong atau  ikan nus adalah sejenis cumi-cumi, salah satu Umpan ikan pari paling jitu dan direkomendasikan.

Umpan satu ini bagus sekali untuk menarik ikan pari. Kalau Kamu hendak menggunakan sotong sebagai umpan, maka Kamu harus mencari yang sekiranya masih segar.

Hindari memiliki sotong yang hendak busuk karena hal itu berpotensi untuk membuat ikan pari menghindari kail Kamu.

Nah, agar sotong tetap segar dan bagus untuk dijadikan umpan, maka setelah Kamu membelinya, segera simpan ke dalam baluran kertas koran.

Satu bungkusan kertas koran harus diisi dengan 3-5 sotong saja, tidak boleh lebih.

Baru setelah itu masukkan bungkusan sotong ke dalam es batu dan Kamu bisa menggunakannya sebagai umpan saat memancing di laut.

Gurita

Umpan mancing ikan pari
Hobbi-mancing.blogspot.com

Gurita adalah hewan yang hampir menyerupai cumi-cumi, namun memiliki tentakel dan tubuhnya juga memiliki tinta.

Gurita sendiri masuk ke dalam spesies hewan invertebrata. Berat dari satu gurita bisa mencapai hingga 3 kg.

Kalau Kamu ingin menjadikan gurita sebagai umpan, maka pastikan bahwa gurita masih dalam keadaan segar.

Kamu bisa mengenali karakteristik gurita yang tidak segar dari tubuhnya, apakah mengeluarkan lendir atau tidak, apakah warnanya kusam atau masih cerah dan cium juga untuk meyakinkan bahwa gurita yang hendak Kamu pilih ini masih segar atau tidak.

Jika sudah yakin bahwa gurita tersebut segar, maka barulah Kamu bisa menjadikannya umpan.

Nah, karena bentuk gurita ini besar, maka Kamu bisa memotong-motongnya terlebih dahulu menjadi bagian kecil sehingga mudah dipasang sebagai umpan.

Baca Juga : Umpan Ikan Cendro

Ikan Belanak

Selain menggunakan udang atau gurita, Kamu juga bisa memakai Umpan Ikan Pari dengan menggunakan ikan kecil-kecil, salah satunya adalah belanak.

Ikan belanak ini mempunyai bentuk tubuh yang panjang namun agak gepeng. Ikan ini mempunyai sirip di bagian punggung.

Sekilas jika diperhatikan memang ikan belanak ini memang mirip dengan bandeng, namun sebenarnya kedua jenis ikan ini berbeda secara spesies.

Nah, buat Kamu yang ingin menjadikan ikan belanak sebagai umpan, maka cobalah untuk memilih yang masih sekiranya masih segar.

Selain segar, Kamu juga harus mencari ukuran ikan belanak yang kecil. Ingat, ikan belanak di sini hendak Kamu jadikan umpan, bukan untuk dimakan sehingga Kamu harus mencari ukuran yang kecil untuk bisa dikaitkan ke kail.

Ikan Gelama

Ikan kecil lainnya selain belanak yang cocok untuk Kamu jadikan umpan adalah gelama atau gulama.

Banyak pemancing yang menggunakan ikan gelama sebagai umpan untuk bisa memikat pari.

Gelama adalah jenis ikan kecil yang habitatnya adalah laut. Ikan ini banyak ditemukan di bagian muara laut atau kawasan dasar.

Carilah ikan gelama yang masih segar untuk menjadi alternatif umpan mancing ikan pari.

Kamu bisa membeli ikan gelama di toko-toko umpan atau bisa juga pasar. Ikan gelama dijual dalam hitungan per kilogram.

Baca Juga : Umpan Ikan Bojor

Demikianlah, ulasan singkat kali ini mengenai beberapa Jenis Umpan Ikan Paru yang ampuh dan direkomendasikan. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Reply