Umpan Ikan Sembilang

Umpan ikan Sembilang

Bagi kamu yang hobi memancing, pastinya sudah tidak asing lagi dengan ikan yang satu ini, yakni ikan Sembilang. Tapi, apakah kamu sudah tahu apa saja racikan umpan ikan Sembilang paling jitu dan ampuh, serta sangat direkomendasikan? Saya telah mengulasnya di bawah ini.

Ciri-ciri Ikan Sembilang secara keseluruhan sangat mirip dengan Lele, dia memiliki kumis, yang membedakannya hanyalah dia punya sirip di punggung, ekor dan bagian anus. Umpan Mancing Ikan Sembilang juga cukup banyak karena tergolong Omnivora.

Habitat Ikan Sembilang bisa kamu temukan di air tawar dan perairan laut dangkal. Namun sayangnya, ikan ini memiliki racun yang tergolong berbahaya. Jenis Ikan Sembilang juga terbagi dua, yakni Sembilang Lubang dan Batu.

Nah, bagi kamu yang tertarik memburunya, tentu harus mengetahui terlebih dahulu apa saja Makanan Ikan Sembilang yang nantinya akan dijadikan Umpan Mancing, agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Silakan simak ulasan ini sampai selesai dan, Check this out…

Umpan Ikan Sembilang Paling Bagus

Tips mancing ikan sembilang

Setiap ikan baik yang berhabitat di air tawar maupun asin, akan memiliki kategori umpan tersendiri yang sangat disukai. Dengan memakai umpan ini, maka potensi hasil yang didapat akan lebih besar.

Udang menjadi salah satu hewan yang sering dimangsa oleh bangsa ikan. Carilah udang segar, kamu bisa memburunya sendiri atau membelinya di pasar. Kemudian kaitkan langsung ke mata pancing kamu dan segeralah beraksi.

Halangan menggunakan umpan udang adalah, umpan sering cepat habis karena disambar oleh ikan-ikan kecil. Untuk itu, ketahui terlebih dahulu di mana spot yang lebih potensial. Karena, ikan Sembilang hidup berkelompok dan tinggal di lokasi-lokasi berlumpur.

Umpan Ikan Sembilang Muara

Berbeda dengan udang hidup, udang kupas ini sudah mati, dia memiliki cangkang yang cukup keras dengan garis-garis berwarna merah. Pada malam hari, kepalanya akan terlihat menyala berwarna biru kehijauan. Umpan ini cocok untuk memancing di muara.

Perhatikan, cangkangnya harus dilepas dulu. Karena cangkangnya yang keras, sehingga dagingnya cukup awet dan cocok digunakan ketika memancing dasaran air atau lemparan umpan yang jauh.

Umpan Ikan Sembilang Pantai

Rekomendasi Umpan Sembilang yang kedua yakni Cacing Laut. Cacing jenis ini mudah kamu jumpai di bibir-bibir pantai, terlebih ketika pasang surut. Warna cacing ini umumnya merah, dan memiliki bulu-bulu halus di sekujur tubuhnya.

Namun masih sama seperti umpan udang di atas, cacing laut juga banyak diminati oleh spesies ikan-ikan yang lain. Untuk itu, persiapkan umpan dalam jumlah yang cukup besar, agar nantinya tidak kesusahan untuk mencarinya lagi.

Umpan Sembilang Yang Terbaik

Berikutnya yakni Kepiting, yang harus kamu pakai ialah Kepiting Soka, karena memiliki cangkang yang lembut, sehingga memudahkan kita ketika memasangnya ke mata pancing. Namun cukup sulit mendapatkannya, dan harganya juga tergolong mahal.

Umpan Mancing Ikan Sembilang Paling Jitu Lainnya

Selain umpan yang disebutkan di atas, kamu juga bisa memakai beberapa umpan di bawah ini, diantaranya adalah :

  • Cacing Kelelet
  • Kerang Putih
  • Ikan Busuk
  • Ulat
  • Keong Mas
  • Potongan Daging Ikan
  • Ikan-Ikan Kecil
  • Berbagai Umpan Racikan
Baca Juga : Umpan Ikan Nilem

Tips Mancing Ikan Sembilang

Umpan mancing ikan Sembilang

Setelah mengetahui apa saja umpan ikan Sembilang di muara dan laut di atas, baiknya ketahui juga apa saja teknik dan tips yang harus diketahui, diantaranya habitat, alat yang digunakan serta waktu yang paling tepat.

1. Mengetahui Habitat Ikan Sembilang

Umumnya, ikan Sembilang lebih banyak berpopulasi di muara, pesisir pantai, juga di perairan tawar yang mayoritas keruh. Mereka hidup secara berkelompok dalam jumlah banyak pada habitat aslinya.

Sehingga, bila kamu berhasil memancing 2 atau 3 ekor ikan Sembilang dalam waktu yang berdekatan, kemungkinan kamu sudah menemukan rombongannya, dan Insya Allah hasil yang bisa kamu peroleh juga akan maksimal.

2. Alat Mancing Ikan Sembilang

Alat pemancingan yang bisa kamu gunakan ada dua macam, yang pertama bambu dan kedua adalah rell atau joran tegeg. Usahakan ukuran joran agak panjang, agar bisa menjangkau spot yang jauh ke tengah.

Saya merekomendasikan kepada kamu untuk menggunakan joran tegeg, karena sangat cocok digunakan pada spot yang berbatu-batu, sebabnya ikan ini suka di lokasi yang deras, keruh dan berbatu.

Untuk mata kailnya, kamu bisa menggunakan jenis atau merek Carbon, karena dikenal lebih kuat. Sedangkan untuk senarnya, silakan sesuaikan dengan jenis senar yang kamu sukai.

3. Waktu Yang Tepat Mancing Ikan Sembilang

Selain jenis umpan ikan sembilang, Alat untuk memancing, dan pemahaman mengenai habitatya, kamu juga harus mengetahui kapan saja waktu yang paling tepat untuk memancing ikan Sembilang, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Sebenarnya kamu bisa memancingnya kapan saja, baik pagi, siang maupun malam hari. Karena ikan ini bukan Nokturnal ataupun hanya aktif di siang hari saja.
  • Sangat direkomendasikan untuk memancing ikan Sembilang ketika hujan reda, karena air muara akan naik dan sedikit keruh.
  • Ketika air laut akan surut atau pasang.
Baca Juga : Umpan Ikan Jambal

Nah, demikianlah ulasan kali ini mengenai rekomendasi racikan Umpan Ikan Sembilang, tips memancing, alat yang digunakan, serta waktu yang tepat untuk berburu ikan sembilang. Semoga, artikel diatas bisa bermanfaat dan menjadi referensi utama. Terima kasih.

Tanggal Penerbitan : 7 Juni 2020
Terakhir Diperbaharui : 20 September 2020