Umpan Ikan Sepat

4 min read

Umpan ikan sepat

Kamu suka memancing? Pastinya kamu sudah mengenal beberapa jenis ikan air tawar, termasuk salah satunya ialah Sepat. Nah pada artikel ini, admin telah menguraikan daftar Racikan Umpan Ikan Sepat Biasa, siam dan rawa, baik secara alami maupun dibikin sendiri.

Sebagai pengenalan, umpan pertama adalah lumut. Nah, tentunya kamu juga akan mendapatkan informasi mengenai cara membuat umpan ikan sepat dari lumut dalam artikel ini. Untuk itu, simak sampai selesai dan semoga bisa bermanfaat.

Bila kamu familiar dengan ikan ini, atau sering melihatnya, maka ketika ingin memancingnya, kamu harus mengetahui dulu apa saja Umpan Mancing ikan sepat paling jitu dan manjur. Karena, tentunya bisa membuahkan hasil yang lebih maksimal lagi.

Ikan sepat adalah salah satu jenis ikan air tawar yang umum di kalangan masyarakat kita, serta dijadikan olahan kuliner yang terkenal, meskipun bernilai lokal. Namun ada juga Jenis Ikan Sepat atau variannya yang dijadikan hiasan dalam Aquarium di rumah.

Habitat ikan Sepat paling mudah ditemukan ialah di rawa-rawa, sungai, sawah dan perairan tawar berlumpur lainnya. Beberapa jenis atau nama yang dikenal adalah Sepat sawah, Jawa, biru, sepat ronggeng dan Sapek.

Ciri-ciri Ikan Sepat diantaranya adalah berbadan pipih, moncongnya runcing serta mulutnya yang kecil. Ikan ini memiliki sirip yang letaknya jauh di belakang punggung, juga memiliki variasi ukuran, tergantung habitat, makanan dan pemangsa.

Umpan Ikan Sepat Biasa

Racikan umpan ikan sepat

Nah, setelah mengetahui jenis dan karakteristik di atas, sekarang kita masuk ke pembahasan inti mengenai Rekomendasi Umpan Ikan Sepat Sawah dan habitat lain, serta beberapa racikan umpan yang bisa kamu terapkan di rumah sebelum mulai memancing. Check this out…

Cacing Tanah

Yang pertama adalah cacing tanah, ini sudah menjadi umpan umum di kalangan para pemancing, terutama ikan ikan di air tawar. Cukup kaitkan cacing dengan mata pancing seperti umumnya, dan sisakan bagian ekornya di ujung sedikit saja.

Yang menimbulkan daya tarik dari cacing tanah ini ialah bau anyir atau amis yang dihasilkannya. Berhubung mulut ikan sepat yang kecil, maka usahakan mencari cacing yang berukuran kecil, dengan mata pancing yang kecil nb pula.

Kroto

Yang kedua yakni kroto atau telur semut. Habitat Sepat yang sama dengan ikan nila maupun bawal, membuat makanan mereka jika hampir sama. Kroto merupakan telur semut yang bisa Kamu beli di toko persediaan memancing, dengan harga yang terjangkau.

Makanan yang juga cocok untuk burung kicauan ini harus disesuaikan dengan keadaan, dalam artian, pilihlah yang masih terlihat mulus dan segar, misalnya terlihat belum ada tanda bahwa semut yang ingin menetas.

Daging Ayam

Tidak jauh berbeda dengan cacing tanah, umpan ikan sepat rawa dari daging ayam ini juga menghasilkan bau amis yang kuat, sehingga diprediksi cukup efektif untuk memancing ikan sepat, agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Semakin segar daging tersebut, maka peluang akan semakin besar pula. Sebelum memulai, iris terlebih dahulu daging ayam itu dalam ukuran yang kecil, perkirakan agar tidak melebihi besarnya moncong ikan sepat.

Cacing Darah

Cacing darah adalah salah satu makanan ikan hias yang populer. Umumnya, orang yang memelihara ikan hias di akuarium rumahnya, pasti memiliki persediaan stok cacing darah. Ternyata, makanan satu ini juga bisa dijadikan umpan memancing ikan sepat yang jitu.

Mie Instan

Selanjutnya ialah mie instan, terserah mau merek mie apa saja. Caranya sangat gampang, kamu hanya perlu merebusnya terlebih dahulu, namun jangan terlalu matang. Tujuan perebusan ini hanya untuk membuat mie menjadi mengembang dan sedikit lunak.

Jika terlalu matang, maka mie akan mwnjadi lunak sehingga mudah terlepas dari mata pancing. Ya, peluang menggunakan Umpan ini memang tidak sebesar jika kamu memakai umpan yang telah disebutkan di atasnya. Namun, juga cukup menarik untuk dicoba.

Cara Membuat Umpan Ikan Sepat dari Lumut

Berikutnya adalah lumut, carilah lumut yang berhabitat di parit, rawa atau sawah yang terdapat di air-air yang mengalir. air yang mengalir akan membuat garam lumut menjadi lebih lembut dan halus, sehingga lebih efektif untuk digunakan memancing.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, racik terlebih dahulu lumut dengan campuran penyedap rasa sapi, campur dan aduk sampai rata. Setelah itu, umpan ikan sepat siam telah siap dipakai.

Baca Juga : Umpan Ikan Kakap

Umpan Ikan Sepat Sungai

Laron

Selanjutnya adalah Laron. Hewan berjenis serangga yang peka terhadap cahaya ini bisa dengan mudah kamu temukan, ketika musim hujan. Caranya, cukup kumpulkan beberapa ekor Laron, lalu lepaskan sayapnya dan tusukkan ke mata kail hingga penuh.

Ulat Bambu

Ulat bambu merupakan umpan ikan Sepat sawah, siam maupun yang biasa. Selain itu, juga bisa dijadikan umpan manjur untuk ikan nila dan bawal. Sesuai dengan namanya, kamu bisa menemukannya di pepohonan bambu.

Mengingat mulut ikan sepat yang kecil, maka potong-potonglah terlebih dahulu badan ulat bambu, perkirakan sebesar moncongnya. Setelah itu, kaitkan ke mata pancingmu dan segera beraksi.

Lemak Ayam

selain dagingnya, lemak ayam juga digunakan orang-orang untuk memancing ikan sepat. Caranya pun terbilang cukup gampang, silakan iris lemak ayam menjadi ukuran yang kecil, lalu kamu sudah bisa menggunakannya untuk memancing.

Udang

Udang yang digunakan adalah udang air tawar. Kamu bisa mendapatkannya di parit, rawa-rawa, sawah maupun anak-anak sungai. Masih sama seperti cara di atas, jika dirasa terlalu kebesaran, potong menjadi beberapa bagian terlebih dahulu.

Umpan Ikan Sepat Rawa

Cere

Cere atau Kecere ini juga rekomendasi umpan sepat yang manjur. Kamu bisa menemukannya di sekitar kandang ayam, sapi maupun kambing. Bentuknya serupa kecoa dan berwarna hitam. Meski tergolong cara kuno, namun sampai sekarang masih terkesan ampuh.

Ulat Belimbing

Berikutnya yakni Ulat Belimbing. Sesuai dengan namanya kamu bisa menemukannya pada buah belimbing yang sudah membusuk. Hewan ini termasuk hama bagi petani, dan termasuk larva dari lalat buah.

Lipan

Umpan ikan sepat selanjutnya ialah lipan atau kelabang. Hewan berbisa ini ternyata juga cukup ampuh untuk berbagai ikan air tawar. Untuk habitatnya, kamu bisa mendapatkannya di sekitaran rumah atau tempat tempat yang basah.

Baca Juga : Umpan Ikan Nila

Pilihan Umpan Ikan Sepat Siam Paling Jitu

Umpan mancing ikan sepat

Sejatinya, habitat ikan di air tawar tersebut memiliki jenis umpan yang dari rata-rata hampir sama, begitu pula deretan umpan yang saya tuliskan di atas, yang sebagian besarnya juga disukai oleh ikan nila, lele, bawal, gabus, dan lain-lain.

Jadi, tidak heran jika ketika kamu berniat memancing ikan sepat, namun yang menangkap umpan adalah ikan yang lain. Nah, berikut adalah beberapa rekomendasi umpan mancing ikan sepat lainnya dan juga bisa kamu coba :

  • Jambu
  • Sukun
  • Udang Jerbung
  • Kerupuk
  • Gandum
  • Roti Tawar
  • Cacing Kandang
  • Cacing Rambut
  • Berbagai ramuan Pelet
  • Anak Tawon Madu.

Tips dan Cara Mancing Ikan Sepat Susah Makan

Selain menyediakan pilihan umpan-umpan di atas, setidaknya kamu juga mengetahui apa saja teknik maupun rupa mancing sepat siam, rawa hingga biasa agar hasil tidak mengecewakan. Berikut beberapa tipsnya :

  • Ketika sampai ke lokasi pemancingan, misalnya di sungai, semkan dulu berkeliling sejenak untuk mencari spot yang potensial
  • Sebenarnya tidak terlalu sulit, karena ikan sepat sering mengambil oksigen ke permukaan, sehingga spotnya mudah ketauan
  • Untuk alat pancing, sebaiknya gunakan joran tegek saja, ini dikarenakan rombongan ikan sepat biasanya berkumpul di tepian atau pinggir sungai
  • Gunakan diameter senar yang kecil, ini menyesuaikan dengan ukuran ikan sepat yang mayoritas juga kecil
  • Gunakan mata kail yang kecil pula, soalnya bila ikan sepat memakan umpan, tidak mudah lepas karena langsung bisa ditelannya
  • Pilih pelampung yang kecil, supaya ketika umpan dimakan, pelampung langsung bergerak
  • Gunakan timah / pemberat yang kecil, intinya bisa menyesuaikan dengan ukuran pelampung, umumnya yang bermotif daun
  • Lempar kail ke tengah spot, lalu tunggu pergerakan pada pelampung
  • Nah, usahakan pelampung berdiri, jangan telentang. Karena bila telentang, artinya umpan terlalu dalam atau sampai ke dasar, ini tidak bagus ya
  • Ketika pelampung terlihat tenggelam karena kontak dengan ikan, segera angkat dan tarik secara mengejut.

Baca juga : Umpan Ikan Tombro

Demikianlah, kumpulan rekomendasi Umpan Ikan Sepat siam, rawa, di sungai, parit, sawah, dan lain-lain. Silakan kreasikan racikanmu sebaik mungkin dan dapatkan hasil yang maksimal. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat dan baca juga artikel yang lainnya yaa.. Terima kasih.

Tanggal Penerbitan : 16 Mei 2020
Terakhir Diperbaharui : 21 Juli 2020

Umpan Ikan Jambal

Wiki Pebrianto
2 min read

Umpan Ikan Sembilang

Wiki Pebrianto
2 min read

Umpan Ikan Nilem

Wiki Pebrianto
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *