Umpan Ikan Sidat

Umpan Ikan Sidat

Umpan Ikan Sidat – Sifat merupakan jenis ikan air tawar, namun ada juga yang berhabitat di laut. Ikan ini berbeda dengan jenis yang lainnya dalam satu habitat yang sama. Dia memiliki tubuh memanjang dan ramping.

Sederhananya, ikan sidat sangat mirip dengan belut, namun memiliki beberapa perbedaan yang signifikan. Ikan ini tergolong karnivora, yakni pemakan daging yang suka memangsa hewan-hewan kecil di air.

Nah, bagi kamu yang berminat untuk memburu ikan ini, ketahui terlebih dahulu apa saja Racikan Umpan Mancing Ikan Sidat di Sungai dan laut, yang sudah dirangkum oleh Memancing.info di bawah ini.

Habitat Ikan Sidat

Ikan Sidat berhabitat di air tawar dan laut. Termasuk salah satu jenis hewan yang unik, karena mampu beradaptasi dengan dua karakteristik air yang berbeda, yakni tawar dan asin.

Jika di air tawar, sarang ikan Sidat secara umum adalah di lobang-lobang tepian sungai dan aliran air sawah. Keadaan air di sekitaran lobang biasanya tidak beraturan, begitu pula dengan posisi lobang yang menjadi sarangnya.

Karena tergolong karnivora, makanan / Umpan Ikan Sidat adalah hewan-hewan kecil seperti cacing, jangkrik, ulat bambu, udang dan ikan-ikan kecil.

Meski banyak yang geli ketika melihat dan menyentuhnya, nyatanya manfaat ikan Sidat sangat banyak, terutama menjadi sumber protein yang besar, sehingga dijadikan ikan konsumsi yang sangat populer di dunia.

Selain itu, rasanya juga enak dan gurih. Tidak hewan bila resep pengolahan ikan sidat kadang dibandrol dengan harga yang sangat mahal tiap porsinya.

Ciri-Ciri Ikan Sidat

Sebelum mengetahui apa saja Umpan Sidat paling ampuh dan jitu, ketahui dahulu beberapa Ciri-cirinya. Karakteristik ikan sidat diantaranya memiliki bentuk kepala seperti bulat telur.

Tubuhnya panjang, bahkan ada yang sampai 80 cm. Memiliki sepasang mata kecil, terdapat sirip di bagian bawah kiri dan kanan kepala, yang dianggap sebagai telinga.

Sedangkan bagian punggung dari tengah ke belakang, terdapat sirip memanjang dan lurus mengikuti panjang badan, hingga ke ekor. Sisiknya sangat unik, membentuk anyaman dari bambu.

Nah, setelah mengetahui karakteristik dan habitatnya di atas, simak ulasan di bawah ini mengenai Umpan Ikan Sidat yang bisa kamu pilih, ketika hendak berburu ikan ini. Check this out…

Umpan Ikan Sidat Di Sungai

Umpan ikan sidat sungai

Berbeda dengan jenis ikan air tawar yang lain, ikan sidat memang tergolong sangat jarang terlihat, terlebih lagi naik ke permukaan. Berikut adalah beberapa rekomendasi umpan Sidat di sungai paling jitu yang bisa kamu coba :

Ulat Bambu

Ulat bambu merupakan Larva ulat yang hidup di di pohon-pohon bambu, kamu akan sering melihat ulat ini menggulung daun bambu untuk menyelimuti tubuhnya. Kaitkan umpan ini secara langsung ke mata pancing, dan mulailah beraksi.

Udang

Carilah udang air tawar yang masih segar, kalau bisa masih hidup. Kamu bisa langsung mengaitkan udang ke mata pancing, kemudian dekatkan tali kail mu ke moncong lobang jika terlihat. Umpan ini sangat ampuh dan telah banyak yang membuktikan.

Anak Katak

Anak katak / katak kecil biasanya digunakan pemancing sebagai umpan ikan sidat besar yang ukurannya jumbo, sehingga ukuran anak katak yang sebesar kelereng pun bisa dilahap. Kamu bisa mencoba Umpan ini, ingat ya, bukan kecebong, tapi katak yang berukuran kecil.

Laron

Rekomendasi umpan selanjutnya ialah laron. Kamu bisa dengan mudah mendapatkannya ketika musim hujan di sekitaran lampu atau sumber cahaya. Kaitkan beberapa ekor laron hingga mata pancing penuh, kemudian kamu bisa langsung memancing.

Umpan Ikan Sidat Di Laut

Tips mancing ikan sidat

Salah satu hal yang unik dari ikan sidat adalah, meskipun mereka kebanyakan hidup di air tawar, namun mayoritas dari mereka berkembang biak di laut. Jika kamu ingin memancing ikan ini di laut lepas, berikut beberapa umpan yang bisa kamu pakai :

Usus Ayam

Cara meracik Umpan ini adalah, potonglah usus ayam sekitar 10 cm, kemudian masukkan ke dalam toples, tutup serapat mungkin, lalu diamkan selama 3 hari. Setelah itu, dia akan mengeluarkan bau yang sangat busuk dan menyengat, kamu bisa menggunakannya langsung.

Uret / Ulat Tanah

Uret belut merupakan Larva atau ulat berwarna putih, yang berhabitat di tanah / tempat sampah dengan bahan organik yang banyak. Umpan Uret yang satu ini bisa kamu gunakan langsung, dengan mengaitkannya ke mata pancing secara penuh.

Daging Belut

Umpan ikan sidat susah makan selanjutnya ialah daging belut. Carilah seekor belut yang kecil, kemudian potong sekitar 3 atau 4 cm, lalu diamkan selama minimal 3 hari di dalam sebuah wadah yang tertutup rapat. Setelah bau busuk dan amisnya tercium, maka kamu sudah bisa menggunakannya.

Baca Juga : Umpan Ikan Jambal

Umpan Ikan Sidat Paling Jitu

Makanan ikan sidat

Selain umpan di atas, kamu juga bisa menggunakan beberapa rekomendasi umpan di bawah ini ketika hendak berburu ikan Sidat. Umpan alami hingga saat ini nyatanya masih sangat efektif dalam berburu ikan apapun.

Cacing

Setiap pemancing pasti pernah menggunakan cacing sebagi umpan. Caranya sangat simpel, kamu hanya perlu mengkaitkan seluruh badan cacing ke mata pancing, sisakan sedikit bagian ekornya agar bisa bergerak di dalam air, dan mampu menarik perhatian ikan sidat.

Jangkrik

Tidak jauh berbeda dengan cacing, hewan bersuara bising dan berhabitat di dalam tanah ini juga cukup efektif. Kamu bisa mendapatkannya di sekitaran rumah, atau pembelinya langsung di toko perlengkapan pemancingan serta pakan burung kicau.

Umpan ikan Sidat Paling Ampuh

Di bawah ini adalah beberapa Umpan Sidat Liar yang sudah makan, kamu bisa mencoba ikan-ikan kecil ataupun daging bekicot :

Ikan Kecil

Ikan sidat termasuk karnivora atau pemakan daging. Sehingga, hampir semua hewan-hewan kecil dalam air menjadi bangsa favoritnya dan salah satunya ialah ikan-ikan kecil, contohnya adalah ikan Wader. Pakailah umpan ini sebagai alternatif utama.

Daging Bekicot

Meski terkesan menjijikkan, namun tidak bisa dipungkiri bahwa daging bekicot yang sudah membusuk menjadi salah satu umpan ikan sidat susah makan. Selain itu, juga sangat cocok digunakan saat memancing ikan lele dan bawal.

Tips Mancing Ikan Sidat

Setelah mengetahui ciri-ciri, habitat dan beberapa jenis umpan ikan sidat di atas, maka perlu pula kamu ketahui tips-tips yang harus dilakukan di bawah ini, untuk mendapatkan hasil buruan yang lebih maksimal :

  • Ikan sidat merupakan hewan nokturnal, artinya dia lebih aktif di malam hari untuk berburu makanan
  • Namun, tidak menutup kemungkinan kamu akan menemukannya di siang hari, terutama ketika air sedang keruh
  • Ikan sidat bersarang di lobang-lobang tepian sungai maupun aliran air
  • Oleh karenanya, akan lebih efektif ketika kamu memasukkan mata kail langsung ke dalam lubang, dan menunggu strike.

Baca Juga : Umpan Ikan Keting

Demikianlah, ulasan singkat kali ini mengenai beberapa rekomendasi racikan Umpan Ikan Sidat paling jitu, ampuh dan sudah teruji, serta tips memancing ikan Sidat. Semoga rangkuman diatas bisa bermanfaat, dan menjadi referensi utama buat teman-teman semua. Terima kasih.

Tanggal Penerbitan : 9 Juni 2020
Terakhir Diperbaharui : 24 September 2020