Umpan Ikan Sungai Air Deras

Umpan Ikan Sungai Air Deras – Memancing saat ini menjadi salah satu kegiatan yang dilakoni oleh banyak orang, mulai dari anak kecil, para pemuda hingga dewasa.

Banyak spot memancing yang bisa kamu pilih, tergantung dari hobi, kebiasaan hingga skill yang dimiliki. Karena beda spot bisa jadi beda pula kelihaian para Angler.

Selain di alam liar, ada pula trend yang sedang berkembang yakni lomba mancing di kolam. Namun karena artikel ini membahas soal sungai, berikut, beberapa Umpan Ikan Sungai Air Deras yang jitu dan ampuh.

Karena, salah satu elemen paling dalam memancing adalah perkara umpan. Umpan mancing di sungai air deras pastinya berbeda dengan umpan yang dipakai di laut ataupun danau.

Selain itu, ikan yang ditarget juga berbeda, begitu pula dengan perlengkapan yang di pakai. Bagi kamu yang ingin berburu ikan di sungai, berikut ulasan mengenai Umpan yang direkomendasikan.

Umpan Ikan Sungai Air Deras

Ada beberapa jenis ikan yang berhabitat di air berarus deras, diantaranya Hampala, Mahseer, Ucheng, baung dan lainnya. Berikut, beberapa umpan terbaik :

Jajanan Mie Anak-Anak

Umpan Ikan Sungai Air Deras terbaik yang pertama adalah jajanan berbentuk mie, yang sering dikonsumsi oleh anak-anak, jajanan ini banyak terdapat di warung toko kelontong.

Caranya membuatnya cukup gampang, kamu hanya perlu meremas jajanan Mie instan tersebut hingga lumat, kemudian tambahkan sedikit air dan aduk hingga kental, lalu mulailah beraksi.

Serangga

Yang kedua adalah aneka ragam serangga, salah satu serangga yang menjadi umpan terbaik untuk mancing di air deras adalah jangkrik. Kamu bisa mencarinya sendiri di sekitar rumah atau semak-semak, maupun membelinya.

Kamu tinggal mengaitkannya ke mata pancing dan usahakan jangkrik masih dalam keadaan hidup. Selain jangkrik, serangga lain yang juga cocok diantaranya capung dan kecoa.

Cacing

Umpan Ikan Sungai Air Deras paling jitu berikutnya adalah Cacing, mulai dari jenis cacing Nipah, tanah hingga cacing sampah. Hewan ini memang terkenal dengan baunya yang amis.

Cara pemasangannya, kaitkan seluruh badan cacing hingga mata pancing penuh, namun sisakan bagian ekornya di ujung agar dapat bergerak-gerak ketika berada di dalam arus deras.

Usus Ayam

Berikutnya adalah usus ayam. Selain mampu menghadirkan bau busuk dan amis yang menyengat, bentuk dan tekstur dari usus ayam juga serupa dengan cacing.

Selain itu, usus ayam juga tidak mudah hancur terkena arus air yang deras. Selain usus ayam, juga bisa menggunakan usus sapi dan kambing sebagai alternatif terbaik.

Baca Juga : Umpan Mancing Dengan Usus Ayam

Racikan Umpan Mancing Di Sungai Air Deras

Umpan Mancing Di Sungai Air Deras
Youtube.com

Memancing di aliran sungai yang deras memang memiliki sensasi tersendiri, kita dituntut untuk lebih fokus dan berhati-hati.

Salah satu ikan yang mudah ditemui di aliran deras adalah Tawes. Nah, berikut beberapa Racikan Umpan Umpan Ikan Sungai Air Deras yang potensial dan direkomendasikan untuk Tawes :

Bahan :

  • Jagung matang (4 tongkol)
  • Susu (1 sachet)
  • Telur bebek matang (4 butir)
  • Keju
  • Ubi yang sudah dikukus
  • 5 ekor ikan apa saja sudah dikukus
  • Mie instan (diblender)
  • Wadah

Cara meracik :

Pertama, campurkan semua bahan ke dalam sebuah waduk, lalu aduk hingga merata. Lalu, jadikan adonan dalam bentuk sesuka hati, intinya sesuaikan dengan ukuran mata pancing. Terakhir, umpan siap dipakai dan mulailah beraksi.

Untuk Racikan Umpan Ikan Sungai Air Deras berikutnya, kamu perlu menyediakan bahan-bahan sebagai berikut :

  • Tempe (1 papan)
  • Mie instan (1 bungkus)
  • Mentega
  • Udang rebon
  • Bawang merah & putih (2-3 siung)
  • Wadah
  • Air hangat secukupnya

Baca Juga : Umpan Jitu Untuk Semua Ikan

Cara meracik :

Pertama-tama, rebuslah mie hingga matang dan tiriskan. Lalu, tempe diulek hingga halus. Setelah itu, ulek juga udang rebon dan mie instan hingga halus, diulek secara terpisah.

Kemudian, hasil ulekan mie instan dan tempe dicampur dan aduk hingga membentuk adonan, lalu tambah sedikit air panas agar lebih kenyal, kemudian campurkan dengan ulekan udang rebon tadi dan aduk kembali.

Untuk bawang, silakan iris dan masukkan ke dalam wadah / wajan panas bersamaan dengan mentega, usahakan jangan terlalu gosong dan angkat. Terakhir, campurkan semua adonan, aduk, buat motif umpan dan pakai.

Baca Juga : Tips Mancing Di Musim Hujan

Umpan Mancing Di Sungai Keruh

Biasanya ketika kondisi air sedang naik atau deras, maka air akan keruh. Namun, ada juga beberapa penyebab mengapa air menjadi keruh meski sedang kecil, misal karena berbagai aktivitas manusia.

Nah, di konsisi seperti ini, mancing ikan memang agak sedikit sulit. Selain kita tidak bisa melihat tanda-tanda kehadiran ikan, para ikan juga kesulitan melihat umpan. Nah, berikut beberapa Umpan Ikan Sungai Air Deras saat keruh, baik ketika air besar maupun kecil.

Yang pertama tentulah aneka ragam cacing, mulai dari cacing tanah, merah, cacing darah, sampah dan jenis lainnya, karena bau amisnya menyengat dan mudah tercium meski air begitu keruh.

Selain itu, kamu juga bisa memakai umpan laron, udang yang sudah dikupas, Orong-Orong, pelet, usus ayam yang sudah dibusukkan, tempe busuk dan lain sebagainya.

Baca Juga : Umpan Mancing Di Sungai

Tips Mancing Di Sungai Air Deras

Memancing di perairan yang sedang deras dan keruh tentu memiliki teknik dan strategi tersendiri, dibanding mancing di arus yang tenang dan jernih, begitu pula perlengkapan yang digunakan.

Selain informasi mengenai Umpan Ikan Sungai Air Deras di atas, berikut adalah beberapa Teknik Mancing Di Sungai Deras :

  • Pakailah timah atau batu pemberat, agar umpan tetap berada di dalam air meski terbawa arus.
  • Pasang umpan secara penuh pada mata kail, supaya membantu mata kail agar tetap tenggelam dan tidak mengapung ke permukaan.
  • Jika menggunakan pelampung, pakailah yang ukuran besar, agar mudah terlihat pergerakannya ketika disambar ikan.
  • Carilah spot untuk berpijak yang keras dan padat agar tidak membahayakan diri, karena air sedang naik dan deras.
  • Gunakan teknik melempar umpan jauh ke depan (arah berlawanan), untuk membiarkan umpan sampai ke dasar sebelum hanyut ke hilir.
  • Pakailah ukuran mata kail yang tidak terlalu besar, kecuali kamu menargetkan ikan berukuran sedang dan besar misalnya Hampala dan Mahseer babon.

Baca Juga : Cara Mancing Ikan Di Sungai

Demikianlah, ulasan singkat kali ini mengenai Umpan Ikan Sungai Air Deras dan keruh beserta tips yang perlu diperhatikan. Semoga membantu dan selamat memancing.

Leave a Reply