Cari
Umpan Ikan tapah

Umpan Ikan Tapah

Umpan Ikan Tapah – Tapah merupakan salah satu jenis ikan predator air tawar yang banyak ditemukan di Indonesia, seperti Sumatera dan Kalimantan.

Ciri-Ciri Ikan Tapah diantaranya berbadan padat dan panjang, kepalanya lebar, mulutnya besar serta berlekuk, berwarna tubuh hitam, giginya tajam, dan bisa tumbuh hingga 2.5 meter.

Bagi kamu yang tertarik untuk berburu ikan ini, di bawah ini sudah saya rangkum beberapa Racikan Umpan Ikan Tapah Paling Ampuh dan Jitu untuk kamu pakai.

Namun perlu kamu ketahui bahwa, Ikan Tapah ini memiliki taji (patil) beracun serta terdapat di antara kedua siripnya diatas punggungnya. Jadi, harus berhati-hati ya.

Umpan Ikan Tapah Sungai

Habitat Ikan Tapah dominan ditemukan di perairan arus deras, namun belum sampai ke hulu. Namun, juga sering ditemukan di tepi perairan yang tenang.

Berikut, beberapa Umpan Ikan Tapah Di Sungai yang direkomendasikan :

Ikan-Ikan Kecil

Ikan Tapah merupakah jenis ikan predator air tawar yang suka memakan hewan apa saja yang ia temukan, termasuk ikan-ikan di sungai.

Misalnya seperti ikan baung, Wader, tawes dan sejenisnya. Nah, kamu bisa menggunakan umpan ini untuk mendapatkan hasil tangkapan yang maksimal.

Udang Galah

Umpan Ikan Tapah berikutnya bisa memakai udang galah, yakni spesies udang yang ukurannya lebih besar, dan hidup di perairan tawar yang dangkal.

Kelabang

Mungkin masih banyak yang belum tahu, bahwa kelabang juga bisa dipakai untuk Umpan Alami Ikan Tapah. Saya menemukan informasi ini dari salah satu grup di Facebook.

Ulat Lundi

Umpan Ikan Tapah selanjutnya ialah Ulat Lundi. Lundi adalah ulat sejenis hama berukuran besar, gemuk, putih, badan tembus cahaya dengan kepala warna coklat dan taring yang besar.

Ulat ini mudah ditemukan pada tumbuhan berbuah seperti jagung, juga seperti padi dan tanaman petani lainnya. Daripada membuat kerusakan, lebih baik dijadikan umpan ikan saja.

Umpan Casting

Terakhir adalah menggunakan teknik casting, dengan memakai jenis Lure floating atau mengambang pada kedalaman sekitar 1 meter, terlebih jika memancing di aliran air yang agak deras.

Baca Juga : Umpan Ikan Bandeng

Habitat Ikan Tapah

Tips mancing ikan tapah
Twitter.com

Setelah mengetahui apa saja Umpan Ikan Tapah di atas, hal lain yang juga perlu diketahui adalah lokasi atau spot ikan tapah agar tidak salah tempat.

Menurut berbagai pendapat dari para Angler, ikan tapah akan lebih mudah dipancing ketika air sedang keruh, atau bulan dalam keadaan gelap.

Waktu terbaik mancing ikan tapah adalah ketika sore menjelang magrib, serta subuh hari menjelang pagi. Carilah lubuk sungai yang terlihat gelap dan dalam.

Selain itu, Sungai berair merah gambut juga menjadi salah satu spot paling potensial untuk berburu ikan Tapah. Musim kemarau (Juli-Agustus) menjadi saat yang tepat untuk berburu.

Tips Mancing Ikan Tapah

Setelah mengetahui apa saja Umpan Ikan Tapah beserta habitat untuk memancing, berikut adalah beberapa Trik Mancing Ikan Tapah yang perlu juga kamu ketahui :

  • Bawalah lure bertipe menyelam, tergantung kedalaman air mulai dari 1-6 meter. Jangan membawa tipe lure yang Top Water jika ingin fokus berburu Tapah.
  • Setelah sampai di hulu sungai, pakailah Teknik Trolling, yakni hanyut perlahan dari hulu ke hilir dengan mengayuh sampan secara lambat.
  • Lemparkan umpan ke arah lubuk yang dalam, atau yang banyak tumbuhan airnya, karena ikan tapah lebih dominan di dasar lubuk yang dalam.
  • Jangan lupa membawa perlengkapan lengkap, karena ukuran ikan tapah yang kamu dapatkan bisa saja berukuran sangat besar.
  • Usahakan membawa kawan, jangan sendirian aja, karena nantinya akan membantu dalam banyak hal, apalagi jika hasil tangkapan sangat besar.
  • Saat terjadi strike, jangan langsung tarik. Rasakan berat ikan baru boleh hentak karena tapah pada serangan awal biasanya menyedot. Hentakan terlalu dini cenderung mengakibatkan ikan mocel.

Baca Juga : Umpan Ikan Hampala

Demikianlah, ulasan singkat kali ini mengenai Umpan Ikan Tapah beserta habitat dan tips mancingnya. Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat dan selamat Memancing.

Join the discussion

Memancing.info