Umpan Ikan Tembakang

Umpan ikan tembakang
Umpan ikan tembakang

Umpan Ikan Tembakang – atau yang disebut juga dengan ikan Biawan adalah salah satu jenis ikan air tawar favorit di Indonesia.

Habitat ikan ini sendiri adalah di perairan rawa, sehingga mudah didapat dan hampir tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Banyak cara yang dilakukan masyarakat untuk memburunya, mulai dengan perangkap ikan, hingga memancing. Untuk itu, perlu tahu apa saja Umpan Ikan Tembakang paling jitu tentunya.

Nama lain dari ikan ini berbeda di tiap-tiap daerah, misalnya tambakan, tambak-tambak, Bakang, ikan Samarinda, poni, biawan, kepreh dan sapil.

Hampir sama dengan ikan lain yang berhabitat di rawa, Umpan Ikan Tembakang juga tidak jauh-jauh dari umpan tradisional semacam cacing, serangga dan sejenisnya.

Ikan ini rata-rata berukuran kecil, sekitar 5-12 cm saja, rasanya enak dan gurih. Selain itu, ikan ini tergolong omnivora (pemakan segala) dan banyak ditemukan di Palembang.

Umpan Ikan Tembakang Paling Jitu

Bagi kamu yang hendak berburu ikan ini, tentu saja terlebih dahulu yang harus kamu persiapkan adalah peralatan memancing di air tawar.

Setelah semuanya siap, maka mari kita mulai mengetahui apa saja Umpan Mancing Tembakang yang ampuh dan jitu, di bawah ini :

Lumut

Menurut beberapa Angler, lumut yang tumbuh di bebatuan memang menjadi umpan favorit beberapa jenis ikan air tawar, termasuk ikan Tembakang ini.

Namun meskipun begitu, kabarnya kadang juga sulit berburu Tembakang dengan lumut, jadi bisa dibilang tergantung mood ikan juga.

Jangkrik

Umpan Ikan Tembakang Rawa selanjutnya adalah jangkrik, hewan yang mudah ditemukan di sekitaran rumah ataupun lokasi memancing.

Caranya, kaitkan jangkrik ke mata pancing hingga penuh, kemudian mulailah memancing. Serangga sejenis ini memang disukai ikan-ikan omnivora.

Cacing

Sudah tidak mengherankan lagi bahwa cacing adalah umpan dambaan ikan air tawar. Cacing tanah yang didapat langsung kaitkan ke mata pancing, lalu mulailah beraksi.

Bau cacing yang amis sangat mampu membuat ikan tertarik, jadi bisa saja yang kamu dapatkan bukan hanya Tembakang, tapi juga jenis ikan lain.

Laron

Umpan Ikan Tembakang terbaik selanjutnya adalah laron, serangga yang peka terhadap cahaya ini mudah didapatkan, terlebih setelah hujan.

Ambil beberapa ekor laron, lepaskan sayapnya, kaitkan ke mata pancing hingga penuh, setelah itu mulailah beraksi.

Perla

Perla adalah nama untuk anak kecoa yang masih kecil. Jika kamu tidak suka dan terasa terganggu dengan kecoa, maka jangan buru-buru dibunuh, kamu bisa memanfaatkannya sebagai umpan.

Poa

Poa adalah hewan sejenis rayap, berbentuk ulat dan berwarna putih. Hewan ini bisa digunakan sebagai umpan ikan tembakang. Selain mencarinya sendiri, kamu juga bisa membelinya langsung atau secara online.

Belatung

Memang terdengar menjijikkan, tapi belatung menjadi salah satu makanan kesukaannya. Jika kamu tidak merasa jijik, boleh saja menggunakan umpan ini.

Racikan

Salah satu racikan untuk mancing ikan Tembakang adalah dengan mencampurkan antara mie instan yang sudah lumat, dengan keju dan sedikit tepung roti.

Baca Juga : Umpan Ikan Jelawat

Tips Mancing Ikan Tembakang

Umpan mancing ikan tembakang
Hewanpedia.com

Setelah mengetahui sederet jenis umpan di atas, hal lain yang tak kalah penting untuk diketahui adalah apa saja tips dan trik mancing ikan ini.

Berdasarkan berbagai sumber, ikan ini sulit dipancing di air jernih, pilihlah ketika musim kemarau seperti menjelang kering, biasanya air danau, sawah, rawa yang keruh.

Gunakanlah pelampung dengan ukuran mata kail yang kecil, karena mulut ikan Tembakang ini kecil seperti ikan sepat. Dikarenakan mulutnya yang kecil, sehingga mata pancing mudah lepas.

Baca Juga : Umpan Ikan Kerapu

Demikianlah, ulasan singkat kali ini mengenai Umpan Ikan Tembakang beserta sedikit tips memancingnya. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Join the discussion

Memancing.info