Umpan Ikan Toman

Umpan Ikan Toman

Umpan Ikan Toman – Ketika melihat wujud ikan ini, Kita pasti akan langsung berpikir bahwa itu adalah Gabus, padahal tidak. Namun, mereka berasal dari keluarga yang sama, sehingga memiliki kemiripan yang sulit dibedakan.

Ikan Toman adalah spesies ikan buas dari suku Channidae (Gabus), dan merupakan jenis terbesar dari sukunya yang bisa tumbuh hingga 1 meter. Ikan ini dikenal memiliki gizi yang cukup tinggi, sehingga banyak diburu.

Nah, jika kamu juga berminat berburu ikan ini, hal utama yang harus kamu ketahui ialah apa saja Racikan Umpan Ikan Toman alami hingga resep paling jitu. Tapi tenang, karena di sini telah saya rangkap semuanya.

Perlu juga kamu ketahui bahwa, Ikan ini tersebar luas di semenanjung Malaysia, Sungai Menam, Sungai Meikong, Pulau Sumatara, dan sebagainya. Sedangkan Habitat Ikan Toman adalah di perairan sungai, rawa, parit dan danau.

Oke, tidak perlu berlama-lama lagi, langsung saja simak beberapa Rahasia Umpan Ikan Toman Sungai, rawa, alami, hingga Umpan Casting yang direkomendasikan. Check this out.

Umpan Ikan Toman Alami

Umpan ikan Toman alami
Unair.ac.id

Secara garis besar, makanan Ikan Air Tawar memang paling doyan dengan umpan dari bahan alami, banyak sekali jenis yang bisa kamu pilih. Namun untuk ikan ini, beberapa Umpan Mancing Toman Yang Alami dan direkomendasikan adalah sebagai berikut :

Daging Ayam

Yang pertama ialah daging ayam, umpan yang satu ini memang tergolong ampuh untuk memancing berbagai ikan air tawar, termasuk Toman. Kamu hanya perlu menyiapkan sepotong daging ayam, bisa bagian paha atau dadanya.

Namun pastikan kulitnya sudah terbuang habis, lalu potong kecil-kecil sesuai ukuran mata kail atau ukuran yang disukai, berbentuk kotak atau dadu, setelah itu mulailah beraksi.

Kadal

Umpan Alami Ikan Toman selanjutnya ialah kadal, hewan berwarna hijau dan hitam keabuan ini mudah ditemukan di belakang rumah, ataupun di sekitar area mancing seperti rawa, sungai dan tempat-tempat lainnya.

Cara menggunakannya, ambil satu ekor kadal, gunakan dua mata kail. Bagian kepala kaitkan di mata kail depan, sedangkan bagian ekornya pada mata kail belakang. Kalau bisa, usahakan kadal dalam keadaan hidup.

Anakan Ikan Lele

Umpan Hidup Ikan Toman selanjutnya ialah anakan lele. Beli atau carilah anak ikan lele yang berukuran kecil (diameter 1 / 2 jari), kalau bisa, kaitkan ke mata pancing dalam keadaan hidup.

Ketika anakan ikan lele berenang-renang, maka bisa menambah daya tarik ikan Toman untuk menyambarnya. Oh iya, jangan lupa pakai pelampung ya, biar pergerakan ikan lele bisa dikontrol dan tidak lari / berenang terlalu jauh.

Umpan Ikan Toman Rawa

Umpan jitu Toman rawa
Harga.web.id

Di pulau Kalimantan, rawa-rawa luas menjadi rumah bagi spesies ikan Toman. Orang-orang di sana menjadikan ikan ini sebagai salah satu santapan khas dengan berbagai racikan kuliner. Berikut, beberapa Umpan Ikan Toman Di Rawa yang ampuh dan direkomendasikan :

Katak

Katak menjadi makanan yang juga sangat disukai ikan Toman. Carilah katak gang berukuran kecil atau sedang, kemudian kaitkan ke mata pancing. Pergerakan katak hidup di permukaan atau kedalaman sedang sangat menarik perhatian Toman.

Kamu bisa mengaitkan bagian punggung katak ke mata pancing, agar katak bisa berenang leluasa seperti tanpa ada kaitan umpan. Penggunaan katak berukuran kecil atau sedang agar bisa muat di mulut ikan Toman.

Ikan Sepat

Seperti yang diketahui bahwa Toman juga doyan dengan sesama ikan, misalnya ikan lele dan sepat. Pakailah ukuran sepat yang kecil dan sedang, usahakan dalam keadaan hidup, lalu kaitkan bagian punggungnya.

Cicak

Selain kadal, keluarga spesies lainnya yakni cicak juga menjadi Umpan Ikan Toman Yang Ampuh. Masih seperti biasa, kaitkan bagian punggung dan upayakan dalam keadaan hidup. Pergerakan yang ada akan memancing ikan Toman agar segera menyambar.

Umpan Ikan Toman Sungai

Cara mancing ikan Toman
Sukaikan.com

Perairan sungai menjadi habitat dari hampir segala jenis ikan air tawar, termasuk Toman. Namun saya  akui bahwa, memancing di sungai akan sedikit lebih sulit dibanding memancing di rawa.

Ini dikarenakan jenis ikan yang sangat bervariasi, dan juga umpan yang digunakan hampir disukai semua jenis ikan. Jadi, tak heran bila tujuan kita berburu ikan A, yang kena malah ikan B. Berikut, beberapa Umpan Ikan Toman Di Sungai yang direkomendasikan :

Cacing

Sudah barang pasti bahwa cacing menjadi makanan hampir semua jenis ikan air tawar. Penggunaannya sangat mudah, carilah jenis cacing tanah, kemudian kaitkan ke mata pancing. Jangan lupa sisakan bagian ekor agar bisa bergerak-gerak dan menarik perhatian ikan Toman.

Udang

Selain cacing, udang juga menjadi Umpan jitu Ikan Toman Sungai yang manjur. Udang yang dimaksud ialah udang sungai yang berukuran sedang / besar dan berwarna putih. Kaitkan udang langsing ke mata pancing seperti mengaitkan cacing, kemudian mulailah beraksi.

Ikan Lais

Sebagai pemancing, pastinya kamu sudah tidak asing lagi dengan ikan ini, atau setidaknya pernah mendengar namanya. Ikan ini berukuran kecil, mirip dengan ikan Wader sungai. Cara pemakaian, kaitkan bagian punggungnya dan biarkan ia berenang-renang.

Umpan Ikan Toman Paling Jitu

Cara mancing ikan gabus
Youtube.com

Berbicara mengenai Toman, ialah ikan yang bisa berubah warna terutama belangnya, mulai dari garis-garis tubuh yang kemerahan serta pola kombinasi warna kebiru-hitam-putihan pada tubuh sebelah atas. Berikut, beberapa Umpan Ikan Toman Paling Ampuh Dan Jitu :

Belut

Untuk menggunakan belut sebagai umpan, belah tubuh belut dari ekor hingga kepala, kemudian keluarkan darahnya dan masukkan dalam wadah. Lalu, iris kecil-kecil tubuh belut, kemudian celupkan ke dalam darah tadi, dan umpan siap untuk dipakai.

Jangkrik

Umpan Ikan Toman selanjutnya ialah jangkrik, serangga yang bising dan mudah ditemukan. Tanpa banyak cerita, langsung kaitkan saja tubuh jangkrik ke mata pancing, ikan yang melihat Insya Allah akan langsung menyambar umpan kamu.

Ulat

Berbagai jenis ulat ternyata juga sangat jitu untuk memancing ikan Toman. Pemasangannya juga sama, kamu hanya perlu langsung mengaitkan ke mata pancing.

Kroto

Kroto adalah Umpan Ikan Toman yang juga tergolong ampuh, kroto adalah telur semut rangrang yang berwarna putih dan lembut. Pasanglah ke mata pancing dengan membentuk ukuran sesuai mata kail.

Baca Juga : Umpan Ikan Gabus

Umpan Casting Toman Paling Ampuh

casting Toman paling ampuh
Shopee.co.id

Casting adalah umpan tiruan. Selain menggunakan bahan umpan alami di atas, kamu juga bisa menggunakan umpan casting untuk mancing Toman. Beberapa jenis Casting yang direkomendasikan adalah :

  1. Jump Frog
  2. Buzz Bait
  3. Soft Froggy
  4. Popper

Penggunaan umpan tiruan ini akan lebih ampuh bila pada spot sering terlihat yang berdiam di permukaan ketika mengambil udara, atau berenang di kedalaman yang sedang, jernih dan terlihat dari atas.

Baca Juga : Umpan Ikan Belida

Tips Mancing Ikan Toman

Setelah mengetahui apa saja Jenis-Jenis Umpan Ikan Toman Terbaik di atas, hal yang tentunya perlu juga untuk diketahui ialah mengenai Teknik Mancingnya agar bisa mendapatkan hasil yang memuaskan. Beberapa tips tersebut diantaranya :

  • Spot Ikan Toman yang paling ia sukai adalah rawa-rawa yang banyak ditumbuhi tumbuhan-tumbuhan air, karena menjadi sumber makanan
  • Usahakan memancing di waktu pagi atau sore hari
  • Bila menggunakan umpan popping di siang hari, tentunya harus sedikit bersabar
  • Bila menggunakan umpan Froggy, aturlah tarikan hingga terkesan seperti umpan hidup / alami
  • Gunakan senar yang kuat, karena ukuran ikan Toman bisa mencapai panjang 1 meter
  • Joran harus kuat juga, sebab ikan Toman adalah ikan yang kuat dan liar, jangan sampai joran yang kamu pakai patah
  • Ikan ini akan melarikan umpan kamu dengan sangat cepat, tidak apa-apa bila kamu mengukur senar, namun bila ia sudah melambat, kamu harus sigap dalam menarik senar agar kail tertancap dan tidak lepas.

Baca Juga : Umpan Ikan Mahseer

Demikian, ulasan singkat kali ini mengenai Umpan Ikan Toman dan Cara Mancing yang baik dan benar. Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat dan selamat memancing.