Umpan Kepiting

Umpan Kepiting

Umpan Kepiting – Selamat datang kembali di website Memancing.info. Pada kesempatan kali ini, admin akan menjabarkan ulasan kepada kamu semua mengenai bagaimana Cara menangkap kepiting, tips, persiapan, dan umpan yang digunakan.

Ciri-ciri Kepiting diantaranya ialah memiliki jumlah kaki sebanyak 10 buah, serta mayoritas bagian tubuhnya ditutupi oleh cangkang yang keras. Dia juga memiliki jepitan yang berbahaya. Untuk itu, kamu harus berhati-hati bila ingin menangkapnya dengan tangan kosong.

Mengenai Umpan Mancing Kepiting sebenarnya tidak jauh berbeda dengan umpan yang digunakan ketika berburu ikan-ikan air tawar lainnya. Kepiting juga meyukai bau amis menyengat dan busuk. Nah, berikut ulasan lengkapnya untuk kamu.

Habitat Kepiting bisa ditemukan di seluruh samudera di dunia. Untuk jenisnya, ada yang tawar maupun darat, terkhusus di wilayah-wilayah beriklim tropis. Kepiting laut disebut Rajungan, sedangkan Yuyu sebutan untuk jenis air tawar.

Spot Mancing Kepiting diantaranya ialah di air sungai yang mengalir tenang, tepian sungai yang mengandung banyak tanah cadas, kawasan hutan bakau dan tepian pantai, dengan kedalaman air tidak sampai 1 meter.

Cara Mencari Sarang Kepiting menurut saya tergolong sulit, karena ukurannya kecil sebesar tubuhnya doang. Bentuknya bulat, kadang mengarah ke atas kadang juga ke bawah. Intinya, kemana yang dia mau aja.

Peralatan Menangkap Kepiting

Nah, setelah membaca pengenalan mengenai ciri-ciri, penyebaran dan habitatnya di atas. Berikut beberapa perlengkapan menangkap Kepiting yang harus kamu sediakan terlebih dahulu :

  • Joran : Kamu bisa menggunakan joran tegeg, bisa pula memakai joran yang terbuat dari kayu atau bambu. Intinya terserah, karena hewan ini kecil dan tidak memiliki daya tarikan yang kuat.
  • Senar : Untuk senar, gunakan yang berukuran cukup besar, ini untuk mengantisipasi jepitan kepiting yang bisa membuat putus dengan mudah. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan tali tambang.
  • Jaring Serokan : Menyentuh kepiting secara langsung cukup berbahaya, maka kamu membutuhkan jaring Serokan yang bisa dibuat sendiri atau membelinya di toko pemancingan.
  • Tali Rafia / Baskom : Kamu bisa memakai salah satu dari dua alat ini untuk menjadi tempat kepiting yang sudah ditangkap.
  • Pemberat : Kamu bisa menggunakan timah untuk menenggelamkan umpan.

Cara Memancing Kepiting

Nah, setelah semua peralatan di atas telah kamu siapkan, maka saatnya beraksi. Namun yang tidak boleh terlewatkan, kamu juga harus paham bagaimana Cara mancing kepiting yang benar dan aman, berikut :

  • Pertama, siapkan joran dan senar
  • Kedua, kaitkan umpan yang telah disediakan, misalnya daging ayam busuk, cacing atau lainya
  • Pakailah pemberat agar umpan tidak mudah mengapung kembali
  • Carilah spot yang banyak kepitingnya, misalnya lokasi tambak, hutan bakau atau pinggiran laut
  • Ketika kepiting telah menjepit atau menggigit umpan, senar akan bergerak perlahan, maka segeralah untuk menariknya
  • Tariklah secara perlahan ke atas, jangan terburu-buru, karena bisa saja kepiting akan terkejut dan akhirnya melepaskan jepitannya
  • Sebelum kepiting terangkat ke permukaan air, segera siapkan jaring Serokan agar segera diamankan
  • Setelah naik, ikatlah kepiting secara hati-hati. Sentuh hanya bagian punggungnya atau bawah perutnya saja.

Umpan Kepiting Paling Manjur

Umpan Mancing kepiting
Umpan Mancing Kepiting

Kepiting merupakan salah satu hewan yang sangat suka dengan bau amis yang kuat. Untuk itu, bila kamu hendak berburu kepiting, maka pakailah umpan yang berbau busuk.

Hal unik yang bisa kamu temui ketika berburu kepiting ialah, sebenarnya kamu tidak perlu menggunakan mata kail, karena cara kepiting memangsa umpan didahulukan dengan menjepit dengan kedua jepitannya.

Yang harus kamu lakukan adalah, mengupayakan bagaimana supaya kepiting menjadi marah dan emosi, sehingga menganggap umpan sebagai ancaman. Setelah itu, dia akan menjepitnya.

Itulah mengapa, ketika kepiting menangkap umpan kita, tarikan pada senar tidak terlalu kuat, biasanya hanya bergerak perlahan sedikit naik-turun, maka dari itu tariklah dengan perlahan supaya jepitannya tidak lepas.

Nah, beberapa Umpan Kepiting bakau dan sungai yang ampuh ialah sebagai berikut :

Daging Ayam

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, kepiting sangat suka dengan bau amis yang busuk dan menyengat. Untuk itu, simpanlah terlebih dahulu daging ayam selama beberapa hari, hingga menghasilkan bau yang sangat busuk.

Kemudian, potonglah daging ayam menjadi bagian-bagian yang kecil, perkirakan ukurannya sebesar mulut atau jepitan kepiting. Lalu segera menuju spot dan mulailah beraksi.

Cacing

Cacing merupakan hewan tanah berbau amis yang kuat. tips memakai umpan cacing dalam berburu kepiting yakni, sisakan bagian ekor cacing agar bisa bergerak di dalam air.

Hal ini akan menarik perhatian kepiting, bisa saja karena dia tertarik ingin memangsa, ataupun karena emosi sehingga segera merangkul umpan tadi.

Ular

Ular juga menghasilkan bau yang amis, bagi kamu yang takut dengan ular, maka tidak perlu memakai Umpan ini. Saya memasukkannya dalam daftar umpan memancing kepiting karena memang termasuk yang direkomendasikan juga.

Ikan Asin

Berikutnya ialah ikan asin. Saya secara pribadi memang belum pernah juga menggunakan Umpan ini, namun ada beberapa sumber yang mengatakan bahwa segala bentuk ikan asin, sangat ampuh untuk digunakan sebagai umpan menangkap kepiting.

Baca Juga : Umpan Ikan Betok

Umpan Kepiting Laut

Ketika kamu hendak memancing kepiting di laut / perairan bakau, caranya cukup unik. Kamu tidak perlu memakai mata pancing dan kail, yang kamu perlukan hanya sebilah kayu sepanjang 50 cm, lalu benang yang dililitkan ke kayu tersebut.

Nah, di ujung kayu, ikatkan seekor anak ikan, kemudian bersiaplah untuk memancing. Ikan ini nantinya akan dijepit oleh kepiting. Ketika respon sudah terasa, langsung angkat kayu tersebut secara pribadi perlahan, agar jepitannya tidak terlepas.

Umpan Kepiting Rajungan

Bagi kamu penggemar Seafood, tentunya sudah tidak asing lagi dengan Kepiting Rajungan ini, rasanya sangat enak dan begitu laris sebagai kuliner di pantai / tepi laut. Jika kamu hendak menangkapnya, kamu perlu melakukan tips ini.

Di sini, kamu tidak memerlukan mata kail dan senar, yang kamu perlukan hanyalah sebuah perangkap bernama Bubu, dengan umpan ikan petek. Banyak yang sudah membuktikan cara ini dan berhasil mendapatkan banyak Kepiting Rajungan.

Untuk cara pemasangan dan trik menangkap kepiting Rajungan, kamu bisa cek videonya di Sini.

Baca juga : Umpan Mancing Belut


Demikianlah, ulasan singkat kali ini mengenai Bagaimana Cara Menangkap Kepiting, habitat, spot, tips serta Umpan Kepiting Air Tawar, bakau dan laut. Semoga informasi di atas bisa memberi manfaat dan berguna serta menjadi referensi utama. Terima kasih.

Tanggal Penerbitan : 24 Juni 2020
Terakhir Diperbaharui : 30 September 2020