Umpan Mancing Dengan Usus Ayam

Umpan mancing dengan usus ayam
Umpan mancing dengan usus ayam

Umpan Mancing Dengan Usus Ayam – Mungkin bagi sebagian orang agak terkesan aneh dan menjijikkan. Namun faktanya, ini tergolong Umpan yang sangat jitu dan ampuh.

Alasannya sederhana. Ketika usus ayam yang sudah dicuci bersih, lalu dibiarkan membusuk selama ± 3 hari, maka bau yang dihasilkan sangatlah menyengat dan busuk.

Sementara itu, bau busuk menyengat yang dihasilkan usus ayam tersebut sangat disukai oleh ikan, terutama air tawar. Jadi, sekarang sudah paham kan, kenapa usus ayam disukai ikan ?

Racikan Umpan Mancing Dengan Usus Ayam

Ada beberapa jenis ikan yang dikatakan sangat suka dengan bau menyengat yang dihasilkan oleh usus ayam ini, diantaranya Tawes, Patin, Wader, Sidat, Baung dan lainnya.

Sedangkan Cara memasang umpan usus ayam pada mata kail juga sedikit berbeda dari umpan lainnya. Ada langkah dan teknik tersendiri yang harus kamu pahami juga sebelumnya.

Pada umumnya, Umpan Mancing Dengan Usus Ayam nampaknya lebih sering dipakai ketika umpan utama dari ikan yang ditargetkan dalam keadaan habis.

Tetapi faktanya, tidak sedikit pula para Angler air tawar merekomendasikannya sebagai umpan utama, karena mereka telah membuktikan secara langsung mengenai keampuhan umpan ini.

Cara Membuat Umpan Ikan Patin Dengan Usus Ayam

Umpan ikan patin dengan usus ayam
Bola.com

Ikan Patin merupakan jenis ikan air tawar yang tersebar luas hampir di seluruh daerah di Indonesia. Keberadaannya dimanfaatkan sebagai bahan konsumsi publik secara luas.

Ikan Patin bisa kamu temukan di perairan tawar seperti waduk, sungai, danau hingga parit. Ikan ini terkenal bergizi tinggi dan merupakan konsumsi favorit banyak orang.

Pada artikel berjudul Umpan Ikan Patin ini, saya sudah merangkum banyak sekali jenis umpan yang bisa kamu pakai. Namun, ada 1 jenis yang saya rasa parit untuk diulas secara luas, yakni Umpan Mancing Dengan Usus Ayam untuk Ikan Patin. Berikut, racikannya.

Ada dua versi yang bisa kamu pilih ketika menggunakan usus ayam untuk mancing ikan patin. Pertama, dapatkan usus ayam terlebih dahulu, lalu langsung kaitkan ke kata pancing.

Pemasangan umpan bisa dilakukan seperti mengaitkan cacing. Gulung sebanyak beberapa kali hingga membentuk gumpalan besar pada mata pancing.

Yang kedua, rendam usus ayam lalu diamkan hingga satu Minggu. Setelah benar-benar membusuk, celupkan kapas ke air rendaman tersebut dan jadikan kapas itu sebagai umpan.

Umpan Usus Ayam Untuk Mancing Baung

Baung adalah ikan yang juga menjadi olahan konsumsi populer di sebagian daerah di Indonesia. Ikan air tawar satu ini sebenarnya bisa dipancing dengan umpan ikan kecil, udang , hati ayam dan lainnya. (Baca : Umpan Ikan Baung).

Cara membuat Umpan Mancing Dengan Usus Ayam untuk ikan baung cukup mudah. Pertama, dapatkan usus ayam lalu cuci hingga bersih.

Setelah itu, potong-potong dengan panjang sekitar 10cm, masukkan dalam toples dan tutup rapat. Kemudian, diamkan selama lebih kurang 3 hari.

Untuk mata kail, pakailah rangkaian dua mata pancing. Usus yang tersimpan tadi diambil menggunakan jeruji pengait atau yang kecil, lalu masukkan ke mata pancing dengan menggunakan pinset.

Mata kail dirangkai dengan model atas-bawah. Yang bagian atas, adalah tempat untuk mengaitkan usus, sedangkan yang bawah dibiarkan saja, nantinya untuk menambah daya tancap ketika berada di mulut ikan.

Mancing Ikan Sidat dan Tawes Dengan Umpan Usus Ayam

Umpan ikan dari usus ayam
Jejakpetualangsungai.blogspot.com

Selain ikan baung dan patin, umpan usus ayam ini juga direkomendasikan sebagai umpan utama ketika kamu hendak berburu ikan sidat, ataupun tawes.

Untuk pemasangan Umpan Ikan Tawes ini pada mata kail pancing, caranya sama dengan baung. Hanya saja, pada kali ini pakailah ukuran mata kail no 3,0-5,0 atau lebih kecil dari itu.

Sedangkan untuk ikan sidat, masih sama dengan baung. Hanya saja, cobalah tumpulkan mata kail, karena biasanya ikan sidat akan memuntahkan umpan jika merasa mulutnya luka.

Apalagi, ikan ini akan menelan langsung umpan yang ia lihat. Ikan sidat mudah ditemukan malam hari sehabis hujan, pada momen seperti ini biasanya mereka akan keluar dari sarangnya.

Mancing Lele Dengan Usus Ayam

Umpan Ikan Lele terbaik salah satunya adalah umpan usus ayam. Cara meracikya adalah, usus yang sudah disiapkan dibakar terlebih dahulu, lalu digiling atau diblender hingga halus.

Ketika digiling, kamu bisa menambahkan sedikit tepung sagu, tujuannya supaya umpan mudah diracik dan tidak gampang hancur ketika dipasangkan ke mata kail, atau ketika berada di dalam air.

Baca Juga :

Demikianlah, ulasan singkat kali ini mengenai Umpan Mancing Dengan Usus Ayam beserta cara memasangnya ke mata kail. Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat dan selamat memancing.

Join the discussion

Memancing.info