Umpan Mancing Di Dermaga Laut

3 min read

Umpan Mancing di Dermaga

Umpan Mancing Di Dermaga Laut – Umpan terbagi atas dua jenis, yaitu umpan segar dan juga tiruan. Keduanya bisa digunakan menjadi umpan mancing di dermaga laut, namun memiliki daya tahan yang berbeda.

Umpan hidup harus langsung digunakan karena memiliki daya tahan yang lebih rentan dan mudah busuk jika terlalu lama. Hal inilah yang membuat para pemancing lebih suka menggunakan umpan tiruan.

Seiring perkembangan zaman, terdapat beberapa pabrik yang memproduksi Umpan Mancing Di Dermaga Laut berupa tiruan sehingga bisa langsung digunakan dengan lebih mudah.

Harga jual umpan tiruan memang lebih mahal dibandingkan dengan umpan segar, namun Anda bisa menggunakannya dalam waktu yang lama.

Untuk berhemat Anda bisa membuat sendiri umpan tiruan dengan berbagai bahan seperti plastik atau kayu.

Varian Umpan Mancing Di Dermaga Laut Versi Tiruan

Umpan tiruan bisa Anda jadikan sebagai bahan alternatif saat tidak memiliki umpan yang segar. Jenis umpan ini memiliki fungsi yang lebih beragam dan cukup awet, sehingga bisa digunakan berulang kali.

Jenis umpan ini sangat cocok digunakan sebagai umpan mancing di dermaga laut paling jitu dan ampuh. Berikut uraiannya :

Jig

Jika diartikan sebagai bahasa, jig memiliki arti menari dalam irama yang cepat. Begitu juga dengan cara kerja umpan yang satu ini.

Diberikan nama jig karena Anda harus menggoyang-goyangkannya dengan cepat saat umpan masuk ke dalam air. Umumnya umpan ini terbuat dari bahan yang cukup berat seperti timah.

Agar tampilannya semakin menarik, jig biasanya dihiasi dengan bulu binatang ataupun karet.

Spoon

Spoon merupakan jenis umpan tiruan yang bentuknya menyerupai sendok dan bersifat fleksibel. Hal tersebutlah yang membuat jenis umpan ini sangat cocok digunakan untuk memancing di daerah yang dangkal.

Umpan ini terbuat dari bahan logam sehingga awet digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Minnow

Umpan mancing di dermaga laut yang satu ini berbentuk seperti ikan asli. Jenis umpan ini banyak disukai karena bisa menjadi umpan yang sangat jitu untuk jenis perairan asin dan juga tawar. Umpan ini mampu bekerja secara efektif dan mampu mengelabui ikan.

Dengan begitu Anda bisa mendapatkan hasil memancing yang berlimpah. Minnow biasa terbuat dari bahan plastik, metal, kayu maupun kombinasi.

Flies

Umpan Mancing di Tepi Laut selanjutnya ialah Flies. Jika dilihat sepintas, umpan ini berbentuk serangga sehingga sangat disukai oleh ikan. Files memiliki berbagai bentuk seperti capung, lalat, kupu-kupu dan lainnya.

Bagian mata umpan ini akan menyatu dengan bulu-bulu sehingga terlihat natural. Umpan ini mampu menyelam kemudian muncul di atas permukaan air.

Spinner

Sesuai dengan namanya, umpan ini memiliki bagian yang bisa berputar sehingga terlihat sangat menarik. Bagian utama umpan ini berbentuk sendok yang ditutupi dengan bulu.

Jika diputar, umpan akan menghasilkan suara serta getaran tertentu yang mampu menarik perhatian ikan.

Kucir

Umpan yang satu ini terlihat unik karena terdapat rumbai di bagian atasnya. Umpan ini memiliki bobot yang lebih berat karena terbuat dari besi.

Ini merupakan umpan yang paling cocok digunakan untuk memancing di lokasi yang dangkal.

Popper

Konsep kerja popper adalah berenang di atas permukaan air. Yang membuat umpan ini sangat unik adalah cipratan air yang dihasilkan ketika umpan ditarik.

Hal tersebut dilakukan agar potensi umpan dimakan oleh ikan semakin besar. Popper terbuat dari bahan plastik atau kayu.

Froggy

Dari namanya saja mungkin Anda sudah menyadari bahwa umpan mancing di dermaga laut ini akan berbentuk kodok. Umumnya umpan ini terbuat dari silikon, karet atau resin.

Froggy dilengkapi dengan mata kail yang terbuka dan bisa dimainkan agar bisa melompat. Hal tersebut membuat umpan tiruan ini terlihat seperti sungguhan.

Simak Juga : Umpan Mancing di Laut Dangkal

Umpan Alami Untuk Mancing Di Dermaga

Umpan jitu di dermaga laut
Kompasiana.com

Bukan hanya umpan tiruan, tidak sedikit pula dari para Angler masih tetap menggunakan bahan alami sebagai Umpan Mancing Di Dermaga Laut.

Bukan karena tidak update / kurang tahu, namun mereka mungkin lebih meyakini potensi umpan hidup daripada yang palsu. Beberapa pilihannya adalah sebagai berikut :

Udang

Kamu bisa menggunakan udang yang masih hidup maupun sudah mati, namun pastikan dulu bahwa udang tersebut belum membusuk / memutih.

Cara pasangnya, kupas kulit udang terlebih dahulu, kemudian langsung pasangkan ke mata pancing secara keseluruhan.

Umpan ini bisa diterapkan pada teknik dasaran atau lemparan jauh. Akan lebih bagus bila menggunakan udang hidup, karena pergerakannya mampu menarik perhatian ikan.

Kelelet

Kelelet merupakan hewan jenis ulat yang mirip dengan lintah, tapi memanjang seperti cacing. Dia melindungi diri dengan cairan yang akan terpancar bila merasa terancam.

Namun tidak perlu khawatir, karena tidak berbahaya bagi manusia. Cara memasangnya, letakkan kelelet di atas kain yang kering, lalu potong kepalanya agar semua lendir keluar.

Setelah itu, potong kecil-kecil bagian badannya hingga ekor. Setelah itu, kaitkan langsung ke mata pancing, bisa lebih dari satu potong yang penting mata kail tertutup.

Ikan Banyar

Umpan mancing di dermaga laut berikutnya yakni menggunakan ikan Banyar. Ikan ini memiliki ciri khas berupa duri-duri di bagian tengah badannya.

Untuk menggunakan umpan ini, potong terlebih dahulu duri tersebut, kemudian keringkan dia selama lebih kurang 3 hari, hingga menimbulkan bau amis yang kuat.

Setelah itu, potong dagingnya kecil-kecil seukuran mata pancing, namun dengan cara memanjang. Untuk memasangnya ke mata kail, sama dengan cara kelelet atau udang di atas.

Nener

Nener merupakan nama bagi anakan / bibit ikan bandeng. Ikan ini cukup diminati ikan-ikan yang berhabitat di sekitar dermaga atau tepian laut.

Cara pemasangannya, cukup kaitkan langsung ke mata kail. Kalau bisa, usahakan tidak mengenai matanya, karena konon bisa mengurangi daya tarik ikan yang melihatnya.

Teknik menggunakan umpan ini adalah, bawa kail sambil berjalan-jalan di dermaga dengan kedalaman sekitar 1 meter, pergerakan umpan di dalam air akan mencuri perhatian ikan dan segera menyambarnya.

Baca Juga : Umpan Ikan Laut Pinggiran


Nah, demikianlah ulasan singkat kali ini mengenai Rekomendasi Umpan Mancing di dermaga laut dari bahan buatan maupun alami. Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat dan menjadi referensi utama. Terima kasih.

Umpan Ikan Tombro

Wiki Pebrianto
6 min read

Umpan Ikan Kakap

Wiki Pebrianto
4 min read

Umpan Ikan Sepat

Wiki Pebrianto
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *