Racikan Umpan Nila Babon

2 min read

Umpan nila babon

Berbicara mengenai ikan nila, salah satu jenisnya yang banyak diburu ialah Nila babon. Nah, bagi kamu yang tertarik untuk memancingnya, di artikel ini Memancing.info telah sajikan berbagai Racikan Umpan Nila Babon di sungai, malam hari, Rawa, dan lainnya.

Dari segi ukuran, ikan yang juga disebut nila jumbo ini memiliki bobot yang jauh lebih besar dibanding ikan nila pada umumnya. Tentu saja, penggunaan Umpan Mancing Ikan nila babon juga sedikit berbeda. Selain itu, ada beberapa teknik lain harus kamu terapkan pula.

Sebenarnya, jenis umpannya sangat banyak. Kamu bisa menggunakan resep umpan nila babon liar / susah makan yang berasal dari alam, berupa tumbuhan, hewan, ataupun racikan khusus yang dibuat pribadi.

Baiklah kalau begitu, langsung saja simak artikel di bawah ini mengenai beberapa umpan nila paling jitu, yang bisa kamu pakai dalam berburu Nila berukuran besar dan jumbo. Silakan simak sampai selesai dan semoga bermanfaat.

Umpan Nila Babon Menggunakan Cutton Bud

Apa sih Cutton Bud itu? Atau kamu pernah menggunakan suatu alat untuk mengorek kuping? Nah itulah dia. Cutton Bud ialah nama lain dari pengorek kuping. Kita membutuhkan barang ini untuk memancing ikan nila babon.

Namun yang perlu diperhatikan adalah, kita tidak mengaitkan pengorek kuping langsung ke mata pancing, tetapi terlebih dahulu merakit rangkaian umpan pancingnya. Beberapa perlengkapan yang harus disiapkan diantaranya :

  • Kail
  • Senar, usahakan berjenis leader fluro carbon atau senar mono yang kuat
  • Bandul / timah kecil
  • Bandul timah besar
  • Batang Cutton Bud (pengorek kuping) yang dipotong menjadi beberapa bagian kecil

Setelah semua peralatan disediakan, kemudian buatlah rangkaian pancing bercabang untuk berburu nila babon menggunakan Cutton Bud. Perhatikan gambar cara membuatnya di bawah ini :

Umpan nila Menggunakan Cutton Bud

Berdasarkan gambar di atas, kita bisa menarik kesimpulan bahwa, umpan nila babon menggunakan Cutton Bud ini pada dasarnya ialah menggunakan teknik memancing dengan rangkaian umpan bercabang.

Pada bagian hook, dimasukkan potongan-potongan kecil dari batang Cutton Bud tadi. Bahkan, para pemancing professional bisa merakit mata pancing hingga lebih 20 buah. Namun bagi pemula, cukup terapkan seperti gambar di atas saja.

Nah, berikut adalah langkah-langkah dan Cara Mancing Nila Babon di sungai, waduk, rawa dan danau menggunakan racikan umpan dari Cutton Bud di atas :

  • Pertama, persiapkan segala perlengkapan dan rangkaian pancing yang telah dijelaskan di atas
  • Sediakan 3-4 genggam beras, kemudian tumbuk hingga rata menjadi adonan, sebesar potongan Cutton Bud tadi
  • Kemudian, taburkan tumbukan beras ke sekitar spot nila babon yang sudah ditentukan sebelumnya. Pastikan di lokasi tersebut terdapat kawanan nila babon
  • Beras itu merupakan bom / kepyuran yang bertujuan untuk mengumpulkan ikan-ikan nila
  • Setelah beberapa saat, maka segera lemparkan mata pancing kamu ke lokasi taburan beras tadi.

Bila ikan babon telah melihat taburan adonan beras / bom dan umpan Cutton Bud kamu tersebut, kemungkinan besar ia juga akan menyambar mata pancing kamu. Jika menggunakan teknik pelampung, maka akan terlihat jelas seketika.

Baca juga : Cara Menemukan Sarang Ikan Nila

Umpan Nila Babon menggunakan Kangkung

Selain menggunakan umpan Cutton Bud, ada juga beberapa yang datang dari alam untuk digunakan ketika hendak memancing nila babon, salah satunya ialah kangkung basah darat atau air.

Dengan memakai umpan ini, kamu harus merakit mata kail menggunakan rangkaian ombyok, di mana jumlah yang dirakit menyesuaikan dengan lebar daun kangkung. Untuk itu, carilah daun kangkung yang bagus dan tidak cacat.

Baca Juga : Ciri-Ciri Ikan Nila

Nah, hasil akhirnya bisa kamu lihat seperti di bawah ini :

Racikan umpan nila babon

Tips mancing nila babon lainnya ialah, gunakan senar yang besar dan kuat, minimal memakai senar pe no 0,1 – 0,15 sebagai leader, karena sentakan ikan nila babon sanggup memutus senar bila tidak memilih yang kuat dan kokoh.

Sebagai strategi tambahan, kamu bisa mengikatkan beberapa daun beserta dahan kangkung di ujung sebuah galah, lalu letakkan di permukaan air. Ini berguna untuk memancing kedatangan ikan nila babon untuk naik lebih ke permukaan.

Untuk mendapatkan informasi terlengkap seputar racikan umpan untuk memancing ikan nila, silakan simak artikel Umpan Ikan Nila ini.


Simak Juga : Teknik Mancing Ikan Nila

Akhir Kata

Nah, demikianlah ulasan singkat kali ini mengenai teknik, cara dan Umpan Nila Babon liar dan susah makan di sungai, rawa, danau dan waduk yang jitu serta ampuh. Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat dan terima kasih.

Umpan Ikan Jambal

Wiki Pebrianto
2 min read

Umpan Ikan Sembilang

Wiki Pebrianto
2 min read

Umpan Ikan Nilem

Wiki Pebrianto
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *