Umpan Palsu Untuk Mancing Gabus

Umpan palsu untuk mancing gabus

Mengetahui apa saja Umpan Palsu Untuk Mancing Gabus adalah hal yang cukup penting bagi kamu, terutama para Angler yang hobi memancing di spot rawa, sungai atau parit.

Bagaimana tidak, menggunakan Umpan casting gabus Paling Ampuh akan meningkatkan potensi kita untuk mendapatkan hasil tangkapan yang lebih maksimal lagi.

Meskipun dengan menggunakan Umpan Ikan Gabus yang umum sudah berpotensi tinggi juga, namun dengan memakai Lure (umpan buatan), banyak pendapat lebih memilih opsi yang kedua ini.

Umpan Palsu Untuk Mancing Gabus Di Permukaan

Sebut saja seperti Umpan Jump Frog untuk Gabus yang sudah saya ulas tempo hari, lure satu ini sangat direkomendasikan ketika hendak memancing gabus atau Toman. Tiruan kodok ini bahkan harganya cukup mahal.

Bagi kamu yang memiliki budget pas-pasan, tak perlu khawatir, karena ada juga beberapa Jenis Umpan Palsu Untuk Mancing Gabus yang bagus dengan harga murah meriah.

Beberapa jenis tersebut adalah Jump Frog, Mini Popper, Soft Frog hingga Kicker Frog. Berikut, penjelasan singkatnya, silakan simak sampai selesai dan semoga bermanfaat.

Jump Frog

Umpan palsu untuk mancing gabus
Cyberspaceandtime.com

Umpan Palsu Untuk Mancing Gabus adalah Jump Frog atau umpan palsu berbentuk katak. Para Angler air tawar sudah pasti tidak asing lagi dengan jenis lure yang satu ini.

Umpan Casting Gabus yang biasa terbuat dari kayu atau plastik ini sebenarnya memiliki harga yang cukup mahal, namun kita juga bisa membuatnya sendiri di rumah.

Sesuai dengan namanya yakni “Katak loncat”, umpan jump jump ketika dimainkan akan meloncat-loncat di permukaan air saat senar di gulung, dan sangat mampu menarik perhatian ikan gabus.

Namun sayangnya, umpan ini akan sedikit tidak cocok bila spot tempat kamu memancing adalah perairan yang banyak ditumbuhi tumbuhan air, karena akan rentan tersangkut.

Baca : Cara Membuat Jump Frog

Mini Popper

Umpan palsu untuk mancing gabus
Sahabatmancing.com

Bukan hanya untuk gabus, umpan casting satu ini juga bisa dipakai ketika berburu ikan air tawar lainnya. Namun karena menggunakan teknik casting, tentu gabus menjadi sasaran yang empuk.

Implementasinya masih sama dengan jump frog, yakni spot lokasi mancing dianjurkan yang lapang, dengan sedikit tumbuhan air, karena akan rentan ngangkut jika terlalu semak atau banyak tumbuhan air.

Namun, Umpan Palsu Untuk Mancing Gabus yang satu ini bisa dikata sangat jitu, apalagi terdapat trible hooknya sebanyak 2 buah, dengan masing-masing 3 mata kail.

Jika tertarik memakai Lure satu ini, kamu bisa membelinya di toko perlengkapan memancing, atau melalui toko-toko online favorit kamu.

Soft Frog

Umpan casting gabus terbaik
Bukalapak.com

Umpan Buatan ikan Gabus berikutnya bernama Soft Frog. Jenis lure satu ini masih berupa kodok buatan layaknya Jump Frog, hanya saja yang ini lebih bulat dengan tekstur lembut.

Bentuknya yang bulat membuat lure satu ini sangat aman meski memancing di spot yang banyak ditumbuhi tumbuhan air seperti Enceng gondok, kangkung dan teratai, karena dia tidak akan tersangkut.

Sebagai tips, pilihlah tekstur soft frog yang lembut dan kenyal, karena semakin lembut maka semakin bagus. Kamu bisa mengetesnya dengan cara memencet.

Karena jika teksturnya keras, tentu lure akan sedikit sulit menancap di mulut ikan gabus. Selain itu, mata kail juga harus tahan, karena berada di posisi atas, sedangkan mulut bagian atas gabus cukup keras.

Kicker Frog

Umpan tiruan untuk ikan gabus
Amazon.com

Umpan Palsu Untuk Mancing Gabus berikutnya bernama Kicker Frog, yang umumnya terbuat dari bahan dasar karet / lateks murni. Bentuknya masih menyerupai kodok, namun yang ini agak sedikit unik.

Sesuai dengan namanya Kicker Frog yang berarti “Kodok Penendang”, ketika dipakai maka kaki dari umpan buatan ini akan menendang-nendang sehingga menimbulkan percikan air di permukaan.

Hal ini tentu sangat ampuh untuk menarik perhatian ikan. Karena ukurannya akan besar atau melebar, cocok digunakan untuk berburu ikan gabus babon atau Toman yang berukuran besar.

Baca Juga : Cara Mancing Ikan Gabus

Umpan Casting Gabus Di Air Dalam

Meski mancing gabus lebih sering memakai teknik permukaan / casting, ternyata kamu juga bisa memainkan dengan teknik dasaran atau air dalam.

Selain itu, jenis lure yang bisa kamu pakai juga bervariasi. Berikut, beberapa diantaranya :

Spinner

Umpan casting spinner ikan toman
Bukalapak.com

Umpan Palsu Untuk Mancing Gabus air dalam yang pertama adalah Spinner. Dalam penggunaannya, spot yang dituju harus bersih dari rerumputan atau tumbuhan air.

Komposisi utama dalam pembuatan lure yang satu ini diantaranya adalah blade, bulu atau rumbai-rumbai dan hook. Cocok untuk menargetkan ikan gabus / Toman berukuran besar.

Keunikan dari jenis lure ini adalah, pada inline spinner-nya biasa terdapat “lonceng” yang bisa “berbunyi”, bertujuan untuk memancing perhatian ikan predator.

Baca Juga : Umpan Gabus Alami

Minnow Lure

Gambar minnow lure
Bukalapak.com

Umpan Casting Gabus berikutnya ini berbentuk ikan kecil, dengan berbagai variasi yang bisa kamu pilih. Ada yang tenggelam mendatar, ada pula yang tenggelam semakin dalam saat reel digulung.

Selain itu, ada juga tipe yang joget dan bergoyang dalam air. Selain ikan gabus, ikan-ikan air tawar lainnya juga bisa tertarik dengan umpan satu ini.

Spoon Lure

Gambar spoon lure
Shopee.co.id

Umpan Palsu Untuk Mancing Gabus ini, saya masih kurang paham, yang jelas bentuknya menyerupai sendok dan cocok untuk menargetkan ikan-ikan besar di dalam air, termasuk gabus dan Toman.

Soft Lure

Keunggulan soft lure
Bukalapak.com

Umpan Tiruan Ikan Gabus untuk air dalam yang terakhir adalah Soft Lure. Umpan lunak satu ini berbentuk bentuk ulat, cacing, ikan kecil, katak, serangga dan lainnya.

Untuk jenis yang satu ini, biasanya terdapat timah pemberat yang mempermudah Angler, untuk melempar umpan agar bisa lebih jauh dan langsung tenggelam.

Baca Juga : Umpan Ikan Toman

Demikianlah, ulasan singkat kali ini mengenai Umpan Palsu Untuk Mancing Gabus beserta gambar dan cara penggunaannya. Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat dan selamat memancing.