Ini Umpan Patin Kolam Air Hijau! Angler Wajib Coba

Memancing.info – Ikan patin dikenal sebagai ikan yang memiliki daging sangat enak untuk disantap. Nilainya inilah yang membuat ikan patin dibudidayakan dimana-mana, termasuk kolam yang airnya hijau. Dibutuhkan umpan patin kolam air hijau untuk bisa menangkap ikan patin yang hidup di sini. Baca juga: Ciri Ciri Ikan Patin

Mengapa Harus Pakai Umpan Ikan Patin

Pada dasarnya, memang umum seorang pemancing memberikan umpan kepada ikan yang hendak ditangkap. Gunanya umpan adalah untuk menarik ikan incaran mendekat ke arah kail pancing. Dengan begitu, apabila ikan ada yang terjerat kail, pemancing tinggal menarik pancing dan mendapatkan ikan.

Dalam kasus ini, ikan yang diincar adalah ikan patin. Sudah menjadi hal yang umum apabila pemelihara memiliki banyak tempat atau kolam yang dijadikan habitat patin dikembangbiakkan. Salah satunya adalah kolam yang berair sampai jadi hijau.

Tentu saja, memancing pada area kolam hijau itu sedikit sulit. Selain karena ikan yang enggan mendekat, air yang hijau juga membatasi penglihatan si pemancing sehingga tidak tahu apakah ikan mendekat atau tidak. Itulah mengapa umpan pancing diperlukan.

Umpan  Patin Kolam Air Hijau

Umpan Ikan Patin di Kolam Air Hijau
Umpan Ikan Patin di Kolam Air Hijau

Lantas, apa umpan patin kolam air hijau yang paling ampuh untuk membuat patin terperangkap? Kabarnya, ada empat jenis umpan yang bisa digunakan saat mengincar patin. Keempat umpan ini harus diracik dan dicampur satu sama lain. Agar lebih jelas, silakan cermati macam-macam umpan patin berikut:

1. Umpan Umum yang Jitu

Umpan yang pertama adalah umpan yang umum dahulu. Dikatakan umum karena banyak sudah pemancing ikan patin yang menggunakan umpan ini. Bahan bahan umpan adalah:

  • Roti tawar yang sudah dibuang kulit pinggirannya sebanyak 5 lembar.
  • 2 butir telur bebek yang mentah.
  • ½ sendok teh terasi udang yang sudah dipotong.
  • 500 gr pelet ikan apa saja.
  • Air yang masih panas, secukupnya saja.

Cara membuat umpan yang ini adalah masukkan telur bebek dan terasi, kedua bahan diaduk hingga tercampur. Tambahkan pelet ikan dan juga roti tawar, berikan sedikit air panas agar adonan pelet merata. Sebelum digunakan, pastikan adonan pelet ditiriskan terlebih dahulu.

2. Umpan Untuk Mancing Harian

Selanjutnya, ada pelet atau umpan yang kedua. Sama seperti yang pertama tadi, umpan yang kedua ini juga bisa dijadikan sebagai umpan utama sehari hari. Di bawah ini merupakan bahan umpan ikannya:

  • Terasi udang dengan takaran secukupnya.
  • Pelet ikan merek PF 1000 sebanyak takaran 2 genggam.
  • 2 buah roti keju.
  • 1 butir kuning telur ayam yang sudah direbus.
  • Air panas.

Racik semua bahan di satu wadah yang sama. Campurkan bahan bahan satu persatu, kemudian aduk hingga rata. Pada tahap finishing, campurkan air panas agar umpan semakin padat. Jangan lupa untuk tiriskan air.

3. Umpan Pelet + Kroto

Terakhir adalah umpan ikan patin yang dibuat dari campuran pelet ikan dan kroto. Bisa dikatakan bahwa kedua bahan tersebut merupakan bahan utama yang dijadikan umpan ikan. Bahan lengkap pembuat peletnya adalah sebagai berikut:

  • 2 takaran sendok makan pelet ikan.
  • 1 kaleng sarden ikan, merek apa saja.
  • ½ ons kroto biasa.
  • 1 buah kuning telur milik telur bebek.
  • Air yang cukup.

Langsung saja, blender atau haluskan pelet ikan dan kuning telur tersebut. Setelahnya, masukkan ke dalam wadah yang besar. Campurkan bahan pelet ikan dan juga air serta ikan sarden yang dipotong. Selanjutnya, taburkan kroto yang sudah dibeli dan umpan sudah jadi. Baca Juga: 20+ Racikan Umpan Ikan Patin Sungai, Liar, Danau, Kolam, Lomba, JITU

Dari hasil memancing dengan umpan patin kolam air hijau tersebut, pemancing pasti akan mendapatkan banyak ikan meskipun kolamnya sedang kotor. Hasil dari mancing tersebut barulah bisa kembali diserahkan pada pemancing, apakah ikan akan dijual atau ikan akan disantap. Bisa juga ikan dikembalikan karena hanya memenuhi hobi memancing saja.