Ini 4 Umpan Pelet Ikan Mas Tanpa Kroto! No 3 Dijamin Strike Angler Wajib Coba

Memancing.info – Kroto disebut-sebut menjadi umpan paling jitu saat digunakan untuk memancing berbagai jenis ikan, begitu juga dengan ikan mas. Jika diperhatikan lagi sebenarnya terdapat umpan pelet ikan mas tanpa kroto. Meskipun tanpa kroto, beberapa umpan yang akan disebutkan bisa memberikan hasil pancingan yang bagus. Baca Juga: 6 Cara Mancing Ikan Mas Mudah Dijamin Strike! Angler Wajib Tau

Kroto adalah makanan yang sangat disukai oleh ikan mas dan protein yang terkandung di dalamnya sangat tinggi. Meski biasanya menjadi campuran umpan untuk memancing, kroto kadang tidak boleh digunakan ketika mengikuti lomba pemancingan. Tanpa berlama lagi, berikut cara membuat pelet tanpa kroto:

4 Umpan Pelet Ikan Mas Tanpa Kroto

Umpan Nabati

Salah satu cara untuk membuat umpan tanpa kroto adalah memanfaatkan bahan-bahan nabati yang mudah ditemukan dan harganya cukup terjangkau. Umpan menggunakan bahan nabati memberikan hasil pancing yang tak kalah bagus dengan jenis lain. Berikut bahan dan cara membuatnya:

1. Umpan Jagung Tumbuk

Umpan pertama yang bisa dibuat berbahan jagung tumbuk dan beberapa bahan lain yaitu Deho, Essence Katilayu dan Wijsman. Selain itu sediakan juga susu bubuk, tiga butir telur bebek, keju, dan Kinoy. Sediakan juga wadah berupa mangkuk dan sendok untuk mengaduk.

Langkah pertama untuk membuat umpan jagung tumbuk adalah mencampur essence, Deho, susu bubuk, dan keju sesuai dengan takaran yang ditentukan. Setelah tercampur rata, masukkan kuning telur bebek dan aduk lagi hingga merata lalu campurkan jagung tumbuk dan Kinoy.

Setelah semua bahan sudah dimasukkan, aduk hingga adonan tercampur secara merata lalu tuangkan ke dalam kantong plastik. Jika sudah, kukus adonan umpan sekira 20 menit dan setelah masak dinginkan terlebih dulu sebelum digunakan.

2. Umpan Pati Kentang

Tak hanya untuk membuat makanan atau kue, pati kentang juga bisa digunakan untuk membuat umpan pelet ikan mas tanpa kroto. Untuk membuat umpan jenis ini membutuhkan satu bungkus pelet Jitu, santan kelapa, parutan keju, Deho, susu bubuk, serta Aquatic Essence.

Cara membuatnya sangat mudah yaitu dengan memasukkan pelet Jitu ke dalam wadah lalu masukkan juga pati kentang dan santan secukupnya. Tambahkan juga semua bahan lain dengan takaran yang secukupnya dan aduk hingga merata. Setelah itu umpan berbahan pati kentang siap digunakan.

Umpan Hewani

Selain umpan nabati, ada juga umpan hewani dengan bahan yang memiliki kandungan protein cukup tinggi. Dengan adanya kandungan protein tersebut dipastikan ikan mas akan memakan umpan dengan cepat sehingga hasil yang didapat akan memuaskan.

3. Umpan Telur Ayam

Bahan utama umpan yang pertama adalah menggunakan telur ayam sebanyak dua butir dan ikan tuna atau tongkol. Selain itu ada juga umpan Pa Atang dan Pisces serta kue koya, daun pandan, dan susu sereal rasa vanila.

Setelah semua bahan lengkap, masukkan telur ayam dan tuna ke dalam blender agar teksturnya benar-benar halus. Setelah itu masukkan juga kue koya, umpan Pa Atang dan Pisces lalu blender kembali hingga tercampur. Seduh susu sereal dengan air panas, tuang, dan blender lagi.

Tunggu hingga semua bahan tercampur lalu masukkan pandan dan tuang adonan umpan telur ayam ke dalam plastik lalu ikat. Kukus adonan hingga matang dan gunakan umpan saat adonan sudah dingin.

4. Umpan Udang Rawa

Umpan yang terakhir ini sangat mudah digunakan yaitu mencampurnya dengan racikan sederhana atau langsung menggunakannya saat memancing. Meskipun tanpa campuran, udang rawa terbukti menjadi umpan paling ampuh karena ikan mas yang berhabitat di sungai juga pemakan udang. Baca Juga: 6 Cara Mancing Ikan Mas Mudah Dijamin Strike! Angler Wajib Tau

Sebelum memancing langsung saja memasang udang pada kait dan tunggu ikan mas datang menyambar umpan yang sudah dipasang.

Itulah beberapa umpan pelet ikan mas tanpa kroto dan cara membuatnya. Sebelum memancing, pilih umpan yang dirasa paling cocok untuk digunakan dan tunggu pancingan hingga mendapatkan ikan mas.