Umpan Pelet Ikan Mas

2 min read

Umpan Pelet Ikan Mas

Bila kamu hendak memancing ikan mas di sungai, kolam, waduk maupun danau, salah satu hal yang harus diketahui ialah resep atau Umpan Pelet Ikan Mas Terbaik yang akan kita gunakan.

Seperti yang kita tahu, penggunaan dan pengkombinasian umpan yang pas menjadi salah satu faktor penentu kesuksesan seseorang dalam memancing ikan. Nah, diantara campuran umpan ikan mas yang bagus ialah pelet.

Bagi para profesional, tentunya sudah sering dan paham bagaimana Cara membuat umpan pelet untuk memancing ikan Mas. Namun bagi pemula, hal ini pasti akan terkesan tabu. Untuk itulah artikel ini saya buat.

Bagi kalian yang belum tahu atau belum pernah mencoba membuat racikan umpan pelet untuk ikan mas, di bawah ini telah saya rangkum dengan lengkap. Silakan simak artikel ini sampai selesai dan semoga nantinya bermanfaat. Check this out…

Jenis Umpan Pelet

Pertama, baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa saja Jenis-Jenis pelet yang dijadikan sebagai umpan memancing. Hal ini akan membantu kita untuk menentukan pilihan jenis apa yang cocok. Berikut, diantaranya :

Pelet Polos

Pertama dikenal dengan nama pelet polos. Pelet ini banyak dijual dan mudah didapatkan, serta dipatok dengan harga yang relatif murah, yakni sekitar 25 ribu / kilogram.

Pelet ini umumnya dikemas dalam karung, namun kita membelinya dengan sistem ons / kg. Jenis ini sangat cocok dipakai sebagai tambahan racikan untuk berburu ikan air tawar.

Pelet Campuran

Sedangkan jenis yang kedua ini merupakan kombinasi pelet yang diracik untuk memancing ikan tertentu. Ragamnya sangat banyak dan menyesuaikan target ikan, mulai dari aroma, bau amis, tingkat kewangian dan lainnya.

Pelet Campuran ini sangat cocok dipakai ketika kamu hendak berburu ikan air tawar, misalnya seperti nila, patin dan bawal. Perpaduan aroma pelet ini dengan jenis yang lainnya bisa menambah daya tarik untuk memancing ikan.

Harga pelet campuran ini relatif lebih mahal daripada yang polos, untuk itu lebih cocok dipakai sebagai tambahan aroma saja, dan sebagai pelet dasar, pakailah yang jenis pertama di atas.

Berbagai Racikan Umpan Pelet Ikan Mas

Racikan umpan pelet ikan mas

Pelet menjadi salah satu umpan utama ataupun pencampur yang sangat direkomendasikan, terutama ketika kamu membuat umpan racikan sendiri dari rumah. Nah, beberapa umpan yang bisa dikreasikan dengan pelet diantaranya adalah sebagai berikut :

Umpan Pelet Ikan Mas Kolam

Bahan :

  • Tongkol (2-3 iris)
  • Pelet ikan (200-300 gram)
  • Kroto (1/2 ons)
  • Nissin Crackers rasa keju 2-3 buah

Cara meracik :

Pertama, rendam tongkol dengan air panas sekitar 10 menit, lalu tiriskan dan buang bagian yang hitam. Setelah itu, campurkan dengan pelet serta biskuit Nissin yang sudah diremukkan.

Kemudian, campurkan ke-3 bahan tersebut lalu aduk sampai merata. Nah, setelah dikeringkan, maka cocokkan sedikit kroto sebelum umpan digunakan. Jika sudah, umpan pun siap kamu pakai.

Umpan Pelet Ikan Mas Sungai

Bahan :

  • Biskuit rasa kelapa (bisa digantikan dengan biskuit rasa susu atau vanila)
  • Telur asin matang (1 butir)
  • Pelet pancing jitu (1 bungkus)
  • Air panas secukupnya

Cara meracik :

Pertama-tama, haluskan biskuit kelapa sebanyak yang dibutuhkan. Setelah itu, campurkan dengan telur asin, lalu aduk hingga rata. Untuk menambah kekenyalan adonan, tambahkan air panas sedikit demi sedikit.

Setelah adonan selesai dan dikeringkan sejenak, maka campurkan dengan sedikit pelet jitu ikan mas hingga rata di seluruh permukaan adonan. Jika di rasa sudah mantap, maka kamu pun sudah bisa beraksi.

Umpan Pelet Ikan Mas Neter Terus

Bahan :

  • Sarden (1 kaleng)
  • Pelet ikan (2 sachet kecil)
  • Kuning telur bebek yang sudah matang (1 butir)
  • Kroto (50 gr)
  • Essen secukupnya

Cara meracik :

Pertama, campurkan kuning telur dengan ikan sarden, lalu aduk hingga rata. Lalu, campurkan pula pelet dengan kroto pada wadah yang berbeda dengan sarden, tambah sedikit air hangat.

Kemudian, campurkan kedua adonan tersebut lalu tambahkan sekitar 5-10 tetes Essen, dan aduk hingga rata. Tunggu beberapa saat agar mengeras dan tidak gampang terlepas ketika dikaitkan. Setelah itu, segeralah beraksi.

Umpan Pelet Ikan Mas Terbaik

Bahan :

  • Pelet ikan mas secukupnya
  • Ikan Cue atau Pindang
  • Kuning telur
  • Keju
  • Kroto

Cara meracik :

Langkah pertama, ikan Cue / pindang dihaluskan terlebih dahulu. Setelah halus, tambahkan kuning telur, keju dan pelet. Kemudian silakan di aduk, dengan menambahkan sedikit demi sedikit air panas sembari diaduk hingga rata.

Setelah adonan rata dan selesai, masukkan ke dalam sebuah kantong plastik, lalu ikat dengan erat. Kukus adonan tersebut selama kurang lebih 30 menit. Kemudian angkat, campurkan dengan sedikit kroto.

Setelah semuanya tercampur, masukkan lagi ke dalam plastik, ikat dan kukus kembali sekitar 25 menit. Lalu, angkat adonan dan dinginkan. Terakhir, kamu telah bisa menggunakan umpan dan sudah siap untuk beraksi.

Pelet Jitu Ikan Mas Malam Hari

Bahan :

  • Kroto
  • Sarden (1 kaleng)
  • Telur ayam (1 butir)
  • Daun pandan
  • Pelet ikan mas

Cara meracik :

Pertama, kocok dulu telur ayam hingga berbusa, kemudian campurkan dengan pelet, daun pandan dan kroto yang sudah disediakan, aduk hingga menjadi adonan yang rata.

Setelah rata, masukkan adonan ke dalam sebuah kantong plastik, lalu kukus sekitar 10 menit. Jika sudah selesai, angkat adonan dan campurkan satu kaleng sarden tadi, kemudian umpan siap dipakai.

Simak selengkapnya mengenai Umpan Ikan Mas

Nah, demikian ulasan singkat kali ini mengenai beberapa Racikan Umpan Pelet Ikan Mas terbaik, paling ampuh dan jitu. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menjadi referensi bagi pembaca semua.

Umpan Ikan Tombro

Wiki Pebrianto
6 min read

Umpan Ikan Kakap

Wiki Pebrianto
4 min read

Umpan Ikan Sepat

Wiki Pebrianto
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *