Umpan Pengumpul Ikan Mas

Umpan pengumpul ikan mas
Umpan pengumpul ikan mas

Umpan Pengumpul Ikan Mas – Saat ini, memancing menjadi salah satu kegiatan yang digandrungi semua kalangan dan profesi. Bukan hanya sekadar hobi, bahkan tak sedikit perlombaan memancing yang hadiahnya sangat besar.

Dalam memancing, banyak hal yang harus diperhatikan, sebut saja seperti kualitas senar dan joran, jenis Umpan dan spot. Ketika memancing ikan mas, hal yang tak kalah penting adalah umpan / Bom Pengumpul Ikan Mas.

Umpan pengumpul ini berfungsi sebagai pemberi tanda bagi ikan, sehingga bisa mendekati mata kail kita. Dalam implementasinya, diperlukan juga teknik khusus agar cara ini berhasil, dan menambah potensi pendapatan ikan.

Umpan Pengumpul Ikan Mas

Ikan Mas menjadi salah satu jenis ikan air tawar yang sangat banyak diburu, dijadikan bahan kuliner dan peternakan. Ikan yang satu ini harganya mahal, sangat enak dan memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi.

Kembali ke topik. Umpan Pengumpul Ikan Mas ini nantinya akan kita taburkan ke spot, sebelum melanjutkan aksi memancing. Jadinya, ikan mas kemungkinan akan berkumpul sebelum kita mulai beraksi.

Jujur saja, saya dan banyak pemancing berpendapat yang sama, yakni kesulitan dalam memancing ikan mas ini, baik di alam liar maupun Galatama. Namun, bukan berarti tak ada cara agar bisa meraih hasil yang optimal.

Nah, salah satu kunci keberhasilan memancing ikan ini ialah dengan memperhatikan umpan, teknik memancing hingga Umpan Pengumpul Ikan Mas ini. Lalu, apa saja pilihannya? Simak ulasan di bawah ini.

Racikan Khusus

Bahan yang diperlukan :

  • Kroto (1 ons)
  • Tepung ketan / bisa disesuaikan dengan banyaknya kroto (4-5 sendok makan)
  • Essen barracuda (4-8 tetes)
  • Daun Pisang / plastik kiloan

Cara Meracik :

  • Pertama, rendam kroto dengan air panas sejenak, kemudian tiriskan
  • Masukkan kroto ke dalam wadah, lalu campurkan dengan tepung ketan hingga, aduk hingga merata
  • Tambahkan 5-8 tetes Essen barracuda, aduk lagi sampai merata
  • Selanjutnya, masukkan adonan tadi ke dalam daun pisang, balut dan kukus sebentar saja
  • Dinginkan sejenak, lalu Umpan Pengumpul Ikan Mas siap digunakan.

Baca Juga : Habitat Ikan Mas

Menggunakan Halco

Halco atau yang disebut juga dengan nama freshwater/saltwater, menjadi umpan pengumpul yang tentunya sudah tidak asing lagi di telinga. Namun meskipun begitu, masih banyak yang salah dalam penggunaannya.

Bagaimana tidak, banyak pemancing yang menaburkan Halco secara berlebihan, memang ikan akan berkumpul, tetapi hal tersebut bisa menyebabkan ikan mas tidak mau makan.

Untuk produk yang satu ini, kamu bisa mendapatkan dan membelinya di toko perlengkapan memancing, ataupun secara online di berbagai marketplace yang tersebar di internet. Untuk penggunaannya, bisa cek panduannya di YouTube dengan judul Umpan Pengumpul Ikan Mas dengan Halco.

Umpan Ikan Mas

Selain racikan pertama dan menggunakan Halco, kamu masih bisa memakai umpan racikan sendiri, yang digunakan sebagai umpan utama. Caranya, taburkan secara berkala sedikit demi sedikit dengan perlahan.

Selain umpan utama, kamu juga bisa memakai susu bubuk rasa vanila sebagai bom pengumpul. Namun, penggunaan susu bubuk ini lebih efektif dipakai ketika memancing ikan di kolam.

Baca Juga : Morfologi Ikan Mas

Menggunakan Pelet

Nah, Umpan Pengumpul Ikan Mas selanjutnya ialah menggunakan pelet, ini jenis bom yang banyak dipakai. Selain itu, pelet yang dijual di toko-toko pancing biasanya sudah dicampuri juga dengan kroto.

Kroto dikenal sangat baik dalam menarik perhatian ikan mas. Penggunaan pelet sebagai umpan bom cukup efektif ketika dipakai memancing ikan mas di danau atau rawa.

Sedangkan untuk umpan utama, kamu bisa membaca ulasan lengkapnya pada artikel Umpan Ikan Mas ini.

Teknik Menggunakan Umpan Ikan Pengumpul Ikan Mas

Bom pengumpul ikan mas
Dictio.id

Setelah mengetahui apa saja Bom pengumpul ikan mas di atas, tentu kita juga harus memahami bagaimana Cara menggunakannya. Karena jika salah langkah, bisa berakibat fatal terhadap kegiatan memancing kamu.

Beberapa Tips Menggunakan Bom Pengumpul Ikan Mas diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Lempar secara berkala, ambil segenggam kemudian lempar ke spot tempat kita mancing nantinya. Usahakan tempat pelemparan hanya pada satu titik saja
  • Jangan melempar ikan terlalu jauh ataupun terlalu dekat, karena akan menyulitkan kamu nantinya
  • Jangan tunggu terlalu lama setelah bom dilempar, segeralah memulai memancing
  • Untuk pelemparan selanjutnya, bom bisa dijatuhkan ketika kamu telah menarik ikan ke atas, atau di rasa ikan dalam air / lapak sudah mulai menjauh
  • Mereka suka bergerombol, termasuk saat makan, jadi Umpan untuk Pengumpul Ikan Mas ini posisinya cukup penting
  • Jika bom sudah dilempar namun ikan belum kunjung datang menyambar umpan pancing, jangan terlalu cepat berpindah tempat, sabar saja dulu, karena kita tidak tahu kapan ikan akan mulai berkumpul
  • Jangan terlalu banyak melempar dalam jangka waktu yang singkat, bisa-bisa ikan malah tidak selera lagi menyambar umpan utama nantinya.

Baca Juga : Umpan Pelet Ikan Mas

Demikian, ulasan singkat kali ini mengenai jenis dan Racikan Umpan Pengumpul Ikan Mas lomba dan liar. Semoga bisa bermanfaat dan menjadi referensi utama. Selamat memancing.

Join the discussion

Memancing.info